Rijal Seorang Blogger asal Pekanbaru yang sedang menuntut ilmu di Magetan, Jawa Timur.

Puisi Tentang Tanah Air

Puisi Tentang Tanah Air

Kali ini admin akan membahas tentang contoh contoh puisi tentang tanah air. Puisi adalah sebuah karya sastra tertulis dimana isi dari puisi tersebut ialah sebuah tuangan dari perasaan seorang penyair. Lalu menggunakan bahasa yang bermakna semantis dan juga mengandung iramarima, dan ritma dalam rangkaian lirik dan baitnya.

Hanya saja, ada juga yang menyebutkan puisi ialah salah satu karya sastra dimana isi dari puisi tersebut mengandung ungkapan kata-kata. Serta mempunyai makna kiasan dan penyampaiannya disajikan dengan rima, irama, larik dan bait, dengan gaya bahasa yang diserasikan.

Apa Itu Puisi?

Apa Itu Puisi?

Beberapa pakar zaman sekarang mendefinisikan puisi sebagai pencerminan imajinasi. Serta curahan hati, dari seorang penyair yang mengajak orang lain untuk masuk ke dalam dunianya.

Walaupun bentuknya singkat dan padat, akan tetapi pada umumnya orang lain tetap kesulitan untuk menjelaskan makna dari puisi yang disampaikan dari setiap baitnya.

Nah, jadi puisi ini cocok buat kalian yang sedang merasa bahagia ataupun sedih. Karena, dalam puisi tersebutlah, kalian dapat mengungkapkan apa isi dari hati dan perasaan.

Pada umumnya puisi sering digunakan oleh seseorang yang sedang sedih gundah gulana nih temen-temen. Sebagai contoh seperti seseorang yang sedang sedih karena telah diputuskan oleh pacarnya.

Definisi Puisi Menurut Para Ahli

Dalam sejarah puisi, telah ditemukan beberapa pakar yang benar-benar memahami arti dan makna sebenarnya dari sebuah puisi, berikut penjelasan dari mereka.

1. Theodore Watts – Dunton

Theodore berkata : Puisi adalah suatu ekspresi yang konkrit dan memiliki sifat aristik yang berasal dari pemikiran manusia menggunakan bahasa emosionalnya yang berirama. (Theodore Watts-Dunton)

2. Sumardi

Sumardi berkata : Puisi adalah sebuh karya sastra yang ditulis dengan bahasa yang dipersingkat, dipadatkan dan diberi irama serta menggunakan kata-kata kiasan atau imajinatif.

3. Usman Awang

Usman Awang berkata : Puisi bukanlah suatu nyanyian orang putus asa yang mencari ketenangan dan kepuasan dalam puisi yang ditulisnya. (Usman Awang)

4. James Reevas

James berkata : Puisi adalah ekspresi bahasa yang kaya dan penuh daya tarik. (James Reevas)

5. Umberto Eco

Umberto berkata : Puisi bukanlah masalah perasaan, melainkan masalah bahasa. Ini adalah bahasa yang menciptakan perasaan. (Umbreto Eco)

Sejarah Puisi

Sejarah Puisi

Puisi ada di antara catatan-catatan awal kebudayaan paling melek huruf. Dengan puitis fragmen-fragmen yang ditemukan pada awal monolit, runestones, dan stelae.

Banyak karya kuno dari Veda India (1700-1200 SM) dan Zoroaster’s Gathas (1.200-900 SM) ke Odyssey (800-675 SM), yang telah dirangkum dalam puisi yang bertujuan untuk membantu menghafal dalam ilmu prasejarah dan masyarakat kuno.

Puisi yang paling tua adalah Epos Gilgames dari generasi milenium ke3 SM di Sumeria (Mesopotimia, sekarang Irak), yang ditulis dalam naskah tulisan kuno berbentuk baji pada teblet tanah liat dan kemudian papirus.

Ada berbagai puisi epic kuno lainnya antara lain Yunani epos illiad, Odyssey, Old Iran buku-buku yang Gathic dan Yasna Avesta, Epic nasional Romawi, Virgil Aeneid, India epos Ramayana serta Mahabarata.

Baca Juga

Jenis-Jenis Puisi

Jenis-Jenis Puisi
kotakpintar.com

Puisi mempunyai berbagai macam jenis. Secara umum, puisi di bedakan menjadi dua, yaitu puisi lama dan puisi baru(modern).

Perbedaan dari puisi lama dan puisi baru didasarkan pada keterkaitan terhadap aturan-aturan seperti rima, sajak, bait dan suku katanya.

Jenis Puisi Baru / Modern

Puisi modern adalah jenis karya sastra yang lebih bebas dibandingkan puisi lama. Karena puisi modern tidak terikat pada aturan-aturan seperti sajak, rima, bait, dan sebagainya. Berikut dibawah ini macam-macam jenis puisi baru.

1. Kuatren

Kuatren merupakan jenis puisi baru yang masing-masing baitnya terdiri dari 4 baris atau disebut juga dengan istilah puisi empat seuntai.

2. Dystonia

Atau distikon meripakan salahsatu jenis puisi baru yang memuat sajak dari dua baris kalimat dimana tiap baitnya beritma a-a.

3. Stanza/Oktaf

Oktaf atau stanza merupakan jenis puisi baru dimana masing-masing baitnya terdiri dari 8 baris atau biasa disebut dengan istilah puisi delapan seuntai.

4. Sekstet

Sekstet merupakan janis puisi baru dimana masing-masing baitnya terdiri dari 6 baris atau biasa disebut dengan istilah puisi enam seuntai.

5. Septima

Septima merupakan jenis puisi baru dimana masing-masing baitnya terdiri dari 7 baris atau biasa disebut dengan istilah puisi tujuh seuntai.

6. Kuint

Merupakan jenis puisi baru yang masing-masing baitnya terdiri dari 5 baris atau disebut juga dengan istilah puisi lima seuntai.

7. Soneta

Soneta merupakan jenis puisi baru yang terdiri dari 14 baris yang dibagi menjadi 2, diamna 2 bait pertama masing-masing 4 baris dan 2 bait masing-masing 3 baris.

8. Terzina

Terzina merupakan jenis puisi baru yang pada masing-masing baitnya terdiri dari 3 baris atau disebut juga dengan istilah puisi tiga seuntai.

9. Romansa

Romansa adalah jenis puisi modern yang bercerita tentang isi dan luapan perasaan cinta kasih seseorang. Pada intinya, puisi romansa atau romance berisi tentang cerita cinta dan romantisme.

10. Elegi

Hampir sama seperti bernyanyi rohani, Elegi merupakan jenis puisi modern yang merupakan lagu atau puisi yang mengandung kesedihan dan ekspresi, terutama dalam hal kesedihan, kehilangan ataupun kematian.

11. Balada

Balada adalah jenis puisi modern yang mengisahkan sebuah cerita atau riwayat tertentu yang sedih dan mengharukan. Terkadang balada dinyanyikan atau ditampilkan dalam bentuk dialog.

12. Epigram

Epigram adalah jenis puisi modern yang isinya bercerita tentang tuntunan atau ajaran hidup. Banyak pelajaran hidup yang bisa dipetik dari isi kandungan epigram ini.

13. Ode

Ode adalah salah satu dari sekian ban ODeyak puisi modern dimana liriknya berisikan tentang sanjungan terhadap orang yang berjasa dengan nada-nada yang agung dan tema yang formal

14. Satire

Satire adalah jenis puisi baru yang berisi sindiran atau keritik pada kelompok atau seseorang. Satire biasanya menggunakan aya bahasa dalam bentu ironi, sarkasme, atau parodi.

15. Bernyanyi Rohani

Bernyanyi Rohani adalah jenis puisi modern yang merupakan lagu atau puisi yang mengandung kesedihan dan ekspresi, terutama dalam hal kesedihan, kehilangan ataupun kematian.

Baca Juga

Jenis Puisi Lama

Puisi lama adalah salah satu jenis karya satra puisi yang masih ada di dalam aturan-aturan seprti rima, jumlah baris, sajak dan lain sebagainya. Berikut macam-macam jenis puisi lama.

1. Pantun

Walaupun pantun merupakan salah datu dari jenis puisi lama, namun ke populerannya masih terjaga sampai saat ini.

Pantun adalah jenis puisi lama yang masih populer sampai saat ini. Ciri-cir pantun adalah bersajak a-b-a-b dan terdiri dari 4 baris. 2 awal adalah sampiran dan dua baris akhir adalah isi pantun.

2. Karmina

Karmina ialah jenis puisi lama yang hampir sama seperti pantun, hanya saja karmina lebih pendek. Karmina terdiri dari 2 baris saja, baris pertama adalah sampiran, lalu baris kedua adalah isi pantun.

3. Mantra

Mantra merupakan salah satu jenis puisi lama dimana ciri khasnya terdiri dari ucapan-ucapan yang dianggap memiliki kekuatan gaib. Mantra dipercaya memiliki kekuatan magis untuk keprluan ritual atau pengobatan.

4. Gurindam

Gurindam merupakan puisi lama dimana setiap baitnya terdiri dari 2 baris dengan sajak a-a-a-a yang sama. Umumnya isi pada gurindam ini adalah sebuah cerita.

5. Syair

Sampai saat ini syair masih banyak dikenal oleh masyarakat-masyarakat pada umumnya. Walaupun syair ini merupakan puisi lama, namun hingga saat ni tidak sedikit diberbagai tempat mengadakan lomba syair terbaik.

Syair adalah salah satu dari jenis-jenis puisi lama yang terdiri dari 4 baris disertai sajak a-a-a-a. Syair termasuk kategori puisi bebas yang masih sering ditulis sampai saat ini, sebagai wujud ekspresi sang penyair.

6. Talibun

Talibun merupakan janis pantun genap yang umumnya  terdiri dari 6 baris, 8 baris atau bahkan 10 baris sekalipun. Asalkan jumlah pada barisnya lebih dari 4 baris seperti pantun pada umumnya.

7. Seloka

Seloka merupakan jenis puisi lama menyerupai pantun yang saling berkaitan. Karya sastra ini berasal dari Melayu. Umumnya ditulis sebanyak 2 baris 4 baris bahkan sampai 6 baris.

Contoh Puisi Tentang Tanah Air

Puisi 1

Simak contoh puisi tentang tanah air berikut:

Aku Cinta Tanah Air Indonesia

Jika tetes darah mengucur demi merdekanya bangsamu
Tak cukup berharga bagimu
Lalu dengan apa kamu mencintai tanah air?

Jika ribuan nyawa melayang demi merah putih
Tak juga berarti untukmu
Lalu dengan apa kau mencintai negarimu?

Di negeri dimana kita lahir,
Tumbuh menyulam impian masa kecil
Ditanah negeri ini kita hidup
Dari air bumi ini kita minum

Dari udara alam ini kita bernapas
Jika semua ini tak cukup bermakna bagimu
Lalu dengan apa lagi kau akan membanggakan bangsamu?

Bukan harta yang mereka impikan
Bukan pangkat berbintang yang mereka harapkan
Bukan gelar pahlawan yang mereka inginkan
Tapi sebuah cinta,
Cinta yang hadir dalam hati kita

Untuk mencintai negeri ini
Untuk mencintai tanah air ini
Untuk mencintai Indonesia yang kini merintih perih

Aku Cinta Indonesia
Indonesia yang diperjuangkan oleh bangsa
Indonesia yang merdeka oleh tetesan darah dan air mata

Hingga ujung nyawa
Tetaplah cinta pada bangsa
Karena Tuhan tak pernah lupa
Pada mereka yang mencintai bangsanya

Puisi 2

Simak contoh puisi tentang tanah air berikut:

Negeri Sejuta Budaya

Aku benar-benar tahu dirimu adalah negeri yang damai
Bukti nyata benar-benar kau tunjukkan sebagai bangsa
dengan kebudayaan yang beragam

Dari satu pulau saja ada berapa
kebudayaan yang kau tanamkan
Aku bangga kepadamu Indonesiaku

Puisi 3

Simak contoh puisi tentang tanah air berikut:

Bumi Pertiwi

Selama darah masih mengalir
Selama jantung tetap berdetak
Dikala surya masih bersinar
Selama itu pula hati tetap berkorbar

Pertiwi menangis, merintih menahan luka
Tergores oleh kenangan penyimpan duka
Di masa abdi tetap terlaksana
Akan kujaga ibu pertiwi

Wahai…putra bangsa..
Sudah tegarkah hatimu berjuang
Kulihat malam semakin benderang,
Seiring jiwa yang tak tergoyahkan

Ibu Pertiwi…
Tanahmu runtuh menanam derita
Airmu meluap melepaskan sengsara,
Kini, tanah air berkata,
Dimana sang abdi negara

Puisi 4

Simak contoh puisi tentang tanah air berikut:

Indonesia Bagian Dari Hidupku

Satu darahku yaitu Indonesia
Satu jiwa yaitu Indonesia
Satu bangsaku yaitu Indonesia
Indonesia, dirimu tidak akan pernah usang dimakan waktu
Kau akan menjadi bagian terindah di setiap perjalananku

Puisi 5

Simak contoh puisi tentang tanah air berikut:

Ini Negeriku

Baru kemarin kita tertawa
Lalu kini kita berduka
Baru kemarin kita merdeka
Lalu kini kita terjajah

Mahasiswa berontak lalu berorasi
Wakil rakyat berteriak senang diatas kursi
Rakyat kecil menjerit kelaparan
Para pejabat kenyang kemewahan

Ini negeriku
Gemah ripah loh jinawi
Ini wakil rakyatku
Demi kursi mati hati

Puisi 6

Simak contoh puisi tentang tanah air berikut:

Indonesia Tempat Kembaliku
Di sini tempat ku dilahirkan
Di sini pula aku akan kembali
Sebuah negeri yang dikata orang sangat damai

Penduduk yang ramah budaya yang beragam
Indonesia-ku tetaplah Jaya
Jadilah negeri yang hebat

Puisi 7

Simak contoh puisi tentang tanah air berikut:

Aku Cinta Indonesia Ku

Kursi kebatilan dihantam keriuhan batinku
Memporak porandakan revolusi yang memuncak
Menghardik bumi pertiwi ini
Bencana membuncah bak air yang tak bertepi

Indonesia..
Berteriaklah..
Hingga riak air menggema
Memperkuat tali Kemerdekaan
Membanggakan tanah hijau yang lapang

Indonesia..
Berkaryalah hingga gedung kesenian
Menjadi warna rupa yang terus terisi
Kecintaan pada kebudayaanku
Membuat semangat raksa terus mengepul

Indonesia
Kibarkan sang saka
Pada tiang keyakinan tertinggi
Bersorak bahwa kemerdekaan terus membahana
Membawa rakyat tuk terus mencintai Negara ini

Aku cinta Indonesia
Sebuah keyakinan yang terus terpatri di dada
Yang melekatkan Pancasila sebagai simbol
Tanah air..
Proklamasi terus terngiang dimemoriku
Membangkitkanku tuk hadapi masa depan
Cukup satu kata tuk raih
Keberhasilan
Aku Cinta Indonesia

Puisi 8

Simak contoh puisi tentang tanah air berikut:

Sudut Bagian Terbaik Bumiku

Gugusan pulau yang saling membentang dari sudut barat hingga sudut timur
Kami terlahir berbeda dari setiap bagianmu
Ragam budaya yang menjadi satu itulah Indonesia-ku
Teruslah jaya dan menjadi bangsa terbaik, terhebat
Selalu berikan ke ramah tamah-mu pada semua

Puisi 9

Simak contoh puisi tentang tanah air berikut:

Jayalah Indonesiaku

Akhir-akhir ini kau diguncangkan dengan berbagai macam peristiwa
Perselisihan, pertikaian semakin merajalela
Masing-masing individu serasa ingin menjadi yang paling utama

Ku tahu dirimu dirimu sebenarnya kesakitan melihat mereka saling berselisih di atas bumi-mu
Entahlah apa yang mereka pikiran

Aku hanya berharap mereka segera sadar dan tau bahwa dirimu layak untuk di jaga
Sudah seharusnya kita hidup damai di atas tanahmu. Indonesia

Puisi 10

Simak contoh puisi tentang tanah air berikut:

Aku Cinta Tanah Air Indonesia

Aku anak Indonesia
Aku lahir di Indonesia
Besarpun aku di Indonesia
Bahkan saat matipun aku ingin dikubur di Indonesia

Merah darahku
Putih tulangku
Bersatu padu dalam jiwa dan ragaku
Membentuk semangat hidupku

Cintaku pada tanah airku
Bukan hanya slogan semata
Atau kata-kata mutiara

Tapi….
Cintaku pada tanah airku akan kubuktikan dengan prestasiku
Meski langkah tertaih tatih dan terseok seok
Aku akan tetap tegar melangkah menggapai cita citaku setinggi langit
Demi cinta pada tanah airku


Penutup

Nah, gimana temen-temen keren bukan beberapa contoh puisi tentang tanah air diatas. Semoga dapat bermanfaat ya bagi kalian yang menbaca. Jika teman-teman memiliki kritik atau saran bahkan komentar, silahkan ketik pada kolom yang tertera dibawah. Terimakasih.

Rijal Seorang Blogger asal Pekanbaru yang sedang menuntut ilmu di Magetan, Jawa Timur.

Peribahasa Tentang Keledai

Rijal
1 min read

Puisi Tentang Hujan

Rijal
8 min read

Ciri Ciri Ayam Birma

Rijal
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *