Rijal Seorang Blogger asal Pekanbaru yang sedang menuntut ilmu di Magetan, Jawa Timur.

Provinsi Terluas di Indonesia

Provinsi Terluas di Indonesia

Dari 34 provinsi yang ada di Indonesia, admin langkahilmu.com telah merangkum 15 provinsi terluas di Insonesia.

Walaupun sebagian besar dari wilayah Indonesia adalah perairan, namun tetaplah ada provinsi yang memiliki luas bahkan sampai 309.934 km².

Hal tersebut dibuktikan dengan keberadaan wilayah terluas yaitu pada provinsi Papua. Mari kita simak bersama-sama, pembahasan lengkap dan terperinci yang telah admin siapkan mengenai negara terluas di Indonesia.

Urutan Provinsi Terluas di Indonesia

Berikut merupakan penjelasan mengenai provinsi terluas yang ada di Indonesia lengkap.

Baca Selengkapnya : 6 Urutan Negara Terkecil di Asia Tenggara Lengkap

Papua

Lambang Provinsi Papua

Papua merupakan provinsi terluas di Indonesia yang terletak di bagian tengah pulau Papua, atau pada bagian paling timur wilayah Papua milik Indonesia.

Provinsi ini sebelumnya bernamakan provinsi Irian Jaya yang mencakup seluruh wilayah Papua bagian barat.

Wilayah terpencil ini termasuk dalam kategori provinsi terluas di Indonesia sebab, wilayah keseluruhannya mencapai 319.036 km².

Sejak tahun 2003, wilayah ini dibagi menjadi dua provinsi dengan bagian timur tetap memakai nama Papua.

Sedangkanpada bagian baratnya, memakai nama Papua Barat.

Jika dihitung secara keseluruhan, pulau papua memiliki luas mencapai 808.105 km², angka tersebutlah yang menjadikan pulau Papua sebagai pulau terbesar di Indonesia.

Provinsi yang satu ini memiliki potensi sumber daya alam yang bernilai ekonomis dan strategis serta telah mendorong bangsa-bangsa asing untuk berhasrat mengusai Papua.

Kalimantan Tengah

Lambang Provinsi Kalimantan Tengah

Kalimantan Tengah merupakan salah satu provinsi di Indonesia yanh terletak di Pulau Kalimantan.

Provinsi yang beribu kota Palangkaraya ini termasuk dalam kategori provinsi terluas di Indonesia sebab, luas keseluruhan dari wilayahnya adalah 153.564 km².

Berdasarkan sensus tahun 2010, provinsi yang satu ini memiliki populasi pendudu sebesar 2.202.599 jiwa, yang terdiri dari 1.147.878 laki-laki dan 1.054.721 perempuan.

Menurut perhitungan data BPS Kalimantan Tengah tahun 2018, pada tahun sebelumnya, populasi SDA provinsi ini bertambah menjadi 2.605.274, yaitu 1.361.715 pria dan 1.243.559 wanita.

Banya orang yang belum mengetahui akan berbagai ragam wilayah pantai, gunung, bukit, datran rendah, serta segala macam vegetasi tropis yang mendominasi alam pada daerah ini.

Kita tarik sebagai contoh yaitu, hewan Orangutan, hewan yang satu ini merupakan hewan andemik yang masih banyak ditemukan di Kalimantan Tengah, khususnya pada wilayah Taman Nasional Tanjung Puting.

Kalimantan Timur

Lambang Provinsi Kalimantan Timur

Kalimantan Timur merupakan provinsi yang berada di pulau Kalimantan bagian ujung timur yang berbatasan dengan Malaysia.

Provinsi yang memiliki semboyan ” Ruhui Rahayu” ini termasuk dalam golongan provinsi terluas di Indonesia sebab, luas wilayah keseluruhannya mencapai hingga 129.067 km².

Ternyata, provinsi yang satu ini mempunyai angka populasi yang cukup tinggi, yaitu sebesar 3.575.449 jiwa pada du tahun yang lalu.

Namun, Kaltim merupakan wilayah dengan kepadatan penduduk terendah keempat di Nusantara.

Sebelum Provinsi Kalimantan Timur dimekarakan menjadi Kaliamntan Utara, wilayah ini merupakan provins terluas kedua di Indonesia setelah Papua, dengan luas 194.489².

Angka tersebut hampir menyamai Pulau Jawa atau sekitar 6,8% dari total luas wilayah Indonesia.

Dengan adanya perkembangan dan pemekaran wilayah, Kalimantan Timur kini merupakan provinsi terluas ketiga setelah Papua dan Kalimantan Tengah.

Kalimantan Barat

Lambang Provinsi Kalimantan Barat

Kalimantan Barat adalah provinsi di Indonesia yang terletak di Pulau Kalimantan dengan ibu kota Pontianak.

Provinsi yang memiliki semboyan “Akcaya” ini termasuk dalam kategori provinsi terluas di Insonesia sebab, luas kelseluruhan wilayahnya mencapai hingga 147.307 km².

Daerah Kalimantan Barat termasuk salah satu daerah yang dapat dijuluki “Seribu Sungai.

Julukan tersebut selaras dengan kondisi geografis yang mempunyai ratusan sungai besar dan kecil di dalamnya.

Menurut sensus Kalimantan Barat tahun 2016, jumlah penduduk di wilayah itu mencapai angka 5.365.256 jiwa (1,85% penduduk Indonesia).

Riau

Lambang Provinsi Riau

Provinsi Riau adalah sebuah daerah dimana disanalah tempat saya lahir hehe (Gak Nanya).

Provinsi Riau merupakan sebuah provinsi di Indonesia yang terletak pada bagian tengah pulau Sumatra.

Provinsi yang beribu kota Pekanbaru initermasuk dalam kategori provinsi terluas di Indonesia sebab, luas dari keseluruhan wilayahnya mencapai hingga 87.024 km².

Wilayah ini terletak di bagian tengah pantai timur Pulau Sumatra, yaitu pada sepanjang pesisi Selat Malaka.

Riau saat ini merupakan salah satu provinsi terkaya di Indonesia dan sumber dayanya dedominasi oleh sumber alam terutama minyak bumi.

Akan tetapi, penebangan hutan yang merajalela telah mengurangi luas hutan secara siknifikan, dari 78% pada 1982 menjadi hanya 33% pada tahun 2005.

Tecatat rata-rata 160.00 hektare hutan habis ditebang setiap tahun, yang meninggalkan 22%, atau 2,45 juta hektare pada tahun 2009.

Deforestasi dengan tujuan pembukaan kebun-kebun kelapa sawit dan produksi kertas telah menyebabkan kabut asap yang sangat mengganggu di provinsi ini

Hal tersebut telah terjadi selama bertahun-tahun, dan menjalar ke negara-negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura.

Sumatera Selatan

Lambang Provinsi Sumatra Selatan

Provinsi Sumsel ini merupakan provinsi di Indonesia yang terletak di bagian selatan Pulau Sumatra.

Provinsi yang beribu kota Palembang ini termasuk dalam kategori provinsi terluas di Indonesia sebab, luas keseluruhan wilayahnya mencapai hingga 91.592 km².

Secara geografis, wilayah ini berbatasan dengan provinsi Jambi di utara, provinsi Kepulauan Bangka Belitung di timur, provinsi Lampung di selatan, dan provinsi Bengkulu di Barat.

Ternyata, provinsi ini kaya akan sumber daya alam seperti, minyak bumi, gas alam dan batu bara.

Tidak hanya itu, ibu kota provinsi sumsel, Palembang telah terkenal sejak dahulu karena menjadi pusat Kerajaan Sriwijaya.

Pada tahun 2015, tercatat jumlah penduduk di Sumatra Selatan telah mencapai 8.370.281 jiwa.

Angka tersebutlah yang menempatkan Sumatra Selatan sebagai provinsi penduduk terbesar ke-6 di Indonesia.

Tercatat pada tahun 1971m jumlah penduduk pada wilayah itu sebesar 2,931 juta jiwa, angka tersebut terus melonjak naik menjadi 3,975 pada tahun 1980, 5,493 juta jiwa pada tahun 1990 serta 6,273 pada tahun 2000.

Dengan jumlah penduduk yang begitu besar maka Sumatra Selatan dihadapkan kepada suatu masalah kependudukan yang sangat serius.

Oleh karena itu, upaya mengendalikan pertumbuhan penduduk disertai dengan upaya peningkatan kesejahteraan penduduk harus merupakan suatu upaya yang berkesinambungan dengan program pembangunan yang sedang dan akan terus dilaksanakan.

Sumatra Utara

Lambang Provinsi Sumatra Utara

Provinsi berdarah batak ini termasuk dalam kategori provinsi terluas di Indonesia sebab, luas keseluruhan wilayahnya mencapai hingga 72.981 km².

Sumatra Utara merupakan provinsi dengan jumlah penduduk terbesar ke-4 di Indonesia setelah Jawa Barat, Jawa Timur, dan Jawa Tengah.

Menurut hasil data pencakupan lengkap oleh Sensus Penduduk (SP) 1990, penduduk Sumatra Utara telah meningkat menjadi 12.98 juta jiwa.

Kepadatan penduduk Sumatra Utara pada tahun 1990 adalah 143 jiwa per km² dan pada tahun 2010 meningkat lagi menjadi 178 jiwa per km².

Tercatat pada tahun 2000, Kadar Partisipasi Angkatan Kerja (TPAK) di daerah ini sebesar 57,34 persen, tahun 2001 naik menjadi 57,70 persen, tahun 2002 naik lagi menjadi 69,45 persen.

Kalimantan Utara

Lambang Provinsi Kalimantan Utara

Kalimantan Utara adalah sebuah provinsi di Indonesia yang terletak di bagian utara pulau Kalimantan.

Provinsi ini berbatasan langsung dengan negara Malaysia, yaitu pada bagian Sabah dan Sarawak.

Provinsi yang memiliki hari jadi pada tanggal 22 April 2013 ini termasuk dalam kategori provinsi terluas di Indonesia sebab, luas wilayah keseluruhannya mencapai hingga 72.275 km².

Mungkin anda belum tahu! Ternyata saat ini, Kalimantan Utara merupakan provinsi termuda Indonesia yang di resmikan menjadi provinsi dalam rapat paripurna DPR pada 25 Oktober 2012.

Infrastruktur pemerintahan Kalimantan Utara masih dalam proses persiapan yang direncanakan akan berlangsung paling lama dalam 1 tahun.

Sulawesi Tengah

Lambang Provinsi Sulawesi Tengah

Sesuai namanya, provinsi Sulawesi Tengah adalah sebuah provinsi di bagian tengah pulau Sulawesi, Indonesia.

Ibu kota dari provinsi ini adalah Palu. Sulawesi tengah memiliki wilayah terluas di antara semua provinsi pada pulau Sulawesi.

Provinsi yang memiliki 170 kelurahan ini termasuk dalam kategori provinsi terluas di Indonesia sebab, luas wilayah keseluruhannya mencapai hingga 61.841 km².

Tidak hanya itu, provinsi Sulawesi Utara memiliki jumlah penduduk terbanyak kedua di Pulau Sulawesi setelah provinsi Sulawesi Selatan.

Wilayah Provinsi Sulawesi Tengah bagian utara berbatasan dengan Laut Sulawesi dan Provinsi Gorontalo.

Sedangkan bagian timur berbatasan dengan Provinsi Maluku, bagian selatan berbatasan dengan Provinsi Sulawesi Barat dan Sulawesi Selatan

Serta bagian tenggara berbatasan dengan Sulawesi Tenggara, dan bagian barat berbatasan dengan Selat Makassar.

Aceh

Lambang Provinsi Aceh

Aceh merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang diberi status sebagai daerah istimewa dan juga diberi kewenangan otonomi khusus.

Provinsi yang sempat di landa Tsunami pada tahun 2004 ini masuk dalam kategori provinsi terluas di Indonesia sebab, luas seluruh wilayahnya mencapai hingga 58.377 km².

Aceh terletak di ujung utara pulau Sumatra dan merupakan provinsi paling barat di Indonesia.

Menurut hasil catatan sensus Badan Pusat Statistik tahun 2019, jumlah penduduk provinsi ini mencapai sekitar 5.281.891 jiwa.

Aceh dianggap sebagai tempat dimulainya penyebaran Islam di Indonesia dan memainkan peran penting dalam penyebaran Islam di Asia Tenggara.

Jambi

Lambang Provinsi Jambi

Jambi merupakan sebuah Provinsi Indonesia yang terletak di pesisir timur di bagian tengah Pulau Sumatra.

Provinsi yang memiliki 9 kabupaten ini termasuk dalam kategori provinsi terluas di indonesia sebab, luas keseluruhan wilayahnya adalah 50.058 km².

Secara geografis, provinsi Jambi terletak di antara 0,45° Lintang Utara, 2,45° Lintang Selatan dan antara 101,10°-104,55° Bujur Timur.

Tercatat jumlah penduduk pada provinsi jambi pada tahun 2017 sebanyak 3.515.017 jiwa dengan kepadatan 70,08 jiwa/km².

Menurut data BPS hasil sensus 2010, di provinsi ini terdapat setidaknya 3.088.618.

Hal ini menandakan bahwa dari tahun pertahun, angka kepadatan penduduk di provinsi Jambi semakin meningkat.

Maluku

Lambang Provinsi Maluku

Maluku adalah sebuah provinsi yang meliputi bagian selatan Kepulauan Maluku, Indonesia.

Provinsi yang memiliki semboyan “Siwa Lima” ini termasuk dalam kategori provinsi terluas di Indonesia sebab, luas wilayah keseluruhannya mencapai hingga 46.914 km².

Sejarah Maluku telah dimulai sejak zaman kerajaan-kerajaan besar di Timur Tengah seperti kerajaan Mesir yang dipimpin Firaun.

Bukti bahwa sejarah Maluku adalah yang tertua di Indonesia adalah catatan tablet tanah liat yang ditemukan di Persia, Mesopotamia, dan Mesir.

Dalam tablet tanah tersebut mengatakan bahwa adanya negeri dari timur yang sangat kaya.

Merupakan tanah surga, dengan hasil alam berupa cengkih, emas dan mutiara, daerah itu tak lain dan tak bukan adalah tanah Maluku.

Memang pada dasarnya provinsi maluku merupakan sentra penghasil Pala, Fuli, Cengkih dan Mutiara.

Jawa Timur

Lambang Provinsi Jawa Timur

Jawa Timur adalah sebuah provinsi di bagian timur Pulau Jawa, Indonesia yang beribu kotakan Surabaya.

Provinsi pengehasil tebu terbesar di Indonesia ini termasuk dalam kategori provinsi terluas di Indonesia sebab, luas wilayah keseluruhannya mencapai hingga 47.800 km².

Menurut catatan sensus 2017, jumlah penduduk di Jawa Timur mencapai 42.030.633 jiwa.

Jawa Timur memiliki jumlah penduduk terbanyak kedua di Indonesia setelah Jawa Barat.

Jawa Timur memiliki sejumlah industri besar, di antaranya galangan pembuatan kapal terbesar di Indonesia PT PAL di Surabaya. Serta perlengkapan tempur PT Pindad di Malang,

Nusa Tenggara Timur

Lambang Provinsi Nusa Tenggara Timur

Provinsi NTT adalah sebuah provinsi di Indonesia yang meliputi bagian timur Kepulauan Nusa Tenggara.

Provinsi yang mempunyai ciri khas Pulau Komodo ini termasuk kategori provinsi terluas di Indonesia sebab, luas wilayah keseluruhannya mencapai hingga 47.246 km².

Pada awal kemerdekaan Indonesia, kepulauan ini merupakan wilayah Provinsi Sunda Kecil.

Wilayah ini terdiri dari kurang lebih 550 pulau, tiga pulau utama di Nusa Tenggara Timur adalah Pulau Flores, Pulau Sumba dan Pulau Timor Barat (biasa dipanggil Timor).

Menurut catatan yang didapat, jumlah penduduk di provinsi ini adalah 4.683.827 jiwa dengan laju pertumbuhan penduduk sebesar 2,07%.

Jumlah penduduk laki-laki sebanyak 2.326.487 jiwa dan jumlah penduduk perempuan 2.357.340 jiwa pada 2010.

Sulawesi Selatan

Lambang Provinsi Sulawesi Selatan

Provinsi Sulawesu Selatan adalah sebuah provinsi di Indonesia yang terletak di bagian selatan Sulawesi. Ibu kotanya adalah Makassar.

Provinsi yang mempunyai 664 kelurahan ini termasuk kategori provinsi terluas di Indonesia sebab, luas wilayah keseluruhannya mencapai hingga 46.717 km².

Sampai dengan Mei 2010, jumlah penduduk di Sulawesi Selatan terdaftar sebanyak 8.032.551 jiwa.

Dengan pembagian 3.921.543 orang laki-laki dan 4.111.008 orang perempuan. Pada tahun 2013, penduduk di Sulawesi Selatan sudah mencapai 8.342.047 jiwa.


Penutup

Pada dasarnya, Negara Republik Indonesia memiliki laut yang sangat lah luah, namun tidak hanya itu, Indonesia juga memiliki daerah darat yang juga sangat lah luas.

Mungkin hanya sekian pembahasan lengkap yang dapat admin sampaikan, semoga bermanfaat.

Jika teman-teman memiliki kritik atau saran, silahkan ketikkan pada kolom yang ada dibawah.

 

 

 

Salam Sobat Berilmu 🙂

Rijal Seorang Blogger asal Pekanbaru yang sedang menuntut ilmu di Magetan, Jawa Timur.

Macam Macam Tempo

Rijal
2 min read

Jenis Pohon Bidara

Rijal
5 min read

Contoh Puisi Bahasa Jerman

Rijal
4 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *