Rijal Seorang Blogger asal Pekanbaru yang sedang menuntut ilmu di Magetan, Jawa Timur.

Puisi Tentang Lingkungan

Puisi Tentang Lingkungan

Kali ini admin akan membahas tentang contoh puisi tentang lingkungan. Puisi adalah sebuah karya sastra tertulis dimana isi dari puisi tersebut ialah sebuah tuangan dari perasaan seorang penyair. Lalu menggunakan bahasa yang bermakna semantis dan juga mengandung iramarima, dan ritma dalam rangkaian lirik dan baitnya.

Hanya saja, ada juga yang menyebutkan puisi ialah salah satu karya sastra dimana isi dari puisi tersebut mengandung ungkapan kata-kata. Serta mempunyai makna kiasan dan penyampaiannya disajikan dengan rima, irama, lirik dan bait, dengan gaya bahasa yang diserasikan.

Apa Itu Puisi?

Apa Itu Puisi?

Beberapa pakar zaman sekarang mendefinisikan puisi sebagai pencerminan imajinasi. Serta curahan hati, dari seorang penyair yang mengajak orang lain untuk masuk ke dalam dunianya.

Walaupun bentuknya singkat dan padat, akan tetapi pada umumnya orang lain tetap kesulitan untuk menjelaskan makna dari puisi yang disampaikan dari setiap baitnya.

Nah, jadi puisi ini cocok buat kalian yang sedang merasa bahagia ataupun sedih. Karena, dalam puisi tersebutlah, kalian dapat mengungkapkan apa isi dari hati dan perasaan.

Pada umumnya puisi sering digunakan oleh seseorang yang sedang sedih gundah gulana nih temen-temen. Sebagai contoh seperti seseorang yang sedang sedih karena telah diputuskan oleh pacarnya.

Definisi Puisi Menurut Para Ahli

Dalam sejarah puisi, telah ditemukan beberapa pakar yang benar-benar memahami arti dan makna sebenarnya dari sebuah puisi, berikut penjelasan dari mereka.

1. Theodore Watts – Dunton

Theodore berkata : Puisi adalah suatu ekspresi yang konkrit dan memiliki sifat aristik yang berasal dari pemikiran manusia menggunakan bahasa emosionalnya yang berirama. (Theodore Watts-Dunton)

2. Sumardi

Sumardi berkata : Puisi adalah sebuh karya sastra yang ditulis dengan bahasa yang dipersingkat, dipadatkan dan diberi irama serta menggunakan kata-kata kiasan atau imajinatif.

3. Usman Awang

Usman Awang berkata : Puisi bukanlah suatu nyanyian orang putus asa yang mencari ketenangan dan kepuasan dalam puisi yang ditulisnya. (Usman Awang)

4. James Reevas

James berkata : Puisi adalah ekspresi bahasa yang kaya dan penuh daya tarik. (James Reevas)

5. Umberto Eco

Umberto berkata : Puisi bukanlah masalah perasaan, melainkan masalah bahasa. Ini adalah bahasa yang menciptakan perasaan. (Umbreto Eco)

Sejarah Puisi

Sejarah Puisi

Puisi ada di antara catatan-catatan awal kebudayaan paling melek huruf. Dengan puitis fragmen-fragmen yang ditemukan pada awal monolit, runestones, dan stelae.

Banyak karya kuno dari Veda India (1700-1200 SM) dan Zoroaster’s Gathas (1.200-900 SM) ke Odyssey (800-675 SM), yang telah dirangkum dalam puisi yang bertujuan untuk membantu menghafal dalam ilmu prasejarah dan masyarakat kuno.

Puisi yang paling tua adalah Epos Gilgames dari generasi milenium ke3 SM di Sumeria (Mesopotimia, sekarang Irak), yang ditulis dalam naskah tulisan kuno berbentuk baji pada teblet tanah liat dan kemudian papirus.

Ada berbagai puisi epic kuno lainnya antara lain Yunani epos illiad, Odyssey, Old Iran buku-buku yang Gathic dan Yasna Avesta, Epic nasional Romawi, Virgil Aeneid, India epos Ramayana serta Mahabarata.

Baca Juga

Jenis-Jenis Puisi

Jenis-Jenis Puisi
kotakpintar.com

Puisi mempunyai berbagai macam jenis. Secara umum, puisi di bedakan menjadi dua, yaitu puisi lama dan puisi baru(modern).

Perbedaan dari puisi lama dan puisi baru didasarkan pada keterkaitan terhadap aturan-aturan seperti rima, sajak, bait dan suku katanya.

Jenis Puisi Baru / Modern

Puisi modern adalah jenis karya sastra yang lebih bebas dibandingkan puisi lama. Karena puisi modern tidak terikat pada aturan-aturan seperti sajak, rima, bait, dan sebagainya. Berikut dibawah ini macam-macam jenis puisi baru.

1. Kuatren

Kuatren merupakan jenis puisi baru yang masing-masing baitnya terdiri dari 4 baris atau disebut juga dengan istilah puisi empat seuntai.

2. Dystonia

Atau distikon meripakan salahsatu jenis puisi baru yang memuat sajak dari dua baris kalimat dimana tiap baitnya beritma a-a.

3. Stanza/Oktaf

Oktaf atau stanza merupakan jenis puisi baru dimana masing-masing baitnya terdiri dari 8 baris atau biasa disebut dengan istilah puisi delapan seuntai.

4. Sekstet

Sekstet merupakan janis puisi baru dimana masing-masing baitnya terdiri dari 6 baris atau biasa disebut dengan istilah puisi enam seuntai.

5. Septima

Septima merupakan jenis puisi baru dimana masing-masing baitnya terdiri dari 7 baris atau biasa disebut dengan istilah puisi tujuh seuntai.

6. Kuint

Merupakan jenis puisi baru yang masing-masing baitnya terdiri dari 5 baris atau disebut juga dengan istilah puisi lima seuntai.

7. Soneta

Soneta merupakan jenis puisi baru yang terdiri dari 14 baris yang dibagi menjadi 2, diamna 2 bait pertama masing-masing 4 baris dan 2 bait masing-masing 3 baris.

8. Terzina

Terzina merupakan jenis puisi baru yang pada masing-masing baitnya terdiri dari 3 baris atau disebut juga dengan istilah puisi tiga seuntai.

9. Romansa

Romansa adalah jenis puisi modern yang bercerita tentang isi dan luapan perasaan cinta kasih seseorang. Pada intinya, puisi romansa atau romance berisi tentang cerita cinta dan romantisme.

10. Elegi

Hampir sama seperti bernyanyi rohani, Elegi merupakan jenis puisi modern yang merupakan lagu atau puisi yang mengandung kesedihan dan ekspresi, terutama dalam hal kesedihan, kehilangan ataupun kematian.

11. Balada

Balada adalah jenis puisi modern yang mengisahkan sebuah cerita atau riwayat tertentu yang sedih dan mengharukan. Terkadang balada dinyanyikan atau ditampilkan dalam bentuk dialog.

12. Epigram

Epigram adalah jenis puisi modern yang isinya bercerita tentang tuntunan atau ajaran hidup. Banyak pelajaran hidup yang bisa dipetik dari isi kandungan epigram ini.

13. Ode

Ode adalah salah satu dari sekian ban ODeyak puisi modern dimana liriknya berisikan tentang sanjungan terhadap orang yang berjasa dengan nada-nada yang agung dan tema yang formal

14. Satire

Satire adalah jenis puisi baru yang berisi sindiran atau keritik pada kelompok atau seseorang. Satire biasanya menggunakan aya bahasa dalam bentu ironi, sarkasme, atau parodi.

15. Bernyanyi Rohani

Bernyanyi Rohani adalah jenis puisi modern yang merupakan lagu atau puisi yang mengandung kesedihan dan ekspresi, terutama dalam hal kesedihan, kehilangan ataupun kematian.

Baca Juga

Jenis Puisi Lama

Puisi lama adalah salah satu jenis karya satra puisi yang masih ada di dalam aturan-aturan seprti rima, jumlah baris, sajak dan lain sebagainya. Berikut macam-macam jenis puisi lama.

1. Pantun

Walaupun pantun merupakan salah datu dari jenis puisi lama, namun ke populerannya masih terjaga sampai saat ini.

Pantun adalah jenis puisi lama yang masih populer sampai saat ini. Ciri-cir pantun adalah bersajak a-b-a-b dan terdiri dari 4 baris. 2 awal adalah sampiran dan dua baris akhir adalah isi pantun.

2. Karmina

Karmina ialah jenis puisi lama yang hampir sama seperti pantun, hanya saja karmina lebih pendek. Karmina terdiri dari 2 baris saja, baris pertama adalah sampiran, lalu baris kedua adalah isi pantun.

3. Mantra

Mantra merupakan salah satu jenis puisi lama dimana ciri khasnya terdiri dari ucapan-ucapan yang dianggap memiliki kekuatan gaib. Mantra dipercaya memiliki kekuatan magis untuk keprluan ritual atau pengobatan.

4. Gurindam

Gurindam merupakan puisi lama dimana setiap baitnya terdiri dari 2 baris dengan sajak a-a-a-a yang sama. Umumnya isi pada gurindam ini adalah sebuah cerita.

5. Syair

Sampai saat ini syair masih banyak dikenal oleh masyarakat-masyarakat pada umumnya. Walaupun syair ini merupakan puisi lama, namun hingga saat ni tidak sedikit diberbagai tempat mengadakan lomba syair terbaik.

Syair adalah salah satu dari jenis-jenis puisi lama yang terdiri dari 4 baris disertai sajak a-a-a-a. Syair termasuk kategori puisi bebas yang masih sering ditulis sampai saat ini, sebagai wujud ekspresi sang penyair.

6. Talibun

Talibun merupakan janis pantun genap yang umumnya  terdiri dari 6 baris, 8 baris atau bahkan 10 baris sekalipun. Asalkan jumlah pada barisnya lebih dari 4 baris seperti pantun pada umumnya.

7. Seloka

Seloka merupakan jenis puisi lama menyerupai pantun yang saling berkaitan. Karya sastra ini berasal dari Melayu. Umumnya ditulis sebanyak 2 baris 4 baris bahkan sampai 6 baris.

Contoh Puisi Tentang Lingkungan

Puisi Tentang Lingkungan

Puisi 1

Simak contoh puisi tentang lingkungan berikut :

Hamparan Mutiara

Sepi hening dikeramaian
menatap hari tanpa dedaunan
tak satupun serpan daun menerawang
menutupi diri dalam ketenangan

Berdiri sepi menatap rembulan
ditemani sang kekasih malam
hamparan mutiara bersinar terang
tanpa bunyi rembulan malam

Diri runtuh benuh keikhlasan
menuntun diir mengharap penerangan
wujut nyata tanpa bayangan

Mensyukuri indahnya angin
menitih air dari rembulan
melapas angan angan menunggu ke ikhlasan
agar datang ketenangan

Puisi 2

Simak contoh puisi tentang lingkungan berikut :

Persamaan

Alam adalah kuil dimana pilar-pilarnya berjiwa
Kadang-kadang menggaungkan gebalau kata-kata;
Insane lalu di sana lintas rimba lambing dan tanda,
Yang menyuguhinya pandangan bagai seorang saudara.

Bagai gema-gema panjang yang berhimpun di kejauhan
Dalam suatu pumpunan yang dalam dan gelita,
Luas seperti malam dan laksana siang megahnya,
Aneka wangi, warna dan bunyi lalu berjaawab-jawaban.

Ada bauan ssegar, bagai daging kanak-kanak menghawa.
Manis bagai seruling, hijau seperti padang-padang
-dan juga si kaya busuk dan serba megah,

Yang bagai hal-hal abadi, menyan dan cendana.
Bagai ambar dan kesturi di dalam kembang,
Yang menyanyikan gairah dari nafsu dan jiwa.

Puisi 3

Simak contoh puisi tentang lingkungan berikut :

Hijaunya Sekolahku

Di sini aku menemukan hidup baru
Dalam deraian syukur dalam kalbu
Menatap masa depan di dalam rumah keduaku

Sekolah tempatku mencari ilmu
Di sini, kehijauan yang menghampiri ruang dan waktu

Angin semilir diterpa kesejukan
Membelai tubuhku lembut
Kedamaian merasuk dalam hati

Di Sini, di Sekolahku
Aku duduk di bawah pohon

Diatas rumput hijau yang mengindahkan pandang mata
Dengan lembutnya semilir angin

Dengan sejuknya udara,
Sekolah adalah taman terindah pencari ilmu

Puisi 4

Simak contoh puisi tentang lingkungan berikut :

Kemarau Terdiam

Kemarau diam di jiwaku. Serangkai
bayang-bayang randu tumbang, berisi adzan
dengan pilu. Pahamilah bagaimana mataku rabun,
jumpalitan, begitu cemburu.

Aku susuri ketiakmu,
tapi rupanya jalanan makin malam,
meski aku telah tinggalkan dirimu.

Sepanjang keriuhan kelu,
mayatku terpencil. Ingus para pejalan bergayutan
di jenggotku

Seluruh kesumat dan derita memacu
pengetahuanku.

Arwahku memanggil namamu,
sementara panorama lebur, selangkah demi selangkah
memudar, menjelajahi batu.

Di dasar pijaran kabut,
aku adalah jenazah bagi setiap hasrat dan kesintalanmu.

Kegembiraanku mengintip tato kupu-kupu di pusaramu.
Malam makin dingin, mendzikirkan diamku.

Puisi 5

Simak contoh puisi tentang lingkungan berikut :

Alamku Berbicara

Pertiwi kini berduka,
Pertiwi kini berteriak,
Memangil, mencari,
Dimana manusia berada

Pertiwi berkata
Masih adakah manusia yang akan melayaniku
Kutumpahkan lahar di Jogja,

Kuberi air bah untuk Mentawai,
Kudatangkan banjir untuk Wasior,

Dan kubuat Jakarta tenggelam,
Hutanku, kekayaanku,
Telah kau rampas dengan paksa,
Kau curi seluruh isi perutku…

Aku hanya ingin kau lindungi agar ku dapat bertahan,
Dan dapat memberikan nafas kehidupan untuk mu manusia
Lindungi aku, dan jangan rampas hak milikku

Aku menangis karena kau sakiti,
Dan kau menangis setelah aku tumpahkan isi perutku

Puisi 6

Simak contoh puisi tentang lingkungan berikut :

Renungan Alam

Berjuta-juta warna di negeri Indonesia
Semua tersedia dari gurun hingga pegunungan
Bermandikan air danau dan lautan samudra
Diterpa rimbunnya dedaunan hutan belantara

Perlahan namun pasti
Kini semua berganti
Hutan alam rontok diterpa kebakaran
Sungai keruh kotor diisi oleh limbah kehidupan

Tak ada yang mengasihi ataupun mengerti
Mencampakkan dan tak mau peduli
Kita lebih suka hedonis tanpa mau mengerti
Bahwa alam memberikan itu semua gratis tanpa upeti

Ada saat dimana alam murka
Mengamuk menghancurkan seisi nusantara
Menghukum si makhluk yang paling sempurna
Atas kesombongan dan keserakahan hidup di dunia

Perbaiki diri dan bulatkan tekad
Bahwa kita harus menjaganya dan merawatnya
Bukan sekedar mengambil hasilnya saja
Tapi lupa untuk melestarikannya

Jangan sampai semua terlambat
Jangan sampai semua menjadi kering
Ataupun gersang menjadi tanah lapang
Buanglah ego keserakahan
Demi alam Indonesia tercinta

Puisi 7

Simak contoh puisi tentang lingkungan berikut :

Asrinya Sekolahku

Pagi datang lagi,
Segenap hasrat terkumpul kembali,
Setelah bercengkrama dengan mimpi,
Mulai balik menjajal hari.

Harumnya bunga yang mekar,
Melati, Kasturi dan mawar,
Menyajikan keindahan tanpa tawar,
Membangkitkan semangat untuk belajar.

Ini adalah sekolahku,
Betapa Asri dan bersihnya kamu,
Ketenangan menyentuh kalbu,
Kobarkan api semangat menuntut ilmu.

Guru, teman, halaman depan dan belakang kelas,
Ada kenyamanan yang ciptakan bekas,
Jangan sertakan rasa malas,
Mari bersama belajar keras.

Puisi 8

Simak contoh puisi tentang lingkungan berikut :

Lingkunganku Sangat Bersih

Kiri kanan pepohonan menjulang
menyebarkan udara yang segar
tak ada sampah kutemukan
di sekitar panjang jalan

Itulah lingkunganku
itulah tempat tinggalku
lingkungan yang subur
lingkungan yang makmur

Lingkunganku
bersih tanpa sampah
membuat keadaan nyaman
membuat manusia senang

Aku ingin ini terus berlangsung
tanpa sampah tanpa kotor
aku ingin terus seperti ini
hingga aku tua nanti

Puisi 9

Simak contoh puisi tentang lingkungan berikut :

Lingkungan Tempat Tinggalku

Lingkungan tempat tinggalku
Aku selalu menjejakkan kaki ku untuk datang kepadamu
Ku sering bersih kan dirimu karna ku mencintai sepenuh hati ku
Sapu menjadi sanksi bahwa kau semangat ku

Pagi menjelang, burung burung berkicau merdunya
Ku lihat dirimu hingga buat ku terpesona
Seakan bahagia nya diriku di sana
melihat kau sangat bersih nya

Ke sejukkan mu buat fikiran ku jernih selalu
Kamparan rumput bergoyang akan indahnya dirimu
Namun ada saat nya tak selalu ku bersamamu
Karna banyak yang menunggu ku

Puisi 10

Simak contoh puisi tentang lingkungan berikut :

Pemanja Mata 

Ada masa dimana,
Matamu begitu terbelalak,
Yaitu ketika dia,
Menatap keindahan lingkungan.

Ada saatnya dimana,
Matamu termanjakan,
Dengan suguhan penglihatan,
Yang enggan melepas pandangan.

Bukan kemewahan, berlian,
Emas dan intan,
Semua tak dapat dinikmati setiap insan,
Namun disini, lingkungan ini,
Matamu enggan mengelak.

Betapa indahnya, alam-Mu,
Betapa tersadarnya, hamba-hamba-Mu,
Akan kesadaran pelestarian lingkungan,
Mengalir deras asa, menggapai masa depan.

Oh Tuhan,
Jagalah, kami akan jaga,
Lindungilah, kami melindunginya,
Jangan timpakan bencana,
Jangan titipkan azab-Mu disana.

Betapa Indahnya
Setiap pagi, selepas tersentak,
Kubuka jendela kamarku,
Terlihatlah halaman tidak luas,
Namun dipadati bunga-bunga yang indah.

Puisi 11

Simak contoh puisi tentang lingkungan berikut :

Betapa Indahnya

Selera tergugah olehnya,
Semangat dan hasrat mulai menyala,
Tuk hadapi kerasnya dunia.

Demikianlah yang terlintas,
Tak ada lagi yang pantas untuk kukeluhkan,
Tak ada yang patut aku ragukan,
Keindahan alam ini memberikan segalanya.

Betapa indahnya, dan sadarilah itu,
Kupu-kupu, bunga yang mekar,
Harum semerbak nan merona,
Ditepis angin namun tetap tegar.

Semoga tak ada,
Tangan-tangan penuh nista,
Merampas, memetik, menciptakan derita,
Hingga aku kembali,
Terbangun lagi di pagi buta.

Puisi 12

Simak contoh puisi tentang lingkungan berikut :

Alamku Yang Malang

Udara kematian berkumpul pekat,
Asap hitam pekat bergerak bebas tak terikat,
Sesakkan dada matikan jiwa.

Lautan berubah coklat kehitaman,
Tercemar limbah kemanusiaan,
Kematian pun datang dengan tergesa-gesa.

Tanah ini murni sejak jaman dahulu kala,
Dipenuhi dengan kehidupan dalam balutan mahkota,
Sekarang menjadi gersang dan berkehidupan.

Para merpati lari selamatkan diri,
Tergerus oleh keserakahan,
Terusir oleh keegoisan,
Terbang bebas tak tentu arah.

Bumi pertiwi memberikan segalanya,
Manusia campakkan itu semua,
Lingkungan perlahan mulai pudar,
Terganti oleh nafsu egois tanpa sadar.


Penutup

Nah, gimana temen-temen keren bukan beberapa contoh puisi tentang lingkungan diatas. Semoga dapat bermanfaat ya bagi kalian yang menbaca. Jika teman-teman memiliki kritik atau saran bahkan komentar, silahkan ketik pada kolom yang tertera dibawah.

Rijal Seorang Blogger asal Pekanbaru yang sedang menuntut ilmu di Magetan, Jawa Timur.

Alphabet Dalam Penerbangan

Rijal
1 min read

Frekuensi Antv

Rijal
4 min read

Puisi Tentang Pahlawan

Rijal
6 min read

4 Replies to “Puisi Tentang Lingkungan”

  1. wah aku suka puisi 1-puisi 12 bagus semua terima kasih sudah mengasih puisi tersebut karena saya memerlukan itu untuk mencari puisi dari internet tentang lingkungan jadi ku cari dan aku melihat bahwa ada puisi segitunya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *