Rijal Seorang Blogger asal Pekanbaru yang sedang menuntut ilmu di Magetan, Jawa Timur.

Jenis Jenis Ayam Hias

Halo sobat berilmu, pada pembahasan kali ini admin langkahilmu.com akan memberikan sebuah pembahasan mengenai jenis jenis ayam hias yang biasa kita temui.

Tentunya ayam hias berbeda dari ayam potog yang biasa kita makan. Karena kebanyakan ayam hias memiliki daging yang cenderung lebih sedikit dibandingkan ayam potong.

Oleh karena itu untuk temen temen yang mau memelihara ayam hias, kalian juga harus tau jenis atau macam macam ayam hiasnya terlebih dahulu.

Baca Juga : Jual Ayam Kate Pekanbaru Murah

Asal Usul Ayam Hias Onagadori

Ayam Onagadori sebenarnya belum diketahui asal muasalnya. Akan tetapi masyarakat Jepang percaya bahwa jenis ayam ini merupakan hasil dari perombakan peternakan SHOKOKU pada tahun (1600-1868).

Berdasarkan kisah bahwa pangeran yang menguasai wilayah Yamanouchi yang berada di semenanjung selatan Shikoku, memiliki pelindung kepala dan tombah dari bala tentaranya yang dihiasi dengan bulu ayam yang panjang.

Hal ini untuk acara khusus dalam rangka memperingati Kaisar Teno. Jadi, kemungkinan besar asal mula Ayam Onagadori berasal dari peternakan di Shokoku Jepang.

Jenis Jenis Ayam Hias

1. Ayam Ketawa

Ayam Ketawa

 

Seperti namanya, ayam ini sering mengeluarkan kok kokan yang berbeda dari ayam hias lainnya. Kok kokan nya lebih seperti suara orang ketawa, oleh karena itu ayam ini dinamakan ayam ketawa.

Ayam ini berasal dari Provinsi Sulawesi Selatan tepatnya di Kabupaten Sidrap Sulsel. Sifat serta bentuk tubuh dari ayam ketawa ini hampir serupa dengan ayam kampung biasa.

2. Ayam Kalkun

Ayam Kalkun

 

Ayam kalkun merupakan salah satu jenis ayam hias yang sangat indah dan menawan. Postur tubuhnya berbeda dari ayam pada umumnya.

Bentuk tubuhnya hampir menyerupai burung merak yang memiliki ekor yang cantik dan bermotif.

Ayam ini sangat cocok bagi temen yang suka memelihara ayam hias dirumah, selain cantik perawatannya juga tidak terlalu sulit.

Ayam kalkun ini pun terdiri dari beberapa jenis yakni:

  • kalkun white holand
  • kalkun golden palm
  • kalkun self
  • kalkun bronze
  • kalkun black spanish
  • kalkun royale palm
  • kalkun bourbon red

Bagi temen yang ingin memesan ayam hias bisa klik whatsapp di bawah yaa!!

3. Ayam Kapas

Ayam Kapas

Ayam hias satu ini juga tidak kalah cantik dari ayam hias lainnya. Seperti namanya, ayam ini mempunyai bulu yang lembut seperti kapas.

Kebanyakan, warna bulunya dominan berwarna putih dan di belakang jengger nya ada jambul yang mengarah kebelakang.

Ayam ini biasa disebut dengan panggilan ayam silkie, karena ayam ini berasal dari negeri China

4. Ayam Serama

Ayam Serama

Ayam yang berasal dari Malaysia ini memiliki tubuh yang kecil nan mungil. Ciri ciri ayam serama yang paling menonjol adalah dadanya yang membusung, dan terlihat lebih tegak.

Ayam ini sangat bagus untuk anda yang suka memelihara ayam namun tidak suka yang ukuran besar. Karena ukuran dari ayam serama ini dominan kecil.

5. Ayam Onagadori

Ayam Onagadori

Ayam ini berasal dari negara Jepang. Ciri ciri yang paling dominan dari ayam onagadori ini adalah ekornya yang panjang.

Dalam sebuah kabar berita di Jepang, ekor dari ayam onagadori ini pernah mencapai 15 meter loh. Namun, ekor ayam onagadori yang biasa kita lihat di Indonesia hanya berkisar 1,5 meter sahaja.

6. Ayam Pelung

Ayam Pelung

Ayam ini merupakan jenis ayam hias yang berasal dari Indonesia loh, tepatnya di Cianjur, Jawa Barat.

Ayam ini hampir mirip dengan ayam jago atau ayam hias lainnya. Namun, yang membedakannya hanya kakinya panjang dan kuat, pahanya yang tebal, jenggernya besar, dan suara kokok nya yang merdu.

7. Ayam Cemani

Ayam Cemani

Jenis ayam hias satu ini merupakan salah satu dari jenis jenis ayam hias yang dapat di makan dagingnya.

Namun, tekstur daging dari ayam cemani ini seperti ayamn kampung, yang alot dan keras. Warna dagingnya pun sedikit kehitaman, berbeda dengan ayam pada umumnya.

Namun bagi kalian yang ingin memiliki ayam hias jenis ini, harus siap siap karena merawat ayam cemani ini sedikit lebih sulit dari ayam hias lainnya.

8. Ayam Mutiara

Ayam Mutiara

Bagi temen-temen yang bodan dengan bentuk ayam hias yang gitu gitu aja, ayam mutiara ini solusinya. Karena bentuk postur tubuhnya berbeda dengan ayam hias pada umumnya.

Bentuknya lebih seperti bebek namun coraknya sangat cantik seperti bintik bintik mutiara di lautan.

Ciri ciri ayam mutiara ini yakni:

  1. Mempunyai suara yang bising
  2. Buluu yang indak nan menawan
  3. Dapat menghasilkan banyak terlur
  4. Perilaku yang cerewet.

Bagi temen yang ingin memesan segala macam jenis ayam hias, dapat hubungi whatsapp di bawah.

9. Ayam Batik

Ayam Batik

Ayam batik termasuk ayam yang sangat banyak digemari oleh pecinta ayam hias. Kenapa? Karena bulunya yang tersusun rapi dan cantik membuat siapa saja yang melihatnya terpukau terpesona.

Ciri ciri dari ayam batik ini yakni memiliki motif seperti batik yang tersusun dengan rapi pada bulunya.

Untuk jenis dari ayam batik ini juga banyak, namun yang sering kita jumpai adalah ayam batik Kanada yang mempunyai warna dasar cokelat kemerahan, lalu ayam batik itali yang punya warna dasar putih perak.

10. Ayam Poland

Ayam Poland

Ayam yang memiliki kampung asal Belanda ini mempunyai daya tarik tersendiri pada kepalanya.

Ayam ini pun sering dipanggil dengan sebutan ayam mahkota, dimana karena pada belakang jenggernya terdapat jambul yang lebat menutup kepala.

Namun jangan remehkan jenis jenis ayam hias poland ini, karena harga nya bisa sampai jutaan loh, tergantung umur dan kualitasnya.

Tak heran para pecinta ayam hias membeli ayam ini dengan sangat mahal, dikarenakan motif yang sangat bagus terpancar dari bulunya.


Penutup

Mungkin hanya sekian yang dapat saya sampaikan mengenai jenis jenis ayam hias. Semoga bermanfaat bagi kalian yang membacanya.

Bila ada yang salah datangnya dari diri saya pribadi, dan bila ada yang benar datangnya dari ALLAH SWT. Assalamualikum.

Rijal Seorang Blogger asal Pekanbaru yang sedang menuntut ilmu di Magetan, Jawa Timur.

Puisi Tentang Tanah Air

Rijal
7 min read

Peribahasa Tentang Keledai

Rijal
1 min read

Puisi Tentang Hujan

Rijal
8 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *