Rijal Seorang Blogger asal Pekanbaru yang sedang menuntut ilmu di Magetan, Jawa Timur.

Metamorfosis Kecoa

Metamorfosis Kecoa

Pada dasarnya, metamorfosis kecoa adalah sebuah perubahan atau pertumbuhan yang dialami dari kecoa kecil hingga umbuh besar atau dewasa.

Jenis Metamorfosis Kecoa Merupakan metamorfosis tidak sempurna, yaitu dalam siklus hidupnya tidak mengalami tiga tahapan atau step saja yaitu dari tahapan telur, tahapan nimfa hingga fase dewasa.

Namun sebelum kita membahas lebih dalam mengenai metamorfosis kecoa, alangkah baiknya bila kita memahi terlebih dahulu apakah itu metamorfosis?.

Pengertian Metamorfosis

Pengertian metemorfosis
https://mathemathikaku.blogspot.com/

Secara bahasa, Metamorfosis adalah suatu proses pertumbuhan biologi pada hewan yang melibatkan perubahan penampilan fisik dan struktur selepas kelahiran ataupun penetasan. Namun secara istilah, Metamorfosis diibaratkan pertumbuhan dari awal bentuknya yang kecil hingga tumbuh dan berkembang menjadi dewasa.

Terdapat dua jenis metamorfosis pada hewan, yaitu metamorfosis sempurna dan metamorfosis tidak sempurna.

Dikatakan sempurna dikarenakan bentuk larva sangat jauh berbeda dengan bentuk imagonya. tahapan yang dilalui metamorfosis sempurna ada 4 tahap yaitu, telur – larva – pupa / nimfa – imago. Contoh metamorfosis sempurna diantaranya, katak, nyamuk, lalat, kupu-kupu.

Metamorfosis tidak sempurna pada serangga hanya melalui tiga tahapan yaitu, telur – nimfa – imago (hewan dewasa). Hewan yang mengalami metamorfosis tidak sempurnya mempunyai bentuk tubuh sama ketika kecil sampai dewasa.

Yang membedakannya adalah pertumbuhan sebagian tubuh hewan tersebut. Hewan yang mengalami metamorfosis tidak sempurna walang, kepik, whitefly, rayap, kutu daun, jangkrik, capung dll. berikut tahapan metamorfosis pada hewan.

1. Tahap Telur Kecoa

Telur kecoa

Tahapan pertama atau stadium pertama pada metamorfosis kecoa yaitu telur kecoa. Seperti padahalnya makhluk hidup lainnya, telur kecoa didapatkan dari hasil pembuatan sel telur  betina oleh sel sperma kecoa jantan.

Dalam tiga sampai tujuh hari setelah kawin, kecoak betina mampu menghasilkan sel telur yang terlindungi oleh Case/Kapsul dikenal sebagai Ootheca yang berbentuk kotak seperti pembungkus.

Umumnya oothecae berbentuk seperti kacang merah atau dompet dengan ukuran sekitar 8-10mm untuk kecoa jenis oriental yang lebih besar daripada ukuran oothecae kecoa amerika.

Setelah masa kawin kecoa betina dewasa menghasilkan antara 16 hingga 40 telur dalam masa hidupnya. Setiap ootheca mengandung sekitar 15 embrio.

Induk kecoa membawa kantung telur di ujung perutnya selama berjam-jam hingga beberapa hari, sang induk betina tersebut menyimpan telurnya di lokasi yang aman, tersembunyi dan dekat sumber makanan pada lingkungan yang gelap.

Biasanya telur tersebut ditempelkan ke permukaan lokasi bertelur dengan bantuan air liur betina. Fase telur kecoa terjadi selama 24 – 38 hari atau 6 – 7 Minggu tergantunng dengan sepesies kecoa dan kondisi lingkungan pada saat itu, di sinilah awal mula kehidupan kecoak terjadi.

2. Nimfa

Kecoak yang baru menetas muncul dari telur sebagai nimfa atau juga bisa dikatakan sebagai bayi kecoa. Nimfa kecoa Jerman berukuran sekitar kurang dari 3 milimeter ketika baru menetas.

Serangga ini tumbuh dengan berganti kulit beberapa kali hingga mencapai usia dewasa, hal ini merupakan suatu proses yang dikenal sebagai molting.

Setiap ganti kulit, kecoak yang bertubuh lunak dan berwarna putih selanjutnya bertumbuh kembang menjadi ukuran yang lebih besar, dengan warna tubuh lebih gelap dan kulit yang mengeras.

Nimfa kecoa Amerika berwarna abu-abu kecokelatan dan secara bertahap memerah. Kecoak nimfa yang baru saja molting sering salah diidentifikasi sebagai kecoak albino.

Dalam beberapa jam setelah berganti kulit nimfa akan mengamami proses molting lagi dengan berubah warna lebih gelap dengan kulit yang mengeras.

Tingkat kecoa saat tahap nimfa menjadi dewasa sepenuhnya tergantung pada faktor-faktor seperti spesies dan kondisi lingkungan sekitarnya.

Dalam kondisi yang menguntungkan, nimfa kecoa dapat mencapai usia dewasa dalam hitungan sekitar 9 bulan tergantung spesies dan mengalami 8 kali molting.

Rincian perkembangan bervariasi berdasarkan Spesies. Nimfa memiliki penampilan dan perilaku seperti kecoa dewasa, meskipun ukurannya lebih kecil dan tidak memiliki sayap.

Nimfa mengalami serangkaian molting sebelum menjadi dewasa sepenuhnya. Setelah ganti kulit terakhir, nimfa tumbuh berkembang dilengkapi dengan sayap.

3. Kecoa Dewasa

Ketika seekor kecoa berada pada tahap dewasa maka akan berhenti berganti kulit. Pada tahap dewasa ini kecoa akan menumbuhkan sepasang sayap.

Sayap biasanya menjadikan indikasi suatu serangga memasuki tahap dewasa. Seekor kecoa betina dapat menghasilkan sekitar 300 hingga 400 keturunan dalam masa hidupnya.

Total umur seekor kecoa bervariasi, tetapi biasanya berkisar antara 3-4 bulan hingga 2 tahun tergantung jenis spesies dan kondisi lingkungan.

Diketahui bawha kecoak merupakan serangga nokturnal, artinya mereka bersembunyi di siang hari dan aktif di malam hari untuk mencari makanan dan minuman.

Daur hidup berulang ketika seekor induk kecoa bertelur dan kemudian bayi kecoa menetas dari telurnya yang akan menghasilkan kehidupan generasi yang baru.

Jenis-jenis Kecoa

Kecoa Oriental

Kecoa Oriental
wisnuadi.com

Kecoa oriental (blaatta orientalis) adalah spesies besar kecoa, disebut juga waterbug atau kumbang hitam.

Ketika dewasa, kecoa jantan berukuran 18 sampai 29 mm, sedangkan kecoa betina berukuran 20 sampai 27 mm. Tubuh kecoa ini berwarna coklat atau hitam dan mengkilap.

Terdapat beberapa perbedaan antara kecoa jantan dan betina, yaitu kecoa betina tidak memiliki sayap tetapi tubuhnya lebih besar dari jantan.

Sedangkan kecoa jantan memiliki sayap panjang yang menutupi dua pertiga perut dan tubuhnya lebih kecil.

Kedua jenis kelamin pada kecoa ini sama-sama tidak bisa terbang. Wilayah persebarannya dari Semenanjung Krimea, sekitar Laut Hitam, dan Laut Kaspia.

Kecoa oriental berjalan lebih lambat dari spesies kecoa lain.

Mereka menyukai tempat yang gelap dan lembab dan sering ditemukan di sekitar bahan organik yang membusuk, saluran pembuangan, ruang bawah tanah, semak-semak, dan lainnya.

Mereka lebih aktif pada malam hari untuk mencari makanan, saat singa hari tidak terlalu menunjukkan tanda-tanda aktivitas kecoa.

Kecoa Kayu Pennsylvania

Kecoa Kayu Pennsylvania
wisnuadi.com

Kecoa kayu pennsylvania adalah spesies umum kecoa di Amerika Utara bagian timur dan tengah.

Kecoa jantan berwarna coklat gelap dengan garis kuning pada sisi dada bagian depan sayap. Kecoa jantan juga memiliki sayap penuh, sedangkan kecoa betina memiliki bantalan sayap yang tidak berfungsi.

Panjang sayap kecoa jantan menutupi hampir seluruh tubuhnya, sementara sayap betina hanya menutupi sepertiga sampai dua pertiga perut.

Kecoa jantan dapat terbang dengan cepat tetapi tidak memiliki kemampuan untuk melindungi dirinya ketika di udara dalam waktu yang lama.

Spesies kecoa ini muncul di daerah terbuka seperti di hutan dengan sedikit penutup tanah.

Mereka sering terlihat pada batang pohon dan cabang pohon oak dan pohon palem yang lebih rendah setelah lingkungan gelap.

Ketika musim kawin, yaitu pada bulan Mei dan Juni. Kecoa kayu jantan akan bepergian dalam kelompok yang besar dan terbang jauh.

Mereka tertarik pada lampu saat malam hari dan dapat masuk ke dalam ruangan.

Kecoa kayu pennsylvania dapat memakan bahan organik yang sudah busuk. Mereka jarang berkembang biak di dalam ruangan.

Banyak tempat persebaran spesies kecoa ini, salah satunya dari Kanada tenggara, di provinsi Ontario dan Quebec, dari Amerika Serikat bagian timur dan tengah, di Pennsylvaniam, New York, Mississipi, Florida, Texas, dan lainnya.

Kecoa Madagaskar

Kecoa madagaskar
wisnuadi.com

Kecoa madagaskar merupakan jenis kecoa terbesar di dunia, panjangnya bisa mencapai 8 cm. tubuhnya bewarna hitam dan coklat, kecoa ini juga tidak memiliki sayap.

Kecoa madagaskar terkenal dengan hissing cockroach atau kecoa berdesis. Ia dapat mengeluarkan bunyi atau desisan saat tubuhnya ditekan.

Keunikan yang dimiliki kecoa tersebut membuat banyak orang ingin memeiliharanya sebagai hewan kesayangan.

Tak heran jika kecoa madagaskar memiliki nilai harga jual tinggi di masyarakat.

Desis nyaring yang dimiliki kecoa madagaskar juga digunakan untuk melindungi diri, yaitu dengan mengejutkan predator atau pemangsa.

Wilayah persebaran kecoa ini berasal dari Hutan Madagaskar di sebelah timur Afrika.

Disana mereka bertahan hidup dengan memakan daun-daun yang jatuh ke tanah.

Sehingga, secara tidak langsung kotoran yang mereka keluarkan akan memberi dampak pada kesuburan hutan.

Kecoa madagaskar dapat bertahan hidup dalam kondisi suhu atau temperatur apapun, baik itu panas maupun dingin karena temperatur di Hutan Madagaskar yang tidak menentu.

Usia rata-rata kecoa madagaskar adalah 2 sampai 3 tahun. Perbedaan antara kecoa jantan dan betina bisa dilihat dari ukuran tubuhnya.

Kecoa jantan memiliki ukuran yang lebih besar dari betina. Selain itu, kecoa jantan juga memiliki tanduk kecil di dekat kepalanya.

Kecoa Australia

  • Kecoa Australia dewasa mempunyai panjang 27 – 33 mm.
  • Berwarna coklat dengan garis sisi kuning pucat pada sayap bagian depan.

Kecoa Jerman

  • Memiliki 2 garis berwarna gelap yang memanjang pada bagian pronotum atau pelindumg kepala mereka.
  • Kecoa Jerman jantan berwarna coklat kekuninan dengan bentuk badan yang hampir mirip lidah dan lebih panjang dibandingkan betina.
  • Kecowa betina Jerman bewarna coklat lebih gelap dengan ukuran perut yang lebih besar.
  • Kecoa Jerman dewasa mempunyai pnjangn 10-15 mm.

Kecoa Amerika

  • Kecoa Amerika dewasa memiliki panjang 35 – 40mm.
  • Berwarna merah kecoklatan dan mengkilat.
  • Kecoa Amerika jantan mempunyai sayap lebih panjang daripada tubuhnya, sedangkan kecoa betina memiliki sayap yang tumpang tindih dengan bagian perut mereka.

Penutup

Jadi, metamorfosis pada kecoa adalah jenis metamorfosis tidak sempurna ya temen-temen. Seperti yang telah dijelaskan diatas tadi, metamorfosis dbagi menjadi dua yaitu, metamorfosis sempurna dan tidak sempurna.

Mungkin hanya sekian pembahasan mengenai metamorfosis kecoa yang dapat admin sampaikan, semoga bermanfaat yah.

Rijal Seorang Blogger asal Pekanbaru yang sedang menuntut ilmu di Magetan, Jawa Timur.

Macam Macam Tempo

Rijal
2 min read

Jenis Pohon Bidara

Rijal
5 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *