Rijal Seorang Blogger asal Pekanbaru yang sedang menuntut ilmu di Magetan, Jawa Timur.

Puisi Tentang Sekolah

Puisi Tentang Sekolah

Kali ini admin akan membahas tentang contoh puisi tentang lingkungan. Puisi adalah sebuah karya sastra tertulis dimana isi dari puisi tersebut ialah sebuah tuangan dari perasaan seorang penyair. Lalu menggunakan bahasa yang bermakna semantis dan juga mengandung iramarima, dan ritma dalam rangkaian lirik dan baitnya.

Hanya saja, ada juga yang menyebutkan puisi ialah salah satu karya sastra dimana isi dari puisi tersebut mengandung ungkapan kata-kata. Serta mempunyai makna kiasan dan penyampaiannya disajikan dengan rima, irama, lirik dan bait, dengan gaya bahasa yang diserasikan.

Apa Itu Puisi?

Apa Itu Puisi?

Beberapa pakar zaman sekarang mendefinisikan puisi sebagai pencerminan imajinasi. Serta curahan hati, dari seorang penyair yang mengajak orang lain untuk masuk ke dalam dunianya.

Walaupun bentuknya singkat dan padat, akan tetapi pada umumnya orang lain tetap kesulitan untuk menjelaskan makna dari puisi yang disampaikan dari setiap baitnya.

Nah, jadi puisi ini cocok buat kalian yang sedang merasa bahagia ataupun sedih. Karena, dalam puisi tersebutlah, kalian dapat mengungkapkan apa isi dari hati dan perasaan.

Pada umumnya puisi sering digunakan oleh seseorang yang sedang sedih gundah gulana nih temen-temen. Sebagai contoh seperti seseorang yang sedang sedih karena telah diputuskan oleh pacarnya.

Definisi Puisi Menurut Para Ahli

Dalam sejarah puisi, telah ditemukan beberapa pakar yang benar-benar memahami arti dan makna sebenarnya dari sebuah puisi, berikut penjelasan dari mereka.

1. Theodore Watts – Dunton

Theodore berkata : Puisi adalah suatu ekspresi yang konkrit dan memiliki sifat aristik yang berasal dari pemikiran manusia menggunakan bahasa emosionalnya yang berirama. (Theodore Watts-Dunton)

2. Sumardi

Sumardi berkata : Puisi adalah sebuh karya sastra yang ditulis dengan bahasa yang dipersingkat, dipadatkan dan diberi irama serta menggunakan kata-kata kiasan atau imajinatif.

3. Usman Awang

Usman Awang berkata : Puisi bukanlah suatu nyanyian orang putus asa yang mencari ketenangan dan kepuasan dalam puisi yang ditulisnya. (Usman Awang)

4. James Reevas

James berkata : Puisi adalah ekspresi bahasa yang kaya dan penuh daya tarik. (James Reevas)

5. Umberto Eco

Umberto berkata : Puisi bukanlah masalah perasaan, melainkan masalah bahasa. Ini adalah bahasa yang menciptakan perasaan. (Umbreto Eco)

Sejarah Puisi

Sejarah Puisi

Puisi ada di antara catatan-catatan awal kebudayaan paling melek huruf. Dengan puitis fragmen-fragmen yang ditemukan pada awal monolit, runestones, dan stelae.

Banyak karya kuno dari Veda India (1700-1200 SM) dan Zoroaster’s Gathas (1.200-900 SM) ke Odyssey (800-675 SM), yang telah dirangkum dalam puisi yang bertujuan untuk membantu menghafal dalam ilmu prasejarah dan masyarakat kuno.

Puisi yang paling tua adalah Epos Gilgames dari generasi milenium ke3 SM di Sumeria (Mesopotimia, sekarang Irak), yang ditulis dalam naskah tulisan kuno berbentuk baji pada teblet tanah liat dan kemudian papirus.

Ada berbagai puisi epic kuno lainnya antara lain Yunani epos illiad, Odyssey, Old Iran buku-buku yang Gathic dan Yasna Avesta, Epic nasional Romawi, Virgil Aeneid, India epos Ramayana serta Mahabarata.

Baca Juga

Jenis-Jenis Puisi

Jenis-Jenis Puisi
kotakpintar.com

Puisi mempunyai berbagai macam jenis. Secara umum, puisi di bedakan menjadi dua, yaitu puisi lama dan puisi baru(modern).

Perbedaan dari puisi lama dan puisi baru didasarkan pada keterkaitan terhadap aturan-aturan seperti rima, sajak, bait dan suku katanya.

Jenis Puisi Baru / Modern

Puisi modern adalah jenis karya sastra yang lebih bebas dibandingkan puisi lama. Karena puisi modern tidak terikat pada aturan-aturan seperti sajak, rima, bait, dan sebagainya. Berikut dibawah ini macam-macam jenis puisi baru.

1. Kuatren

Kuatren merupakan jenis puisi baru yang masing-masing baitnya terdiri dari 4 baris atau disebut juga dengan istilah puisi empat seuntai.

2. Dystonia

Atau distikon meripakan salahsatu jenis puisi baru yang memuat sajak dari dua baris kalimat dimana tiap baitnya beritma a-a.

3. Stanza/Oktaf

Oktaf atau stanza merupakan jenis puisi baru dimana masing-masing baitnya terdiri dari 8 baris atau biasa disebut dengan istilah puisi delapan seuntai.

4. Sekstet

Sekstet merupakan janis puisi baru dimana masing-masing baitnya terdiri dari 6 baris atau biasa disebut dengan istilah puisi enam seuntai.

5. Septima

Septima merupakan jenis puisi baru dimana masing-masing baitnya terdiri dari 7 baris atau biasa disebut dengan istilah puisi tujuh seuntai.

6. Kuint

Merupakan jenis puisi baru yang masing-masing baitnya terdiri dari 5 baris atau disebut juga dengan istilah puisi lima seuntai.

7. Soneta

Soneta merupakan jenis puisi baru yang terdiri dari 14 baris yang dibagi menjadi 2, diamna 2 bait pertama masing-masing 4 baris dan 2 bait masing-masing 3 baris.

8. Terzina

Terzina merupakan jenis puisi baru yang pada masing-masing baitnya terdiri dari 3 baris atau disebut juga dengan istilah puisi tiga seuntai.

9. Romansa

Romansa adalah jenis puisi modern yang bercerita tentang isi dan luapan perasaan cinta kasih seseorang. Pada intinya, puisi romansa atau romance berisi tentang cerita cinta dan romantisme.

10. Elegi

Hampir sama seperti bernyanyi rohani, Elegi merupakan jenis puisi modern yang merupakan lagu atau puisi yang mengandung kesedihan dan ekspresi, terutama dalam hal kesedihan, kehilangan ataupun kematian.

11. Balada

Balada adalah jenis puisi modern yang mengisahkan sebuah cerita atau riwayat tertentu yang sedih dan mengharukan. Terkadang balada dinyanyikan atau ditampilkan dalam bentuk dialog.

12. Epigram

Epigram adalah jenis puisi modern yang isinya bercerita tentang tuntunan atau ajaran hidup. Banyak pelajaran hidup yang bisa dipetik dari isi kandungan epigram ini.

13. Ode

Ode adalah salah satu dari sekian ban ODeyak puisi modern dimana liriknya berisikan tentang sanjungan terhadap orang yang berjasa dengan nada-nada yang agung dan tema yang formal

14. Satire

Satire adalah jenis puisi baru yang berisi sindiran atau keritik pada kelompok atau seseorang. Satire biasanya menggunakan aya bahasa dalam bentu ironi, sarkasme, atau parodi.

15. Bernyanyi Rohani

Bernyanyi Rohani adalah jenis puisi modern yang merupakan lagu atau puisi yang mengandung kesedihan dan ekspresi, terutama dalam hal kesedihan, kehilangan ataupun kematian.

Baca Juga

Jenis Puisi Lama

Puisi lama adalah salah satu jenis karya satra puisi yang masih ada di dalam aturan-aturan seprti rima, jumlah baris, sajak dan lain sebagainya. Berikut macam-macam jenis puisi lama.

1. Pantun

Walaupun pantun merupakan salah datu dari jenis puisi lama, namun ke populerannya masih terjaga sampai saat ini.

Pantun adalah jenis puisi lama yang masih populer sampai saat ini. Ciri-cir pantun adalah bersajak a-b-a-b dan terdiri dari 4 baris. 2 awal adalah sampiran dan dua baris akhir adalah isi pantun.

2. Karmina

Karmina ialah jenis puisi lama yang hampir sama seperti pantun, hanya saja karmina lebih pendek. Karmina terdiri dari 2 baris saja, baris pertama adalah sampiran, lalu baris kedua adalah isi pantun.

3. Mantra

Mantra merupakan salah satu jenis puisi lama dimana ciri khasnya terdiri dari ucapan-ucapan yang dianggap memiliki kekuatan gaib. Mantra dipercaya memiliki kekuatan magis untuk keprluan ritual atau pengobatan.

4. Gurindam

Gurindam merupakan puisi lama dimana setiap baitnya terdiri dari 2 baris dengan sajak a-a-a-a yang sama. Umumnya isi pada gurindam ini adalah sebuah cerita.

5. Syair

Sampai saat ini syair masih banyak dikenal oleh masyarakat-masyarakat pada umumnya. Walaupun syair ini merupakan puisi lama, namun hingga saat ni tidak sedikit diberbagai tempat mengadakan lomba syair terbaik.

Syair adalah salah satu dari jenis-jenis puisi lama yang terdiri dari 4 baris disertai sajak a-a-a-a. Syair termasuk kategori puisi bebas yang masih sering ditulis sampai saat ini, sebagai wujud ekspresi sang penyair.

6. Talibun

Talibun merupakan janis pantun genap yang umumnya  terdiri dari 6 baris, 8 baris atau bahkan 10 baris sekalipun. Asalkan jumlah pada barisnya lebih dari 4 baris seperti pantun pada umumnya.

7. Seloka

Seloka merupakan jenis puisi lama menyerupai pantun yang saling berkaitan. Karya sastra ini berasal dari Melayu. Umumnya ditulis sebanyak 2 baris 4 baris bahkan sampai 6 baris.

Contoh Puisi Tentang Sekolah

Contoh Puisi Tentang Sekolah

Puisi 1

Simak contoh puisi tentang sekolah berikut :

Rindu Sekolah

Sekolahku sudah lama kita tidak bersua
Sungguh, aku rindu segala sesuatu yang berada di Sekolah…
Rindu belajar
Rindu kepada guru
Rindu kepada kawan
Rindu pada lolongan bel sekolah

Hampir setahun belajar di rumah
Membuatku sadar, dulu seringkali luput bersyukur
Semoga pandemi ini segera usai, Amin…

Puisi 2

Simak contoh puisi tentang sekolah berikut :

Disini Aku Memulai

Langkah kaki
Memasuki gerbangmu
Setiap hari, tanpa pernah kurasa jemu.

Betapa aku mengerti
Bahwa di sinilah aku memulai
Menapaki masa depan
Yang kuimpikan yang kuharapkan.

Di sekolah ini
Aku ditempa,
Agar kuat pantang menyerah,

Puisi 3

Simak contoh puisi tentang sekolah berikut :

Spidol dan Matematika

Setiap pelajaran matematika menyapa
Perutku selalu mulas
Kepala pening
Mulut terasa mual

Selalu Berharap tidak ditunjuk
“Kamu ke depan!”
Dag Dig Dug…

Dengan langkah ragu,
Meraih spidol,Spidol telah berada di genggaman
(Lalu berbicara seperti bergumam)

“Tidak bisa Pak, hehe…”
Aku pikir beliau akan marah
“Tidak ada kata terlambat”
(Sambil menjelaskan ulang)

Kalimat ajaib itu selalu meluncur
Setiap kali pelajaran matematika

Setiap kali spidol hanya dalam genggaman
Spidol dan pelajaran matematika
Menjadi saksi betapa sabarnya

guru matematikaku…

Terima kasih Pak, semoga Tuhan menghadiahimu surga
AMIN…

Puisi 4

Simak contoh puisi tentang sekolah berikut :

Inspirasiku

Di sini
Di sekolah ini,
Aku menemukan
Api semangat yang membara.

Di sekolah ini,
Aku menemukan
Teman-teman yang rela berjuang.

Sekolahku,
Laksana mata air
Yang mengalirkan inspirasi
Ke dalam hati tanpa henti.

Puisi 5

Simak contoh puisi tentang sekolah berikut :

Bersih Itu Indah

Sekolahku memang sederhana,
Tak mewah seperti yang lainnya.
Tapi ada yang aku suka,
Sekolahku ini terlihat indah.

Semuanya tampak bersih,
Sampah kecilpun dipunguti.
Sedap mata memandang,

Puisi 6

Simak contoh puisi tentang sekolah berikut :

Bersihkan Dulu

Bersihkan dulu pakaianmu,
Rapikan dulu rambutmu,
Jangan kotor jangan kusut
Apalagi semerawut.

Sekolah kita sekolah yang bersih,
Semua orang selalu rapi,
Inilah sekolah idaman,
Yang selalu kita rindukan.

Puisi 7

Simak contoh puisi tentang sekolah berikut :

Rindu Sekolahku

Sekolahku sudah lama kita tidak bersua
Sungguh, aku rindu segala sesuatu yang berada di Sekolah…
Rindu belajar
Rindu kepada guru
Rindu kepada kawan
Rindu pada lolongan bel sekolah

Hampir setahun belajar di rumah
Membuatku sadar, dulu seringkali luput bersyukur
Semoga pandemi ini segera usai, Amin…

Puisi 8

Simak contoh puisi tentang sekolah berikut :

Taman Sekolah

Lihatlah taman indah
Menghiasi halaman sekolah
Membuat siswa semakin betah
Itulah sekolahku jembatan masa depan.

Tempat kupu-kupu dan lebah,
Bermain riang berpindah-pindah
Taman bersih tiada sampah
Itulah sekolahku jadi kebanggaan.

Puisi 9

Simak contoh puisi tentang sekolah berikut :

Indahnya Sekolahku

Indahnya sekolahku,
Kelasnya bersih,
Halamannya rapi,
Ada bunga di sana sini.

Indahnya sekolahku,
Tempat belajar bersama guru,
Tempat bermain dengan teman,
Duduk bersama di tepi taman.

Puisi 10

Simak contoh puisi tentang sekolah berikut :

Aku Cinta Sekolahku

Sekolahku yang kucinta,
Betapa aku merasa bangga,
Sekolah indah bersih dan rapi,
Membuat senang rasa di hati.

Oh sekolahku,
Aku akan selalu rindu
Belajar mencari ilmu
Duduk manis dengarkan guru.

Puisi 11

Simak contoh puisi tentang sekolah berikut :

Berpendidikanlah

Berpendidikanlah ..
Maka hidupmu akan berubah
Berpendidikanlah ..
Maka mata yang mulanya hitam akan terang
Berpendidikanlah ..
Maka resahmu akan menjadi emas

Puisi 12

Simak contoh puisi tentang sekolah berikut :

Pena

Pena…
Kuikat ilmu dengannya…
Kutulis kisah sejarah bersamanya…

Pena…
Kugapai cita cita dengannya
Tak lupa teriring doa dan usaha
Sebagai wujud penghambaanku pada sang Pencipta

Pena…
Bersamanya, kutulis cerita cinta berbau surga
Agar manusia tak terjebak pada dunia yang fana
Tak jelas asalnya, tak jelas pula hasilnya

Pena…
Simbol peradaban dari zaman purba ke zaman aksara
Di mana manusia tak lagi menghambakan diri pada mitos yang tak jelas asalnya


Penutup

Nah, gimana temen-temen keren bukan beberapa contoh puisi tentang sekolah diatas. Semoga dapat bermanfaat ya bagi kalian yang menbaca. Jika teman-teman memiliki kritik atau saran bahkan komentar, silahkan ketik pada kolom yang tertera dibawah.

Rijal Seorang Blogger asal Pekanbaru yang sedang menuntut ilmu di Magetan, Jawa Timur.

Chord Gitar Lagu Galau

Rijal
3 min read

Jenis Jenis Pakan Ayam

Rijal
4 min read

Cara Merawat Ayam Kate

Rijal
1 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *