Rijal Seorang Blogger asal Pekanbaru yang sedang menuntut ilmu di Magetan, Jawa Timur.

Sifat Terpuji Nabi Idris

Assalamualaikum teman-teman, di kesempatan kali ini admin langkahilmu akan membagikan sebuah pembahasan mengenai “Sifat Terpuji Nabi Idris”. Nabi Idris As dikenal karena dalam kisahnya, ia pernah mengunjungi surga dan neraka.

Pada saat itu, Nabi Isa As pingsan saat melihat betapa seramnya penjaga pintu neraka. Malaikat tersebut sedang menyeret umat yang semasa hidupnya sering melakukan amalan-amalan buruk.

Nah, untuk mengetahui lebih lanjut tentang sifat yang patut untuk diteladani dari seorang Nabi Idris As, mari sama-sama kita baca lebih lengkap artikel berikut.

Sedikit Mengenai Sosok Nabi Idris AS

Sosok Nabi Idris
ummiabi.id

Nabi Idris AS yakni manusia pertama yang mendapat wahyu melalui perantara malaikat Jibril, saat menghadiri 82 tahun. Tidak ada informasi lebih jelas mengenai lokasi pasti tentang kehidupan Idris (Hurmus al-Haramisah) yang ingin membenahi akhlak anak cucu tersebut.

Beberapa pakar sejarah mengatakan pada daerah Munaf, Mesir, tetapi adapula yang menyebut wilayah Babilonia. Satu hal yang pasti berasal dari Nabi Idris yang berasal dari ilmu belajar kecil oleh Nabi Syits (Putra Adam as), lalu berhasil diperoleh wahyu kenabian.

Sementara itu, menurut riwayat dalam hadis Bukhari, Nabi Idris merupakan kakek dari ayah Nabi Nuh sebagai yang dimaksud ayah adalah generasi ke enam Adam. Hal ini mengingat Nuh sendiri sebagai keturunan dari Adam.

Baca Juga

Sifat-sifat Terpuji Nabi Idris AS

Nabi Idris
merdeka.com

Sifat terpuji Nabi Idris ialah ketika ia tidak pernah berputus asa dalam menjalankan tugasnya sebagai seorang Nabi. Ia tidak pernah gentar bertemu umat yang kafir, tak pernah sombong dan yang pemaaf.

Setiap Nabi dan Rasul pasti memiliki sifat terpujinya masing-masing, begitupula Nabi Idris AS. Bahkan malaikat saja pernah sempat terkagum-kagum akan amalan-amalan salih yang Nabi Idris lakukan kepada Allah. Tidak hanya itu, Nabi Idris AS juga memiliki sifat terpuji yang akan admin rangkum menjadi 3 sifat lainnya yaitu :

1. Sifat Terpuji Nabi Idris : Pintar

Smart
pixabay.com

Dijelaskan dalam Al-Quran, Surah Maryam: ayat 56-57, bahwa Allah SWT meminta Nabi Muhammad SAW untuk menceritakan atau menjelaskan bahwasanya Nabi Idris telah diangkat derajatnya menjadi Nabi pilihan Allah.

Nabi Idris AS, diceritakan dalam kisahnya sebagai Nabi pertama yang memahami tentang baca tulis. Beliau pandai berhitung, astronomi,mengerti ilmu alam, dan lain sebagainya. Semuanya karena kehendak dari Allah SWT yang memberikan kepintaran dan kemahiran pada semua bidang.

Baca Juga 

2. Sifat Terpuji Nabi Idris : Rajin Beribadah

Sujud
tribunjateng.com

Bahkan seorang Nabi yang sudah dipastikan masuk surga saja, ia masih tetap menjalankan perintah wajib dari Allah Tuhan semesta alam. Bagaimana kita (umat modern) yang belum pasti akan memasuki surga.

Oleh karena itu, sifat terpuji dari Nabi Idris AS ini dapat kita jadikan motivasi, apakah kita sudah memiliki bekal ibadah yang cukup untuk diterima disurganya Allah SWT atau belum.

3. Sering Bersedekah

Sedekah
syahida.com

Sifat ini merupakan salah satu dari sekian sifat terpuji Nabi Idris lainnya. Nabi Idris AS memahami betul bahwa sebesar apapun harta yang ia miliki, hanyalah titipan dari Allah SWT dan akan kembali lagi kepada Allah pula.

Ia sengaja mempergunakan sekian hartanya untuk bersedekah kepada umat yang lebih membutuhkan. Beliau tidak ingin harta yang beliau miliki digunakan untuk segala hal yang akan menjurumusnya kepada hal yang tidak baik.

Yang dapat kita ambil pelajaran dari sifat tersebut adalah, kita juga harus mengerti bahwa seberapapun harta yang kita miliki hanyalah alat untuk menilai seberapa bijaksananya kita dalam menggunakan harta tersebut.

Baca Juga

Mungkin hanya sekian pembahasan yang dapat admin sampaikan, semoga dapat bermanfaat bagi kalian sobat rajin membaca. Jika teman-teman sekalian memiliki kritik atau saran, silahkan ketik pada kolom yang ada dibawah.

 

 

 

Salam Sobat Berilmu 🙂

Rijal Seorang Blogger asal Pekanbaru yang sedang menuntut ilmu di Magetan, Jawa Timur.

Kisah Nabi Ishaq AS

Rijal
6 min read

Sifat Mustahil Rasul

Rijal
2 min read

Sifat Jaiz Nabi & Rasul

Rijal
1 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *