Rijal Seorang Blogger asal Pekanbaru yang sedang menuntut ilmu di Magetan, Jawa Timur.

Pertama Kali Ikut Pramuka

Pramuka Adalah suatu singkatan dari ( Praja Muda Karana ), yang bermakna suatu jiwa-jiwa muda yang suka berkarya. Pramuka di ambil dari kata Hamengkubuwono IX yaitu “Poromuko” yang artinya pasukan terdepan dalam perang.

Nah di konten kali ini saya akan mengulas kembali pengalaman saya saat pertama kali mengikuti Pramuka hingga endingnya saya mengikuti lomba dan PERJUSAMI ( Perkemahan Jum’at,Sabtu,Minggu )

 Apa Saja Modal Untuk Masuk Pramuka?

gambar pramuka
pramuka.com

Masuk dalam Pramuka bagi saya bukan hanya cuma modal keinginan, karna di Pramuka ini kita juga butuh yang namanya mental.

Knapa saya bilang butuh mental? Karna di pelajaran Pramuka ini rata-rata bertujuan agar dapat beradaptasi pada lingkungan luas dan juga agar hidup mandiri.

Pertama kali saya masuk Pramuka itu kelas 5 SD, pada awalnya saya ingin masuk Pramuka hanya sekedar ikut-ikut teman saja. Setelah beberapa bulan mengikuti kegiatan Pramuka di Sd ( 16 Pekanbaru ), saya berfikir ohh ternyata seperti ini Pramuka.

Apa Saja Ilmu Yang Saya Dapat Dalam Pramuka?

 Gambar Kegiatan Pramuka
okezone.news

1. Tri Satya

Tri Satya adalah sebuah janji yang di ucapkan oleh para anggota Pramuka. Secara umum trisatya asalnya dari kata tri dan satya. Tri berarti tiga, sementara satya berarti kesetiaan. Jadi makna Tri Satya bisa didefinisikan sebagai 3 janji kesetiaan yang harus dijalankan oleh anggota Pramuka.

Text Tri Satya:

  1. Menjalankan kewajibanku terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia dan menjalankan Pancasila,
  2. Menolong sesama hidup dan ikut serta membangun masyarakat,
  3. Menepati Dasa Darma.

2. Dasa Darma

Secara bahasa Dasa darma terdiri atas 2 kata yaitu dasa dan darma. Dasa berarti sepuluh, sedangkan darma berarti perbuatan yang mulia. Jadi, dasa darma adalah sepuluh tindakan mulia yang harus ditanamkan dan menjadi pedoman oleh masing-masing anggota Pramuka saat bertindak dalam kehidupan sehari-hari.

Text Dasa Darma

  1. Takwa kepada tuhan yang maha esa,
  2. Cinta alam dan kasih sayang sesama manusia,
  3. Patuh dan suka bermusyawarah,
  4. Patriot yang sopan dan kesatria,
  5. Rela menolong dan tabah,
  6. Rajin terampil dan gembira,
  7. Hemat cermat dan bersahaja,
  8. Disiplin berani dan setia,
  9. Bertanggung jawab dan dapat dipercaya,
  10. Suci dalam pikiran, perkataan dan perbuatan.

3. Berbagai Macam Sandi.

Ada banyak sekali sandi-sandi yang saya pelajari di Pramuka ini,yaitu:

  1. Sandi Angka
    Seusai namanya sandi angka digunakan dengan dengan memberikan penomoran terhadap masing-masing alphabet. Huruf A=1 huruf B=2 dan seterus nya sampai Z=26. Contoh “PRAMUKA” = “16 – 18 – 1 – 13 – 21 – 11 – 1”.
  2. Sandi Morse
    Biasanya sandi Morse ini di aplikasikan melalui peluit.
  3. Sandi Semaphore
    Adalah sandi yang pengaplikasian nya melalui sepasang bendera.
  4. Dan masih banyak lagi yang lain nya.

4. Berbagai Macam Simpul Tali

Uniknya di Pramuka kita akan dajarkan berbagai macam simpul tali dengan berbagai fungsinya pula.

Setelah saya mempelajari pelajaran simpul ini, dulu saya dapat membuat satu tandu dengan bahan sepasang stok dan satu tali pramuka, Keren gak tuh.

Ketika Mendengar Kabar Berkemah

 Gambar Perkemahan pramuka
pramukagarudaindonesia.blogspot.com

Pada awalnya saya tidak tahu jika ikut Pramuka, kita juga akan ikut berkemah bareng teman-teman dan pastinya di luar rumah.

Namun, pada saat itu saya baru hanya mendengar kabar saja bahwa nanti kelas 6, kami akan mengikuti perkemahan itu.

Pembina Pramuka saya menyarankan untuk semua anggota Pramuka agar lebih giat lagi mempelajari pelajaran-pelajaran yang di berikan pembina terutama pelajaran sandi-sandi.

Nah Selama kurang lebih satu tahun itu, kami semua ( anggota Pramuka ) lebih giat lagi mempelajari apa-apa yang harus kami pelajari untuk acara perkemahan itu.

Persiapan PERJUSAMI

gambar berbagai atribut pramuka
loop.com

Naah singkat cerita, akhirnya kami naik kelas, dan kami pun siap untuk mengikuti PERJUSAMI.

Oleh pembina kami di suruh untuk menyiapkan segala keperluan penting yang harus kami bawa berkemah,yaitu:

  1. Bekal dan Berbagai Bahan Masak Lainnya
    Pasti nya bekal ini sangat penting, karna agar supaya kami tidak kelaparan saat berkemah. Lalu bahan masakan lainnya juga penting, karna untuk di masak menjadi makanan malam kami saat berkemah.
  2. Alat Masak
    Bagaimana bisa memasak jika alat masak nya tidak di bawa, karna itu alat masak ini juga penting.
  3. Tali Pramuka
    Tali pramuka ini juga penting untuk kami, karna nanti berguna untuk berbagai keperluan seperti mengikat patok tenda, membuat tandu dll.
  4. Atribut Dari Pakaian Pramuka
    Ada berbagai macam atribut yang harus kami siap kan, yaitu : Baret Pramuka, Peluit beserta talinya, kacu, serta ikat pinggang Pramuka.

Akhirnya Berangkat ke Bumi Perkemahan

gambar anggota pramuka
harnas.co

Setelah kami menyiapkan segala keperluan untuk mengikuti perkemahan, akhirnya kami pun berangkat menuju bumi perkemahan atau lokasi perkemahan yang kebetulan jauh dari sekolah dan rumah.

Kami berangkat menggunakan Angkot atau angkutan umum. karna anggota Pramuka kami tidak sedikit ,maka sekolah menyater dua angkutan umum untuk tranportasi kami.

Setelah sampai di lokasi perkemahan yang jarak nya kira-kira 13 KM dari sekolah, kami pun beres-beres barang yang telah kami bawa.

Awalnya saya terkejut seraya berkata, “wahh ternyata seru ya ikut berkemah”. Disana banyak sekali regu-regu dari sekolah lain yang juga mengikuti kegiatan PERJUSAMI

Kami pun rapat bersama pembina untuk menentukan nama regu sekaligus Pimru/ pemimpin regu kami.

Rapat telah usai, panitia memanggil seluruh regu dari tiap sekolah untuk mengikuti apel sekaligus mendengarkan rangkaian acara pada PERJUSAMI waktu itu.

Rangkaian Acara PERJUSAMI

gambar gembira pramuka
cnnindonesia.com

Tentunya panitia memiliki rankaian-rangkaian acara yang akan kami ikuti dengan seksama. Ada beberapa rangkaian acara yang telah di buat oleh panitia, yaitu:

  1. Apel yang sedang berlansung
  2. Lomba semapore
  3. Lomba sandi angka
  4. Lomba mendirikan tenda
  5. Lomba membuat tandu
  6. Lomba azan
  7. Lomba sandi morse
  8. Hiking
  9. Penutupan

Pengalaman Terindah PERJUSAMI

gambar api unggun pramuka

Ada banyak sekali pengalaman terindah yang sampai saat ini tidak akan bisa kami lupakan. Yang paling berkesan saat PERJUSAMI itu adalah dimana pada agenda acara HIKING.

Pada saat Hiking itu, kami di bawa berpetualang layak nya seorang rimba yang mempunyai semangat yang membara. Kami di bawa turun ke parit yang lumayan besar, namun kondisi tempat nya masih tergenang air dan berawa-rawa.

Kami terus jalan melewati parit tersebut hingga sampai di titik ujung kami naik kembali.

Memang kotor, tapi kami bangga karna kotornya kami tak seberapa dibanding pahlawan yang berjuang untuk negri ini.

Bagi saya hiking tak hanya sekedar turun lalu naik dari parit, namun saat Hiking itu juga sejatinya adalah supaya menumbuhkan rasa saling tolong-menolong sesama kita.

Tak mudah untuk turun lalu naik melwati parit itu, kami membutuhkan satu sama lain serta bantuan tali untuk kami bisa turun lalu naik kembali dari parit yang lumayan tinggi itu.

Pengalaman Terburuk PERJUSAMI

gambar kehujanan saat pramuka
beritakotamakassar.fajar.co.id

Ada pengalaman terindah ada pula pengalaman terburuk. Pengalaman yang terburuk yang kami rasakan saat PERJUSAMI adalah dimana pada saat malam kami sedang istirahat dalam tenda, dan pada saat itu tiba-tiba hujan turun dengan sederas-derasnya.

Karna tenda kami terbuat dari bahan kain yang tak mampu menahan hujan sederas itu, kami pun lari berhamburan menyelamatkan barang yang ada di dalam tenda ketempat yang terhindar dari hujan.

Akhirnya pada malam terakhir PERJUSAMI itu kami tidak bisa tidur di tenda melainkan tidur di dalam Aula. Dengan sekian banyaknya-regu regu yang mengikuti PERJUSAMI itu, kami pun tidak dapat beristirahat dengan tenang karna ruangan aula tak dapat menampung orang sebanyak itu.

Sehingga kami terpaksa tidur di dalam aula dengan kondisi yang sangat memprihatin kan.

Itu dia sedikit cerita pengalaman saya saat mengikuti PERJUSAMI, semoga kalian dapat terinspirasi dari apa yang saya tuliskan. Jika ingin tau lebih banyak tentang pengalaman saya silahkan cek di Homepage. Terima kasih, Salam sobat berilmu.

Rijal Seorang Blogger asal Pekanbaru yang sedang menuntut ilmu di Magetan, Jawa Timur.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *