Rijal Seorang Blogger asal Pekanbaru yang sedang menuntut ilmu di Magetan, Jawa Timur.

Ikut Lomba PBB ( Pasukan Baris Berbaris ) di SMA Terfavorit Se-Pekanbaru

baris berbaris

Sebelumnya kalian udah pada tau belum apa itu Pasukan Baris Berbaris (PBB)? Baris berbaris adalah suatu latihan fisik yang berguna menanamkan kedisiplinan, patriotisme, tanggung jawab pada diri kita.

Di artikel kali ini saya akan berbagi cerita serta pengalaman saat mengikuti perlombaan PBB di SMA favorit se-Pekanbaru. Kalian semua pada penasaran kan gimana keseruannya, yuk kita baca sama-sama.

Pertama Kali Masuk Organisasi PBB

baris berbaris
rangersghost.blogspot.com

Pertama kali saya masuk organisasi PBB itu pada kelas 1 SMP. Sebelum masuk PBB, fisik saya sangat lah lemah. Tidak jarang saya pingsan saat menjadi pemimpin dalam upacara senin.

Namun semenjak bergabung dalam PBB, fiksik saya perlahan-lahan menjadi lebih baik. Yang tadinya masih sering pingsan saat menjadi pemimpin, alhamdulillah tidak lagi.

Pada awalnya saya ragu akan fisik yang lemah ini. Namun karena mendapat suport dari teman-teman dan juga salah satu guru sekaligus pelatih PBB, saya menjadi semangat untuk bergabung dalam organisasi itu.

Benar saja, pada hari pertama latihan PBB saya sempat pingsan dan di bawa ke ruang UKS.

Kepala pusing, mata berkunang-kunang, tenaga berkurang, itu lah yang saya rasakan pada saat itu.

Namun hal tersebut tidak melunturkan semangat saya untuk tetap mengikuti organisasi itu.

Sikap yang di Peroleh

logo pasukan baris berbaris
YouTube.com

Ada begitu banyak sikap yang bisa saya dapat saat masuk dalam PBB, mau itu sikap lahir ataupun bathin.

Sikap lahir yang di peroleh :

  • Ketelitian
  • Kesopanan
  • Kewajaran tenaga yang di keluarkan
  • Ketanggapan
  • Keindahan dari
  • Keindahan
  • Kesigapan
  • Keseragaman
  • Kekompakan
  • Kehidmatan
  • Ketertiban
  • Kerapian
  • Kelincahan
  • Ketangkasan
  • Ketegaran

Sikap bathin yang di peroleh :

  • Persatuan
  • Berani berkorban
  • Keterbiasaan
  • Konsentrasi
  • Kesadaran
  • Kekuatan
  • Keberanian
  • Keyakinan
  • Persaudaraan
  • Kebersamaan
  • Kesetiakawanan
  • Keikhlasan
  • Ketaatan
  • Ketenangan

Apa Saja Pelajaran yang di Dapat Dalam PBB?

studying
unsplash.com

Tidak sedikit materi/pengajaran yang di peroleh dari pelatih saya. Semua materi yang ia berikan adalah materi yang sangat berguna, terutama bagi pembentukan kebiasaan dalam diri.

1, Berbagai Macam Gerakan Dalam PBB

Ada banyak sekali gerakan yang menjadi awal dari latihan saya, sebagai berikut:

  1. Siap Gerak
  2. Berhitung Mulai
  3. Hadap Kanan Gerak
  4. Hadap Kiri Gerak
  5. Balik Kanan Gerak
  6. Lencang Kanan Gerak
  7. Lencang Kiri Gerak
  8. Lencang Depan Gerak
  9. Setengah Lencang Kanan Gerak
  10. Setengah Lencang Kiri Gerak
  11. Hadap Serong Kanan Gerak
  12. Hadap Serong Kiri Gerak
  13. Istirahat di Tempat Gerak
  14. Hormat Gerak
  15. Bubar Jalan.
  16. Maju Jalan
  17. Langkah Tegak Maju Jalan
  18. Langkah Perlahan Gerak
  19. Jalan di tempat Gerak
  20. Hormat Kanan Gerak
  21. Haluan Kanan Gerak
  22. Haluan Kiri Gerak
  23. Belok Kanan Jalan
  24. Belok Kiri Jalan
  25. Lintang Kanan Gerak
  26. Lintang Kiri Gerak

2, Melatih Ketahanan Tubuh

Ketahanan tubuh itu penting, karena kebanyakan latihan PBB itu di adakan di tempat yang terbuka, tentunya ketika siang tempat itu akan terasa sangat panas. Serta latihan PBB memerlukan waktu yang tidak sedikit dan harus selalu rutin membentuk ketahanan tubuh.

3, Melatih Keseimbangan Tubuh

Keseimbangan tubuh itu juga penting, karena ada salah satu gerakan yaitu jalan di tempat yang sangat memerlukan keseimbangan. Jika kita tidak memiliki keseimbangan tubuh bagaimana kita akan bisa berdiri dengan lurus dalam barisan.

4, Kekompakan 

Dalam PBB kita memerlukan yang namanya kekompakan, karena jika kita tidak kompak dalam gerakan, semua bisa kacau balau dan sangat tidak enak untuk di lihat.

5. Keindahan Dalam Gerakan

Agar Pasukan Baris Berbaris kita tidak kelihatan membosankan, kita juga harus memoles sedikit warna keindahan di dalamnya gerakannya, supaya penonton tertarik dan kagum melihat PBB yang kita tampilkan.

Salah satu cara agar PBB kita kelihatan wow di mata penonton, bisa dengan cara yang biasa di sebut dengan mematahkan gerakan hadap-hadap kita dalam barisan.

Persiapan Mengikuti Lomba PBB

persiapan baris berbaris
UAJY.COM

1. Latihan Dengan Sungguh-Sungguh

Tentunya jika kita ingin menggapai sesuatu yang di inginkan, kita juga harus berjuang dengan sungguh-sungguh untuk meraih itu. Karena tanpa usaha dan perjuangan semua hanyalah sia-sia belaka.

Kami menekuni latihan dengan sungguh-sungguh kurang lebih selama 2 bulan. Dengan waktu segitu kami insyaallah siap untuk menunjukkan apa yang telah kami ketahui saat latihan.

2. Kostum & Atribut

kostum dan atribut baris berbaris
flyingsolighttothesky.wordpress.com

Perlu diketahui, bahwa kostum dalam baris berbaris itu termasuk hal yang perlu di perhatikan. Karena kostum termasuk salah satu poin yang akan di nilai oleh juri.

Tidak perlu mahal, baru, dan segala macam yang berlebihan. Cukup dengan meperhatikan keseragaman serta enak atau tidak nya kostum itu dalam pandangan juri dan penonton.

Pada saat lomba itu, kostum & atribut yang kami gunakan adalah baju khusus bewarna biru tua, sepasang sarung tangan hitam, dasi biru smp, serta sepatu pdh hitam.

Kami mengunakan sepatu pdh guna mepercantik suara hentakan. Lebih lagi ketika serentak menghentakkan kakinya, semua seperti terfokus pada suara lantang dari hentakan sepatu yang kami gunakan.

3. Yel-Yel

Nah info dari pihak panitia, kami di perintahkan untuk menyiapkan yel-yel sebagai salah satu poin yang di perlombakan, yaitu yel-yel terbaik.

4. Berdoa

Dari segala persiapan, doa adalah hal paling penting yang harus kita lakukan. Karena tanpa kehendak Allah, semua yang kita inginkan mustahil akan tercapai.

Akhirnya Berangkat Lomba

sman 9 pekanbaru
059malpekanbaru.blogspot.com

Setelah kurang lebih 2 bulan kami latihan, kami pun siap untuk berangkat lomba PBB. Kami berlomba di SMA terfavorit Se-Pekanbaru yang bernama SMAN 9.

Saat saya sampai di SMAN tersebut, kelihatan dari depan memang keren, namun setelah masuk ke dalam sekolah, bisa di bilang sangat-sangat lah keren

SMAN 9 Pekanbaru
sekolah.data.kemdikbud.go.id

SMAN 9 tersebut memiliki dua lapangan dalam satu tempat. Dua lapangan itu di batasi oleh dua pohon besar dan rimbun, jadi kalian gak perlu takut kepanasan disana.

Pokok nya keren deh, kalian yang udah tamat SMP/sederajat boleh nih cobain masuk ke SMA terfavorit Se-Pekanbaru ini.

Peserta lomba pada saat itu lumayan banyak, ada yang dari SMK PGRI, SMK 7, SMK 5, SMP 6 dan sekolah-sekolah lainnya.

Kami mendapat kan no urut ke-4, sebagai peserta lomba di acara Niners itu.

Saat melihat peserta lainnya yang duluan tampil, kami berfikir bahwa saingan kami dalam perlombaan itu sangat lah berat.

Karna mendengar info yang pelatih kami sampaikan bahwa Pasukan dari sekolah mereka sudah mencapai belasan angkatan, sedangkan Pasukan sekolah kami hanya baru angkatan ke-2.

Tentunya semakin banyak generasi, semakin bisa menjadi lebih baik lagi dan bisa memperbaiki kesalahan dari angkatan-angkatan sebelumnya.

Saatnya Tampil

lomba baris berbaris

Setelah Pasukan 3 selesai menampilkan baris-berbarisnya, giliran kami pula untuk tampil di hadapan juri dan segenap penonton.

Dengan sedikit gerogi dan takut akan kesalahan yang mungkin akan kami perbuat, kami pun berdiri di lapangan lomba.

Ada satu hal yang paling kami takut kan dari kesalahan yang kami perbuat, yaitu melewati garis batas untuk menampilkan PBB kami.

Karena menginjak atau melewati garis pembatas yang telah di siapkan oleh panitia, adalah pengurangan poin terbesar dari semua kesalahan yang dilakukan oleh tiap peserta.

Aba-aba demi aba-aba kami lakukan dengan penuh konsenterasi, gerakan demi gerakan kami peraktekkan dengan lumayan lancar, walau ada sedikit aba-aba yang kami lakukan dengan kurang serentak, tapi kami tidak terlalu mencemaskan itu.

Benar saja, apa yang kami takutkan ternyata terjadi. Pada saat kami hendak mengerjakan salah satu aba-aba, kami menginjak garis pembatas yang telah di sediakan panitia.

Hakim garis melihat dan mengangkat bendara tanda kami telah menginjak garis pembatas tersebut.

Kami semua merasa kecewa dengan diri sendiri karna telah membuat kecewa pelatih. Tapi pelatih kami justru malah menyemangati kami dan berkata ” Tidak apa-apa kalian sudah hebat “.

Pengumuman Juara

animasi minion
ladangdpbbm.blogspot.com

Setelah semua peserta telah menampilkan PBB nya, saat nya pengumuman sekolah manakah yang menjadi juara pada perlombaan kali ini.

Sangat di kecewakan, kami tidak bisa mendapat tiga besar dalam perlombaan baris berbaris tersebut.

Yang saya ingat, juara satu pada lomba tersebut adalah SMPN 6 Pekanbaru. Kami juga mengakui kehebatan dari sekolah tersebut.

Karena hanya tiga besar yang di umumkan, kami pun penasaran peringkat berapa kami dari sekian banyak sekolah tersebut.

Kami pun menemui panitia untuk melihat rekap nilai dari para juri. Ternyata kami mendapat harapan 2 yaitu ranking 5.

Sekali lagi pelatih kami yang bernama Mr Harya mengatakan kepada kami, “Semangat dong, kalian sudah hebat, tanpa kesalahan, PBB ini tidak akan pernah bisa menjadi lebih baik”.

foto bareng

Setelah melihat hasil dari rekap para juri, kami pun foto bareng, membuat kenangan yang akan kami lihat di suatu hari nanti.

Kami sudah berjuang dengan menunjukkan apa yang kami bisa, namun Tuhan berkata lain. Kami akan mencoba kembali di lain hari, pada perlombaan-perlombaan berikut nya.

Tidak ada perjuangan yang sia-sia, selama kita mau berusaha, kita akan memetik hasilnya di kemudian hari. Miss Passus Smart 🙁

Oke itu dia tadi sedikit cerita beserta pengalaman yang saya rasakan saat mengikuti lomba PBB di sekolah terfavorit Se-Pekanbaru. Jika ada saran, silahkan komen di bawah ya teman-teman. See you again 🙂

Content Terkait : Pertama Kali Nyantri ( Pesantren Sintesa High School )

Rijal Seorang Blogger asal Pekanbaru yang sedang menuntut ilmu di Magetan, Jawa Timur.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *