Rijal Seorang Blogger asal Pekanbaru yang sedang menuntut ilmu di Magetan, Jawa Timur.

Puisi Tentang Kesehatan

Puisi Tentang Kesehatan

Kali ini admin akan membahas tentang contoh contoh puisi tentang kesehatan. Puisi adalah sebuah karya sastra tertulis dimana isi dari puisi tersebut ialah sebuah tuangan dari perasaan seorang penyair. Lalu menggunakan bahasa yang bermakna semantis dan juga mengandung iramarima, dan ritma dalam rangkaian lirik dan baitnya.

Hanya saja, ada juga yang menyebutkan puisi ialah salah satu karya sastra dimana isi dari puisi tersebut mengandung ungkapan kata-kata. Serta mempunyai makna kiasan dan penyampaiannya disajikan dengan rima, irama, larik dan bait, dengan gaya bahasa yang diserasikan.

Apa Itu Puisi?

Apa Itu Puisi?

Beberapa pakar zaman sekarang mendefinisikan puisi sebagai pencerminan imajinasi. Serta curahan hati, dari seorang penyair yang mengajak orang lain untuk masuk ke dalam dunianya.

Walaupun bentuknya singkat dan padat, akan tetapi pada umumnya orang lain tetap kesulitan untuk menjelaskan makna dari puisi yang disampaikan dari setiap baitnya.

Nah, jadi puisi ini cocok buat kalian yang sedang merasa bahagia ataupun sedih. Karena, dalam puisi tersebutlah, kalian dapat mengungkapkan apa isi dari hati dan perasaan.

Pada umumnya puisi sering digunakan oleh seseorang yang sedang sedih gundah gulana nih temen-temen. Sebagai contoh seperti seseorang yang sedang sedih karena telah diputuskan oleh pacarnya.

Definisi Puisi Menurut Para Ahli

Dalam sejarah puisi, telah ditemukan beberapa pakar yang benar-benar memahami arti dan makna sebenarnya dari sebuah puisi, berikut penjelasan dari mereka.

1. Theodore Watts – Dunton

Theodore berkata : Puisi adalah suatu ekspresi yang konkrit dan memiliki sifat aristik yang berasal dari pemikiran manusia menggunakan bahasa emosionalnya yang berirama. (Theodore Watts-Dunton)

2. Sumardi

Sumardi berkata : Puisi adalah sebuh karya sastra yang ditulis dengan bahasa yang dipersingkat, dipadatkan dan diberi irama serta menggunakan kata-kata kiasan atau imajinatif.

3. Usman Awang

Usman Awang berkata : Puisi bukanlah suatu nyanyian orang putus asa yang mencari ketenangan dan kepuasan dalam puisi yang ditulisnya. (Usman Awang)

4. James Reevas

James berkata : Puisi adalah ekspresi bahasa yang kaya dan penuh daya tarik. (James Reevas)

5. Umberto Eco

Umberto berkata : Puisi bukanlah masalah perasaan, melainkan masalah bahasa. Ini adalah bahasa yang menciptakan perasaan. (Umbreto Eco)

Sejarah Puisi

Sejarah Puisi

Puisi ada di antara catatan-catatan awal kebudayaan paling melek huruf. Dengan puitis fragmen-fragmen yang ditemukan pada awal monolit, runestones, dan stelae.

Banyak karya kuno dari Veda India (1700-1200 SM) dan Zoroaster’s Gathas (1.200-900 SM) ke Odyssey (800-675 SM), yang telah dirangkum dalam puisi yang bertujuan untuk membantu menghafal dalam ilmu prasejarah dan masyarakat kuno.

Puisi yang paling tua adalah Epos Gilgames dari generasi milenium ke3 SM di Sumeria (Mesopotimia, sekarang Irak), yang ditulis dalam naskah tulisan kuno berbentuk baji pada teblet tanah liat dan kemudian papirus.

Ada berbagai puisi epic kuno lainnya antara lain Yunani epos illiad, Odyssey, Old Iran buku-buku yang Gathic dan Yasna Avesta, Epic nasional Romawi, Virgil Aeneid, India epos Ramayana serta Mahabarata.

Baca Juga

Jenis-Jenis Puisi

Jenis-Jenis Puisi
kotakpintar.com

Puisi mempunyai berbagai macam jenis. Secara umum, puisi di bedakan menjadi dua, yaitu puisi lama dan puisi baru(modern).

Perbedaan dari puisi lama dan puisi baru didasarkan pada keterkaitan terhadap aturan-aturan seperti rima, sajak, bait dan suku katanya.

Jenis Puisi Baru / Modern

Puisi modern adalah jenis karya sastra yang lebih bebas dibandingkan puisi lama. Karena puisi modern tidak terikat pada aturan-aturan seperti sajak, rima, bait, dan sebagainya. Berikut dibawah ini macam-macam jenis puisi baru.

1. Kuatren

Kuatren merupakan jenis puisi baru yang masing-masing baitnya terdiri dari 4 baris atau disebut juga dengan istilah puisi empat seuntai.

2. Dystonia

Atau distikon meripakan salahsatu jenis puisi baru yang memuat sajak dari dua baris kalimat dimana tiap baitnya beritma a-a.

3. Stanza/Oktaf

Oktaf atau stanza merupakan jenis puisi baru dimana masing-masing baitnya terdiri dari 8 baris atau biasa disebut dengan istilah puisi delapan seuntai.

4. Sekstet

Sekstet merupakan janis puisi baru dimana masing-masing baitnya terdiri dari 6 baris atau biasa disebut dengan istilah puisi enam seuntai.

5. Septima

Septima merupakan jenis puisi baru dimana masing-masing baitnya terdiri dari 7 baris atau biasa disebut dengan istilah puisi tujuh seuntai.

6. Kuint

Merupakan jenis puisi baru yang masing-masing baitnya terdiri dari 5 baris atau disebut juga dengan istilah puisi lima seuntai.

7. Soneta

Soneta merupakan jenis puisi baru yang terdiri dari 14 baris yang dibagi menjadi 2, diamna 2 bait pertama masing-masing 4 baris dan 2 bait masing-masing 3 baris.

8. Terzina

Terzina merupakan jenis puisi baru yang pada masing-masing baitnya terdiri dari 3 baris atau disebut juga dengan istilah puisi tiga seuntai.

9. Romansa

Romansa adalah jenis puisi modern yang bercerita tentang isi dan luapan perasaan cinta kasih seseorang. Pada intinya, puisi romansa atau romance berisi tentang cerita cinta dan romantisme.

10. Elegi

Hampir sama seperti bernyanyi rohani, Elegi merupakan jenis puisi modern yang merupakan lagu atau puisi yang mengandung kesedihan dan ekspresi, terutama dalam hal kesedihan, kehilangan ataupun kematian.

11. Balada

Balada adalah jenis puisi modern yang mengisahkan sebuah cerita atau riwayat tertentu yang sedih dan mengharukan. Terkadang balada dinyanyikan atau ditampilkan dalam bentuk dialog.

12. Epigram

Epigram adalah jenis puisi modern yang isinya bercerita tentang tuntunan atau ajaran hidup. Banyak pelajaran hidup yang bisa dipetik dari isi kandungan epigram ini.

13. Ode

Ode adalah salah satu dari sekian ban ODeyak puisi modern dimana liriknya berisikan tentang sanjungan terhadap orang yang berjasa dengan nada-nada yang agung dan tema yang formal

14. Satire

Satire adalah jenis puisi baru yang berisi sindiran atau keritik pada kelompok atau seseorang. Satire biasanya menggunakan aya bahasa dalam bentu ironi, sarkasme, atau parodi.

15. Bernyanyi Rohani

Bernyanyi Rohani adalah jenis puisi modern yang merupakan lagu atau puisi yang mengandung kesedihan dan ekspresi, terutama dalam hal kesedihan, kehilangan ataupun kematian.

Baca Juga

Jenis Puisi Lama

Puisi lama adalah salah satu jenis karya satra puisi yang masih ada di dalam aturan-aturan seprti rima, jumlah baris, sajak dan lain sebagainya. Berikut macam-macam jenis puisi lama.

1. Pantun

Walaupun pantun merupakan salah datu dari jenis puisi lama, namun ke populerannya masih terjaga sampai saat ini.

Pantun adalah jenis puisi lama yang masih populer sampai saat ini. Ciri-cir pantun adalah bersajak a-b-a-b dan terdiri dari 4 baris. 2 awal adalah sampiran dan dua baris akhir adalah isi pantun.

2. Karmina

Karmina ialah jenis puisi lama yang hampir sama seperti pantun, hanya saja karmina lebih pendek. Karmina terdiri dari 2 baris saja, baris pertama adalah sampiran, lalu baris kedua adalah isi pantun.

3. Mantra

Mantra merupakan salah satu jenis puisi lama dimana ciri khasnya terdiri dari ucapan-ucapan yang dianggap memiliki kekuatan gaib. Mantra dipercaya memiliki kekuatan magis untuk keprluan ritual atau pengobatan.

4. Gurindam

Gurindam merupakan puisi lama dimana setiap baitnya terdiri dari 2 baris dengan sajak a-a-a-a yang sama. Umumnya isi pada gurindam ini adalah sebuah cerita.

5. Syair

Sampai saat ini syair masih banyak dikenal oleh masyarakat-masyarakat pada umumnya. Walaupun syair ini merupakan puisi lama, namun hingga saat ni tidak sedikit diberbagai tempat mengadakan lomba syair terbaik.

Syair adalah salah satu dari jenis-jenis puisi lama yang terdiri dari 4 baris disertai sajak a-a-a-a. Syair termasuk kategori puisi bebas yang masih sering ditulis sampai saat ini, sebagai wujud ekspresi sang penyair.

6. Talibun

Talibun merupakan janis pantun genap yang umumnya  terdiri dari 6 baris, 8 baris atau bahkan 10 baris sekalipun. Asalkan jumlah pada barisnya lebih dari 4 baris seperti pantun pada umumnya.

7. Seloka

Seloka merupakan jenis puisi lama menyerupai pantun yang saling berkaitan. Karya sastra ini berasal dari Melayu. Umumnya ditulis sebanyak 2 baris 4 baris bahkan sampai 6 baris.

Contoh Puisi Tentang Kesehatan

Puisi Tentang Kesehatan

Puisi 1

Simak contoh puisi tentang kesehatan berikut :

Alam Namaku

Alam namaku,
Wadah flora dan fauna
Rumah bagi mereka
Untuk bertumbuh, berkembang biak,
Dan mencari makan
Aktivitas pun berjalan lancar
Sesuai hukumku

Tak hanya fauna
Flora pun merasakannya
Dia adalah perhiasanku

Aku bisa memberi kesejukkan
Aku bisa membuat manusia bernafas lega
Aku bisa membuat mereka berarti
Dengan sumber dayaku
Energi, kekuatan, hiasan, apapun yang mereka butuhkan

Itupun ketika aku sehat
Tapi, ketika datang para serakah
Sumber dayaku tergerus tanpa henti
Untuk kepentingan semata
Tak pernah berpikir
Ingin selalu lebih dan lebih
Tamak, rakus, dan boros adalah sifatnya
Hingga aku menjadi sakit

Renungkan,
Apa yang sudah terjadi
Padaku, dari mereka
Aku sudah memberikan semuanya
Tapi balasanya adalah tuba

Perhiasanku direnggutnya
Racun polusi menusuk hidungku
Teman-temanku diburunya
Lapisanku dikuliti

Perih,
Sadarkah kalian?
Sungguh miris

Puisi 2

Simak contoh puisi tentang kesehatan berikut :

Paru

Satu demi satu
Hingga merimbun
Aku selalu merawatmu

Karena aku sadar,
Aku hidup, sehat, denganmu
Paru-paru

Tapi kini,
Kekejaman menindasmu
Kau bagaikan kertas yang diguntingi
Terinjak tak peduli
Masa depan terancam
Anak cucu sengsara
Hanya semata-mata hanya uang

Paru-paru,
Kau sangat penting bagiku

Puisi 3

Simak contoh puisi tentang kesehatan berikut :

Yang Berharga Bagi Kita

Tahukah kamu …
Apa yang paling termurah?
Apa yang sangat murah hingga tidak berharga?
Apa yang mudah dipertahankan tetapi suka dibaikan?

Tentu saja …
Sehat jawabannya, hanya sehat
Harta dan waktu sebanyak apa pun
Akan sirna karena sakit

Betapa menyenangkannya hidup sehat
Dapat beraktivitas dengan riang
Jadi, jangan biarkan sakit menghampiri
Karena sehat itu sangat murah

Puisi 4

Simak contoh puisi tentang kesehatan berikut :

Aku Selalu Ingat Sehatmu

Aku selalu ingat sehatmu
sebatang Djarum Super di sela bibirmu
kau bercerita banyak tentang hal-hal nyata

Seingatku kau memang jarang bicara mimpi
kerna impian mesti dipendam di kedalaman sepi
serahasia doa, hanya batin dan Ilahi yang mengetahui.

Aku selalu ingat sehatmu
secangkir kopi dan segelas air putih dingin
kau bercerita banyak tentang segala hal, kecuali mimpi

Seingatku sekalinya kau bicara impian, itu pasti telah terwujud
kerna impian mesti dipendam di kedalaman sujud
selirih doa, hanya sajadah dan Khalik yang mendengarnya.

Aku selalu ingat sehatmu
maka aku selalu terluka melihat kau sakit
sembari tertawa kau bercerita banyak tentang sakitmu

Karena airmata memang mesti dipendam di kedalaman luka
seringkih doa, hanya iman dan Al Amin yang mengokohkannya.

Lekas sembuh, kawanku
biar aku punya ingatan baru
tentang sehatmu.

Puisi 5

Simak contoh puisi tentang kesehatan berikut :

Genetika Cinta Kita

Pertemuan kita menjadikan aku seperti orang yang amnesia.
Kau bius aku melalui belaian lembut jemari lentikmu.

Semua yang ada padamu terasa mengkontaminasi fikiranku, membuatnya tak steril dan tak labil.
Taukah dirimu bila hatiku mulai ditumbuhi bakteri cinta mu?

Yah, sepertinya kau bagai virus yang patut ditakuti, kau meracuni semua sel-sel dalam aliran darahku.
Kau juga melakukan regenerasi pada sebagian anggota tubuhku. Apa kau juga menyematkan DNA egois mu?

Apa kau juga menyuntikkan DNA complementary? Apa? Tidak katamu? Berarti diriku telah kau duplikasi, rupanya.

Aku mencoba menetralisir keaadaan ini dengan enzym ketenangan.
Sehingga proses epigenetika menjadikan kita dua insan yang menyatu.

Sebaiknya kita saling memaknai diri melalui eugenika dan proses eusosial pula. Agar rasa ini terwujud menjadi sebuah rasa yang fenokopi.

Semula aku tak yakin juga tak pernah percaya. Namun, hasil scanning body ku menjelaskan smua.

Kau dengan indahnya tercangkok dihatiku, duduk disinggasana rindu bertahtakan cinta.

Dan, sekarang kita ibarat dua jenis DNA yang berbeda Genetika, mencoba tuk bersatu dengan semua proses simulasinya.

Hari itu, ketika tubuhku pada metabolisme nya yang terendah…
Mataku berakomodasi tak percaya…
Benarkah yang tertangkap oleh nervi optici-ku??

Dalam sms mu…
Katamu, akulah nukleus kehidupanmu…
Katamu, jika kau flagelatta, maka akulah ATP…

Katamu, jika kau inflamasi, akulah prostaglandin… Sadarkah kau??

Puisi 6

Simak contoh puisi tentang kesehatan berikut :

Jaga Kesehatan dan Lingkungan

Aku adalah seorang pelajar
Kini aku bisa menjaga kebersihan
Baik tubuhku, juga lingkunganku
Juga bajuku

Mandi dua kali sehari
Gosok gigi,
Keramas dua hari sekali
Sudah menjadi kebiasaan sehari-hari

Sepatuku bersih
Kaus kakiku tak bau

Rumahku pun juga kurawat
Kusapu, hingga kolong-kolong
Membuang sampah di tempatnya
Di sekolah pun juga

Tubuhku bersih,
Lingkunganku bersih
Penyakit tak bersarang
Jiwa raga menjadi sehat

Tanpa sehat,
Hidup manusia tak berarti
Hanya terbaring
Dan obat menjadi temannya
Juga suntik yang selalu menghantui

Senang pun jadi sedih
Jiwa raga menjadi lunglai

Olahraga adalah solusi
Pola makan teratur adalah wajib
Makanan sehat begitu berarti
Untuk kesehatan raga

Sapa senyum dengan orang lain
Ikhlas menjalani hidup
Untuk kesehatan jiwa

Kesehatan,
Jangan sampai kau sirna dari tubuhku.


Penutup

Nah, gimana temen-temen keren bukan beberapa contoh puisi tentang kesehatan diatas. Semoga dapat bermanfaat ya bagi kalian yang menbaca. Jika teman-teman memiliki kritik atau saran bahkan komentar, silahkan ketik pada kolom yang tertera dibawah.

Rijal Seorang Blogger asal Pekanbaru yang sedang menuntut ilmu di Magetan, Jawa Timur.

Frekuensi Antv

Rijal
4 min read

Puisi Tentang Pahlawan

Rijal
6 min read

Puisi Tentang Cinta

Rijal
9 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *