Rijal Seorang Blogger asal Pekanbaru yang sedang menuntut ilmu di Magetan, Jawa Timur.

Puisi Tentang Cinta

Puisi Tentang Cinta

Puisi Tentang Cinta-puisi merupakan sebuah karya sastra tertulis yang dimana isinya ialah tuangan dari perasaan seorang penyair. Serta menggunakan bahasa yang bermakna semantis dan juga mengandung iramarima, dan ritma dalam rangkaian larik dan baitnya.

Namun, ada juga yang menyebutkan puisi sebagai salah satu karya sastra dimana isinya mengandung ungkapan kata-kata bermakna kiasan. Serta penyampaiannya disajikan dengan rima, irama, larik dan bait, dengan gaya bahasa yang dipadukan.

Pengertian Puisi

Beberapa pakar zaman sekarang mendefinisikan puisi sebagai pencerminan imajinasi, curahan hati, dari seorang penyair yang mengajak orang lain untuk masuk ke dunianya.

Walaupun bentuknya singkat dan padat, akan tetapi pada umumnya orang lain kesulitan untuk menjelaskan makna puisi yang disampaikan dari setiap baitnya.

Pengertian Puisi Menurut Para Ahli

Berikut merupakan perngertian puisi menurut para ahli.

1. Samuel Johnson

Puisi adalah seni penyatuan kesenangan dengan kebenaran melalui sentuhan imajinasi yang bernalar.Samuel Johnson

2. Shelly Percy Bysshe

Puisi adalah catatan yang terbaik dan saat-saat paling bahagia dari bahagia dan pikiran terbaik.Percy Bysshe Shelley

3. Umberto Eco

Puisi bukanlah masalah perasaan, melainkan masalah bahasa. Ini adalah bahasa yang menciptakan perasaan.Umbreto Eco

4. James Reevas

Puisi adalah ekspresi bahasa yang kaya dan penuh daya tarik.James Reevas

5. Putu Arya Tirtawirya

Puisi adalah ekspresi implisit dan samar, artinya tersirat, dimana kata katanya cendrung konotatif.Putu Arya Tirtawirya

6. Sumardi

Puisi adalah sebuah karya sastra yang ditulis dengan menggunakan bahasa yang dipersingkat, dipadatkan dan diberi irama serta menggunakan kata-kata kiasan atau imajinatif.

7. Theodore Watts – Dunton

Puisi adalah suatu ekspresi yang konkrit dan memiliki sifat aristik yang berasal dari pemikiran manusia menggunakan bahasa emosional dan berirama.Theodore Watts-Dunton

8. Usman Awang

Puisi bukanlah suatu nyanyian orang putus asa yang mencari ketenangan dan kepuasan dalam puisi yang ditulisnya.Usman Awang

9.Muhammad Hj. Salleh

Puisi ialah sebuah bentuk karya sastra yang kental dengan musik bahasa serta suatu kebijaksanaan oleh si penyair dan tradisinya. Karena semua kekentalan itu, sesudah puisi tersebut dibaca akan menjadikan kita lebih bijaksana.Muhammad Haji Salleh

10. Herbert Spencer

Puisi adalah suatu bentuk pengucapan gagasan yang sifatnya emosional dengan mempertimbangkan suatu keindahan.Herbert Spencer

Sejarah Puisi

Sejarah Puisi

Puisi muncul di antara catatan-catatan paling awal kebudayaan paling melek huruf. Dengan puitis fragmen-fragmen yang ditemukan pada awal monolit, runestones, dan stelae.

Banyak karya kuno dari Veda India (1700-1200 SM) dan Zoroaster’s Gathas (1.200-900 SM) ke Odyssey (800-675 SM), yang telah dirangkum dalam puisi yang bertujuan untuk membantu menghafal dalam ilmu prasejarah dan masyarakat kuno.

Puisi yang paling tua adalah Epos Gilgames dari generasi milenium ke3 SM di Sumeria (Mesopotimia, sekarang Irak), yang ditulis dalam naskah tulisan kuno berbentuk baji pada teblet tanah liat dan kemudian papirus.

Ada berbagai puisi epic kuno lainnya antara lain Yunani epos illiad, Odyssey, Old Iran buku-buku yang Gathic dan Yasna Avesta, Epic nasional Romawi, Virgil Aeneid, India epos Ramayana serta Mahabarata.

Jenis-Jenis Puisi Berdasarkan Contohnya

Jenis Jenis Puisi

Puisi memiliki beberapa macam jenis. Secara umum, puisi di bedakan menjadi dua, yaitu puisi lama dan puisi baru(modern).

Perbedaan dari puisi lama dan puisi baru didasarkan pada keterkaitan terhadap aturan-aturan seperti rima, sajak, bait dan suku katanya.

Puisi Baru / Modern

Puisi modern merupakan salah satu jenis karya sastra puisi yang lebih bebas dibandingkan puisi lama. Karena tidak trikat pada aturan-aturan seperti sajak, rima, bait, dan sebagainya. Berikut dibawah ini macam-macam jenis puisi baru.

1. Bernyayi Rohani

Bernyanyi Rohani adalah jenis puisi modern yang merupakan lagu atau puisi yang mengandung kesedihan dan ekspresi, terutama dalam hal kesedihan, kehilangan ataupun kematian.

2. Satire

Satire adalah jenis puisi baru yang berisi sindiran atau keritik pada kelompok atau seseorang. Satire biasanya menggunakan aya bahasa dalam bentu ironi, sarkasme, atau parodi.

3. Ode

Ode adalah salah satu dari berbagai puisi modern yang liriknya berisikan tentang sanjungan terhadap orang yang berjasa dengan nada-nada yang agung dan tema yang formal.

4. Epigram

Epigram adalah jenis puisi modern yang isinya bercerita tentang tuntunan atau ajaran hidup. Banyak pelajaran hidup yang bisa dipetik dari isi kandungan epigram ini.

5. Balada

Balada adalah jenis puisi modern yang mengisahkan sebuah cerita atau riwayat tertentu yang sedih dan mengharukan. Terkadang balada dinyanyikan atau ditampilkan dalam bentuk dialog.

6. Elegi

Hampir sama seperti bernyanyi rohani, Elegi merupakan jenis puisi modern yang merupakan lagu atau puisi yang mengandung kesedihan dan ekspresi, terutama dalam hal kesedihan, kehilangan ataupun kematian.

7. Romansa

Romansa adalah jenis puisi modern yang bercerita tentang isi dan luapan perasaan cinta kasih seseorang. Pada intinya, puisi romansa atau romance berisi tentang cerita cinta dan romantisme.

8. Terzina

Terzina merupakan jenis puisi baru yang pada masing-masing baitnya terdiri dari 3 baris atau disebut juga dengan istilah puisi tiga seuntai.

9. Soneta

Soneta merupakan jenis puisi baru yang terdiri dari 14 baris yang dibagi menjadi 2, diamna 2 bait pertama masing-masing 4 baris dan 2 bait masing-masing 3 baris.

10. Kuint

Merupakan jenis puisi baru yang masing-masing baitnya terdiri dari 5 baris atau disebut juga dengan istilah puisi lima seuntai.

11. Septima

Septima merupakan jenis puisi baru dimana masing-masing baitnya terdiri dari 7 baris atau biasa disebut dengan istilah puisi tujuh seuntai.

12. Sekstet

Sekstet merupakan janis puisi baru dimana masing-masing baitnya terdiri dari 6 baris atau biasa disebut dengan istilah puisi enam seuntai.

13. Stanza/Oktaf

Oktaf atau stanza merupakan jenis puisi baru dimana masing-masing baitnya terdiri dari 8 baris atau biasa disebut dengan istilah puisi delapan seuntai.

14. Dystonia

Atau distikon meripakan salahsatu jenis puisi baru yang memuat sajak dari dua baris kalimat dimana tiap baitnya beritma a-a.

15. Kuatren

Kuatren merupakan jenis puisi baru yang masing-masing baitnya terdiri dari 4 baris atau disebut juga dengan istilah puisi empat seuntai.

Nah itu dia tadi bebrapa jenis contoh puisi pendek baru atau modern. Selanjutnya berikut adalah jenis-jenis puisi pendek jenis lama,

Puisi Lama

Puisi lama merupakan salhsatu jenis karya satra puisi yang masih terjaga dalam aturan-aturan seprti rima, jumlah baris, sajak dan lain sebagainya. Berikut adalah macam-macam jenis puisi lama.

1. Seloka

Seloka adalah jenis puisi lama berupa pantun yang saling berkaitan. Karya sastra ini berasal dari Melayu. Umumnya ditulis sebanyak 2 baris 4 baris bahkan sampai 6 baris.

2. Talibun

Talibun merupakan janis pantun genap yang umumnya  terdiri dari 6 baris, 8 baris atau bahkan 10 baris sekalipun. Asalkan jumlah pada barisnya lebih dari 4 baris seperti pantun pada umumnya.

3. Syair

Syair merupakan salah satu dari jenis-jenis puisi lama yang terdiri dari 4 baris disertai sajak a-a-a-a. Syair termasuk kategori puisi bebas yang masih sering ditulis sampai saat ini, sebagai wujud ekspresi sang penyair.

4. Gurindam

Gurindam adalah puisi lama dimana setiap baitnya terdiri dari 2 baris dengan sajak a-a-a-a yang sama. Umumnya isi pada gurindam ini adalah sebuah cerita.

5. Mantra

Mantra adalah salhsatu jenis puisi lama yang ciri khasnya terdiri dari ucapan-ucapan yang dianggap memiliki kekuatan gaib. Mantra dipercaya memiliki kekuatan magis untuk keprluan ritual atau pengobatan.

6. Karmina

Karmina merupakan jenis puisi lama yang hampir sama seperti pantun, hanya saja karmina lebih pendek. Karmina terdiri dari 2 baris saja, baris pertama adalah sampiran, lalu baris kedua adalah isi pantun.

7. Pantun

Pantun adalah jenis puisi lama yang masih populer sampai saat ini. Ciri-cir pantun adalah bersajak a-b-a-b dan terdiri dari 4 baris. 2 awal adalah sampiran dan dua baris akhir adalah isi pantun.

Beberapa jenis puisi seprti puisi nasehat, puzzle, anak-anak, puisi agama, humor dan lain sebagainya.

Baca Juga

Contoh Puisi tentang Cinta

Puisi 1

Simak contoh puisi tentang cinta berikut:

Aku Ada

Memanggil namamu ke ujung dunia
Tiada yang lebih pilu
Tiada yang menjawabku selain hatiku

Dan ombak berderu
Di pantai ini kau slalu sendiri
Tak ada jejakku di sisimu
Namun saat ku tiba
Suaraku memanggilmu akulah lautan

Ke mana kau s’lalu pulang
Jingga di bahuku
Malam di depanku
Dan bulan siaga sinari langkahku

Ku terus berjalan
Ku terus melangkah
Kuingin kutahu engkau ada
Memandangimu saat senja
Berjalan di batas dua dunia

Tiada yang lebih indah
Tiada yang lebih rindu
Selain hatiku
Andai engkau tahu
Di pantai itu kau tampak sendiri
Tak ada jejakku di sisimu

Namun saat kau rasa
Pasir yang kau pijak pergi akulah lautan
Memeluk pantaimu erat
Jingga di bahumu
Malam di depanmu

Dan bulan siaga sinari langkahmu
Teruslah berjalan
Teruslah melangkah
Ku tahu kau tahu aku ada

Puisi 2

Simak contoh puisi tentang cinta berikut:

Aku Ingin

Aku ingin mencintaimu dengan sederhana
dengan kata yang tak sempat diucapkan
kayu kepada api yang menjadikannya abu

Aku ingin mencintaimu dengan sederhana
dengan isyarat yang tak sempat disampaikan awan
kepada hujan yang menjadikannya tiada

Puisi 3

Simak contoh puisi tentang cinta berikut:

Suatu Perpisahan

Terkadang ada baiknya kita berduka,
agar terasa betapa gembira pada saatnya kita bersuka

Terkadang ada baiknya kita menangis,
agar terasa betapa manis pada saatnya kita tertawa

Terkadang ada baiknya kita merana,
agar terasa betapa bahagia pada saatnya kita bahagia

Dan jika sekarang kita berpisah
Itupun ada baiknya juga
Agar terasa betapa mesra

Puisi 4

Simak contoh puisi tentang cinta berikut:

Kerinduan

Merenda sebuah tali kasih
Kusimpul menjadi satu hati

gambaran jiwa yang terluka
bagai langit meratap sendu

kala bias cinta menghilang
sakit itupun datang tanpa permisi

rembulan tak menyisakan senyum.
Bersama malam, kudekap lirih arti kerinduan

Puisi 5

Simak contoh puisi tentang cinta berikut:

Merindu

Apalah arti sebuah mimpi
ketika lelap terserak pada malam-malam tanpa suara

kucari hadirmu lepas fajar hingga petang
tersendat tergeragap laksana petir tanpa gelegar

sementara waktu membenamkan segala harapan
dunia seperti kapal yang karam

terjerembab pada kedalaman tanpa batas
tiada yang lebih pasti daripada gelap
tatkala bulan kehilangan cahaya

dan halilintar kehilangan kilatnya
adakah yang lebih berduka selain hati yang rindu

betapa ingin kulihat wajahmu
pada kesia-siaan yang akrab denganku kini

Puisi 6

Simak contoh puisi tentang cinta berikut:

Peluklah aku

Aku masih bersedia,
menyediakan diri untuk mencintaimu
Tetaplah menetap di hatiku,
sebab hidup akan jauh lebih baik berjalan menujumu.

Menatap matamu,
sudah membuat duniaku penuh dengan rindu,
apalagi jikalau memilikimu seusia hidupku,
tentu akan lebih indah dari itu.

Peluk tubuhku,
tabahlah berjuang bersamaku.

Puisi 7

Simak contoh puisi tentang cinta berikut:

Mencari Cinta

Memulai sudah terasa lelah⠀
Berjalan sudah lumayan panjang⠀
Bertahan sudah terlalu lama⠀
Patah juga sudah biasa rasanya.

Kita bicara tentang pencarian⠀
Rasanya salah jadi teman harian⠀
Jatuhpun kadang di jurang yang mengulang⠀
Belum tau apa rasanya sampai ke tujuan.⠀

Perjalan panjang tentang pencarian⠀
Kita sama-sama sedang berjuang⠀
Hingga tiba waktunya datang⠀
Kita tidak pernah berhenti untuk mengulang.

Puisi 8

Simak contoh puisi tentang cinta berikut:

Kamar Tua

Kata-kata yang sudah tua
tinggal di dalam kamar

rindu menekuk lutut di sudut
luka bergelantungan di pintu

tidak ada lampu untuk masa lalu
atau cinta yang terbaring dan demam

cuma kenangan tersangkut di sarang laba-laba
dan ingatan membungkus tubuhnya yang biru

tidak ada kita di atas kasur
atau sisa napas di pinggir bantal

cuma kepergian yang membekas di jendela
dan selembar tirai yang masih menunggu

Puisi 9

Simak contoh puisi tentang cinta berikut:

Keajaiban

Aku hanya bisa menutup mataku
Menikmati setiap detik keajaiban yang kau berikan

Aku hanya bisa terdiam
Merasakan
Setiap detik hidupku lebih berarti

Setiap Mantra dan Keajaiban
Yang kau sihirkan padaku
Terasa Lebih merasuk kedalam jiwa

Setiap kalimat dan huruf
Yang terlantun dari mulutmu
Menjadi kata kata penyemangat dalam hidupku

Hidupku terasa lebih berarti
semenjak kau hadir dalam duniaku

Setiap apa yang kau lakukan
Menjadi keajaiban tersendiri
dalam Fantasiku

Kau pelangi dalam hidupku
Yang slalu memberi warna dan keajaiban
Disetiap disetiap detak denyut nadiku

Puisi 10

Simak contoh puisi tentang cinta berikut:

Kembang Merana

Maaf mungkin malam besok aku
Tak akan bisa memelukmu lagi
Atau mengambilkan bulan
Di sudut ranting basah.

Tak akan mencium keningmu ketika pagi hari hingga kau terbangun dan mengucapkan “selamat pagi sayang”
Sebab aku pergi yang takan kembali
Hari telah turun di mataku
Lembab matamu tak usah kau cairkan
Akan menambah luka di batin

Nisan dingin berlumut tergolek sunyi
Bersimbah hujan yang datang seharian hanya sisa wangi kembang merana.
Namun pegangan tanganku masih akan kau rasakan.
Menengokmu ketika luka meradang
Jadikanlah aku selimut malammu yang tak akan memperkelam.
Candamu pasti akan aku dengarkan.

Biar aku titipkan salam pada hujan
Kala kau termenung di balik jendela
Memanggil nama yang masih di rindukan.
Baik-baiklah cantikku
Jangan kau pudarkan senyum itu
Karen itulah ajimat ketegaran jiwaku
Sehingga aku tak takut arti perpisahan
Walau jauh namun setidaknya bisa aku kenang

Memestinya aku bisa menjagamu lebih lama,
Membawa hingga sudut peraduan
Mememani melihat dunia yang sebenarnya
Sebuah kemilau di sebrang samudra
Tapi aku tak sempat untuk ke sana
Padahal telah ku hias perahu untuk kita berlayar.
Tak apalah waktu memang berbicara lain.

Puisi 11

Simak contoh puisi tentang cinta berikut:

Ketika Luka

Biarkan ia masuk.
Jika tidak, ia akan mengetuk lebih keras dan semakin keras.

Suaranya akan menjadi lebih kencang dan semakin kencang.
Jadi, biarkan ia masuk.

Habiskan waktu dengannya.
Pahami ia.

Lalu, berjalanlah ke arah pintu dan katakan padanya untuk pergi
karena ini adalah waktumu untuk menyambut kebahagiaan.

Puisi 12

Simak contoh puisi tentang cinta berikut:

Untukmu

Untukmu… yang pernah datang dan mengubah segala rencana,
yang pernah menghentikan segala gundah gulana.
Untukmu… yang pernah menjadikan hari-hariku kembali berwarna,
yang pernah membuatku kembali percaya pada renjana.

Maaf… atas segala hal kecil yang membuatmu marah,
atas niat baikku yang selalu kau pandang salah.

Aku tak pernah mengerti… kenapa bagimu pergi selalu mudah,
padahal bagiku… meninggalkanmu adalah hal paling susah.
Kita berubah… dari kekasih yang saling berjuang,
menjadi sepasang musuh yang saling berperang.

Tanpa kita sadari, kisah kita hangus jadi arang,
dan kita tidak punya lagi jalan pulang.

Terima kasih… karenamu aku belajar membuka hati, untuk saling memberi arti.
Karenamu juga… aku belajar berbesar hati, untuk melihat perasaanmu mati.

Puisi 13

Simak contoh puisi tentang cinta berikut:

Tertinggal Dimasa Lalu

Tak bisakah kau singgah di hati ini
Menyatukan kembali dua hati yang kau pisahkan

Seperti dulu,,
Saat kau selalu mendengarkan keluh kesahku
Mengukir senyuman di wajahku
Terbang bersama menyusuri dunia

Tak bisakah,
Kau lanjutkan lagi cerita indah
Yang pernah kita ciptakan berdua

Dan cobalah menoleh ke belakang
Lihatlah. . .
Aku tertinggal seorang diri
Aku masih menunggu
Tak adakah niat di hatimu
Untuk membawa diri ini terbang bersamamu
Masuk dalam cerita hidup mu.
Lagi.

Puisi 14

Simak contoh puisi tentang cinta berikut:

Kekasih Sejati

Hari demi hari aku jalani
Perasaan ini takan pernah berubah
Setiap Detik selalu mengenang dirimu
Meski perasaan ini sulit untuk ku ungkapkan

Kasih ku Berharap kepadamu
Tuk selalu mengingat bayangan diriku
aku tau perasaanmu gundah
karena kau merasakan perasaan yang sama denganku

Kasih…… Maafkanlah aku
karena ku tak jujur kepadamu
hingga sakit ini kurasakan sendiri
tapi kurasa engkau mengerti
dan memilih aku yang terbaik

kekasih sejati dengarkanlah aku
aku disini selalu mengingatmu
meski kau sendiri telah melukaiku
karena ku yakin ku bisa menerima semua kenyataan ini

Puisi 15

Simak contoh puisi tentang cinta berikut:

Singgasana Cinta

Mungkin terlalu dini bagi kita
Untuk mengenal cinta
Merangkai indahnya tali asmara

Ribuan kerikil tajam menghadang
Angin menerjang
Hiasi perjalan yang panjang

Namun percayalah
Tuhan telah menyiapkan
Sebuah kisah yang lebih indah
Dari apa yang diimpikan

Biarkan waktu bergulir
Bagai roda yang terus berputar
Iringi langkah kita
Menuju singgasana cinta

Biarkan indah dunia
Menjadi saksi cinta kita
Hingga malam menutup jiwa.


Penutup

Nah, mungkin hanya sekian rangkuman penjelasan mengenai contoh puisi tentang cinta, kami rangkum dari berbagai sumber.

Semoga dapat bermanfaat bagi kalian yang membaca. Jika memiliki kritik atau saran bahkan pertanyaan, silahkan ketik pada kolom yang ada di bawah ya.

Rijal Seorang Blogger asal Pekanbaru yang sedang menuntut ilmu di Magetan, Jawa Timur.

Alphabet Dalam Penerbangan

Rijal
1 min read

Frekuensi Antv

Rijal
4 min read

Puisi Tentang Pahlawan

Rijal
6 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *