Rijal Seorang Blogger asal Pekanbaru yang sedang menuntut ilmu di Magetan, Jawa Timur.

Jenis Pohon Bidara

Jenis Pohon Bidara

Ada beberapa jenis pohon bidara yang perlu Anda ketahui, sebagian besar untuk penjual bibit pohon bidara ini. Untuk itu para penjual wajib mempelajari segala jenis tanaman yang memiliki 1001 Manfaat tersebut.

Kebanyakan orang menggunakan tanaman bidara ini, untuk melakukan kegiatan ruqiah. Namun tidak sedikit orang yang membuat tanaman bidara ini sebagai obat untuk kesehatannya.

Nah tenang saja, kali ini admin  Langkahilmu.com  akan membahas tentang jenis-jenis dan manfaat dari pohon bidara yang sangat banyak khasiatnya tersebut. Simak lebih lanjut.

Jenis-jenis Pohon Bidara

Dalam pengelompokannya, jenis daun bidara sebagian besar termasuk dari  Rrhamnaceae,  yaitu jenis tumbuhan yang berbunga dan ada juga yang berjenis Convolvulaceae.

Jenis tanaman penyembuh berbeda, juga dalam sisi penamaannya. Seperti contoh jenis tanaman bidara  sidr  yang berasal dari Arab, hingga berasal dari India dan Cina.

Mari simak artikel berikut dengan seksama, agar sobat berilmu dapat memahami tanpa kesalah pahaman.

Artikel Terkait

Jenis Pohon Bidara Upas

ilmubudidaya.com

Jenis pohon bidara yang pertama adalah jenis bidara upas, jenis upas ini termasuk jenis tanaman bidara yang tidak memiliki duri.

Berbeda dengan jenis bidara lainnya yang memiliki banyak duri pada batang pohon bidara tersebut. Menurut  situs web  sebelah asal mula bidara atas ini bermula dari negara Filiphina.

Ciri-ciri tumbuhan ini yaitu daunnya yang berbentuk lebar seperti pangkal hati yang bewarna hijau tua.

Uniknya, jenis tanaman yang satu ini tergolong kategori tanaman yang memiliki umbi, dan umbi yang bisa dimakan diolah menjadi makanan.

Untuk warna dari bunga bidara jenis ini umumnya bewarna putih, namun ada sebagian jenis bewarna agak kecoklat-coklatan.

Pada umumnya, orang-orang memanfaatkan daun bidara ini dengan cara di rebus.

Jenis Pohon Bidara Sidr (Dari Arab)

jenis bidara sidr
bukalapak.com

Jenis bidara yang satu ini biasa disebut bidara arab, nah dari daun bidara dari jenis ini lah yang kerap kali di buru para peruqyah untuk melakukan metode penyembuhan islam.

Daun yang berasal dari negara Arab ini digunakan untuk metode ruqyah, sebab dapat mengusir dan menghilangkan gangguan jin.

Tidak hanya itu, buah bidaranya, juga dapat digunakan untuk berbagai makanan dan minuman yang segar dan lengkap.

Jenis Bidara Apel / Putsa (Dari India)

jenis bidara apel
shopee.co.id

Jenis pohon bidara yang merupakan jenis mana bentuk pohon menempatkan sangat mirip denga bidara, oleh karena itu, sulit untuk membedakan antara keduanya.

Pada umumnya, pohon bidara ini digunakan atau dicangkokkan untuk batang bawah saat ingin menyambungkan bibit apel putsa.

Akan tetapi, teman-teman sekalian tidak perlu khawatir, ada sedikit perbedaan yang menarik dari kedua jenis pohon bidara tersebut, yaitu:

  • Yang pertama, buah apel lebih besar dari pada buah bidara.
  • Yang kedua, daun bidara jenis ini lebih lebar.
  • Yang tiga, pertumbuhan bidara yang satu ini cendrung lebih cepat dari putsa.
  • Yang ke empat, duri puhon bidara ini lebih dominan dari pohon putsa yang lebih tidak berduri.

Jenis Pohon Bidara Laut

Jenis bidara laut
tokopedia.com

Pada umumnya, jenis bidara ini sering sekali berada di daerah sekitaran pantai, dengan postur batangnya yang mini serta tekstur kayunya yang lumayan keras.

Jenis pohon bidara yang satu ini berbentuk bundel bengkok, cabang ranting yang menyebar dan rantingnya memiliki sedikit rambut.

Ciri-ciri dari segi bentuk, daun bidara lebih penting daripada oval, tidak memiliki gigi pada pinggirnya. Diperkirakan, lebardaunnya mencapai 2 cm dan juga panjangnya 29 cm.

Ciri khas lainnya dari pohon bidara jenis ini yaitu bunga yang muncul dari ketiak daunnya. Lalu bunganya yang berbentuk payung menggarpu, berwarna kuning dan harum semerbak.

Untuk ciri-ciri, buah bidara laut berbentuk bulat, bulat tengah 4 cm.

Warna dari buah pohon bidara laut ini adalah kuning agak kemerahan, sedangkan matang atau sudah tua, buahnya akan berwarna kehitaman.

Bagaimana masyarakat mengambil daun bidara ini sebagai obat untuk meredakan penyakit rematik, sariawan, manusia, malaria, penyakit kulit, dengan cara merebus daunnya.

Jenis Pohon Bidara Cina

jenis bidara cina

Jenis bidara yang  disebut ziziphus jujuba  ini merupakan salah satu jenis pohon bidara yang bentuknya rindang dan berbuah seperti apel pada saat masih muda.

Ciri khas dari jenis pohon bidara yang satu ini yaitu, daunnya yang bisa mencapai tinggi hingga 5 hingga 10 meter, naik kayu uyang yang berduri.

Lalu, ciri khas lainnya adalah pada saat tanaman ini sedang berbunga, ia menunjukkan 5 kelopak bunganya yang berwarna hijau kekuninginan.

Perlu Anda ketahui, buah dari jenis bidara yang satu ini, ternyata dapat di komsumsi sebagai makanan yang patut disehatkan.

Untuk bentuk dari buahnya, yaitu lebih cendrung ke-ovalan dengan warna buahnya yang merah kehitaman.

Manfaat Jenis Pohon Bidara

Manfaat daun bidara
indoblognet.com

Sebelum admin menjelaskan tentang khasiat daun bidara, perlu temen-temen yang membahas tentang dau bidara yang terdiri dari panjang dan bulat dengan komposisi kimiawi yang terdiri dari protein dan asam amino, saponin, serat, tanin, terpenoid, alkaloid, flavonoid, glikosida dan juga fenolik.

Tentunya manfaat daun bidara yang bisa kita peroleh, karena daun bidara menunjukkan sifat antioksidan, sitoprotektif, sifat imunostimulan serta aktivitas farmakologis penting lainnya.

Berikut ini adalah  10  Manfaat daun bidara yang sangat penting bagi kita, yang dimaksudkan untuk menerapkan gaya hidup sehat, yaitu:

1. Merawat Rambut

Manfaat daun bidara yang pertama dapat digunakan untuk perawatan rambut.

Cara pemakaian daun bidara untuk perawatan rambut adalah dengan cara membuat air rebusan daun bidara sebagai tonik rambut .

Tidak hanya itu, daun bidara dapat membuat rambut lebih kuat dan mencegah rambut dari kerusakan dan kerontokan.

2. Membantu Menurunkan Berat Badan

Dengan mengonsumsi daun bidara secara rutin juga dapat membantu menurunkan berat badan.

Daun bidara membantu menurunkan berat badan dengan cara memberikan rasa kenyang lebih lama dan juga membantu meningkatkan lemak.

Cara menggunakan adalah dengan meminum air rebusan daun bidara yang direndam semalaman atau dengan konsumsi teh daun bidara.

3. Menghilangkan Bakteri

Daun bidara juga bisa dipakai untuk menyelamatkan tubuh dengan lebih maksimal.

Hal tersebutlah yang membuat daun bidara sering dijadikan bahan utama sabun.

Selain itu, daun bidara juga dapat membantu mengatasi masalah keputihan yang sering dialami wanita.

Manfaat daun bidara untuk membersihkan daerah kewanitaan tidak berbeda jauh dengan Manfaat daun sirih.

Pada dasarnya daun bidara memang dapat dibuat sebagai antiseptik, sehingga tidak heran jika diperlukan untuk membersihkan tubuh dengan air rebusan daun bidara.

4. Mengatasi Jerawat

Bagi temen-temen yang memiliki ganguan dengan jerawat, temen-temen dapat mencoba mendapatkan manfaat daun bidara.

Tidak seperti cara-cara sebelumnya, daun bidara tidak direbus akan dibuat topeng.

Kandungan antibakteri dalam daun bidara dipercaya dapat membantu mengatasi jerawat.

Tidak hanya itu, khasiat daun bidara juga dapat membantu meremajakan kulit dan melindungi kulit dari sinar UV.

Daun bidara juga dapat membantu membersihkan wajah dengan lebih baik dan membersihkan kecantikan kulit.

5. Dapat Mengobati Wasir

Manfaat daun bidara yang dapat diselesaikan adalah wasir. Penyakit yang satu ini memang bukan penyakit mematikan, tetapi tetap saja bisa sangat mencegah dan juga menyiksa penderitanya.

Cara menggunakan daun bidara untuk dapat digunakan dengan meminum air rebusannya secara rutin atau dengan menggunakan daun penawaran langsung pada bagian anus yang membengkak.

6. Meminimalisir Resiko Diabetes

Manfaat daun bidara lainnya yang dapat diperoleh adalah kadar gula darah. Khasiat daun bidara diperoleh Anda meminum air rebusannya secara rutin.

Sementara itu, selain meminum air rebusan daun bidara, penderita diabetes juga diharuskan untuk mengurangi konsumsi gula dan gula untuk menstabilkan gula darah.

7. Bagus Untuk Sistem Pencernaan

Manfaat daun bidara untuk kesehatan pencernaan adalah dapat dikonsumsi secara langsung, dengan cara meminum rebusan daunnya, makan buahnya, atau dengan mengonsumsi teh daun bidara.

Selain itu, daun bidara juga dapat membantu mengeluarkan racun dalam pencernaan sehingga dapat mencegah infeksi pada saluran pencernaan. Berbagai risiko gangguan pencernaan dapat diatasi.

8. Menurunkan Kolesterol

Kolesterol jahat atau LDL pada darah dapat turun, jika Anda mengonsumsi serat yang larut dalam udara. Serat tersebut dapat diperoleh dari air rebusan daun bidara.

Manfaat daun bidara ini bisa mengikat kolesterol dalam sistem pencernaan dan membuangnya melalui feses.

9. Mempercepat Penyembuhan Luka

Manfaat daun bidara berikutnya adalah terpercaya untuk Mengoptimalkan luka.

Daun bidara berhak memiliki sifat antiinflamasi dan antibakteri yang dapat membantu penyembuhan luka seperti luka sayatan, leset, atau goresan.

Tidak hanya itu, daun bidara juga dapat membantu menyimpan glikosida yang dapat membantu menyembuhkan luka bakar serta membantu menghilangkan luka pada kulit.

Manfaat daun bidara untuk memulihkan luka dari kemampuannya untuk mempercepat regenerasi kulit.

10. Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat daun bidara yang cocok bagi kesehatan. Penyakit jantung bermacam jenis dan penyebabnya.

Salah satu yang paling memengaruhi jantung adalah pola makan. Salah satu pola makan yang baik untuk dikonsumsi adalah air rebusan daun bidara.

11. Ampuh Mengusir Sihir

Di Indonesia, khususnya Muslim, daun bidara dikenal sebagai tanaman yang ampuh dan berkhasiat mengusir sihir dan jin.

Hal itu melibatkan karena daun bidara kerap digunakan untuk pengobatan, ruqyah, termasuk pengobatan sihir.

Dilansir dari Banjarmasinpost, Ibnu Katsir menindaklanjuti surat Al Baqarah ayat 102. Tafsiran ayat ini tentang fitnah syetan bagi Nabi Sulaiman yang meminta bantuan untuk digunakan menggunakan 7 helai daun bidara.

Kemudian 7 helai daun bidara itu ditumbuk halus, dicampurkan dengan udara. Lalu air tersebut dibacakan ayat kursi, surat Al-Falaq, An-Nas, Al-Kafirun dan surat lainnya.

Lebih dari yang sudah diakui. Keberadaan luar biasa Manfaat dan khasiat daun bidara sudah diketahui dan digunakan Rasulullah SAW.


Penutup

Pada dasarnya, setiap jenis pohon bidara memiliki khasiat dan manfaat yang sama, hanya saja mungkin berbeda cara penggunaannya.

Nah, mungkin hanya sekian pembahasan tentang jenis pohon bidara yang dapat admin sampaikan, semoga bermanfaat bagi teman-teman yang membaca.

 

Salam Sobat Berilmu 🙂

Rijal Seorang Blogger asal Pekanbaru yang sedang menuntut ilmu di Magetan, Jawa Timur.

Metamorfosis Kecoa

Rijal
5 min read

Macam Macam Tempo

Rijal
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *