Rijal Seorang Blogger asal Pekanbaru yang sedang menuntut ilmu di Magetan, Jawa Timur.

Jenis Ayam Petelur

Jenis Ayam Petelur

Halo shabat berilmu, pada artikel kali ini admin akan memberikan sebuah pembahasan mengenai jenis ayam petelur. Tentunya tidak semua ayam itu termasuk dalam golongan petelur, ada juga yang tidak.

Nah, hal ini perlu kita bahas karena banyak dari peternak kurang memahami tentang jenis ayam petelur tersebut. Simak sampai habis agar mengerti.

Baca Selengkapnya : Jual Ayam Kate Pekanbaru Berkualitas, Harga Terjangkau.

Pengertian Ayam Petelur

Pengertian Ayam Petelur
ayamkita.com

Ayam Petelur adalah ayam betina dewasa yang dipelihara hanya dijadikan sebagai ayam petelur untuk diambil telurnya. Asal mula ayam unggas tersebut berasal dari ayam liar yang berada di hutan, lalu oleh beberapa pakar ayam tersebut diseleksi secara ketat.

Ayam yang telah diseleksi untuk ditujukan sebagai produksi daging disebut sebagai ayam broiler, sedangkan untuk produksi telur dikenal sebagai ayam petelur. Selain itu, seleksi juga diarahkan pada warna kulit telur sehingga bisa dikenal sebagai ayam petelur putih dan ayam petelur coklat.

Jenis Jenis Ayam Petelur yang Berkualitas

Jenis bibit ayam yang bagus dihasilkan oleh jenis ayam itu sendiri serta pemilihan DOC ayam yang berkualitas. DOC ayam yang berkualitas adalah keinginan setiap sentral peternakan. Karena, DOC ayam yang baik tentunya akan menghasilkan ayam dewasa dengan kualitas yang lebih baik pula. Mari Mengenal Jenis Bibit Ayam Petelur yang Bagus dan Berkualitas

Jenis tipe ayam petelur adalah yang membedakan antara jenis ayam petelur lainnya dan terbagi atas beberapa jenis. Perbedaan dari beberapa jenis tersebut adalah kualitas ayam serta banyaknya jumlah produktifitas telur pada setiap jenis ayam. Adapu jenis – jenis ayam petelur di Indonesia yang memiliki kualitas unggul adaklah sebagai berikut :

1. Ayam Ras Petelur Coklat (hibrida)

1. Ayam Ras Petelur Coklat (hibrida)
kanalbisnis.com

Ayam Hibrida terbagi menjadi beberapa jenis tetapi ayam hibrida yang banyak dikenal adalah jenis Golden Comet yang dikenal sebagai ayam negeri atau ayam ras petelur.

Bobot ayam poetelu bisa mencapai sekitar 2 kg, meskipun tidak seberat dengan ayam broiler tetapi daging yang dihasilakan oleh ayam petelur memiliki rasa daging yang lebih enak dibanding dengan daging ayam pedaging broiler.

Oleh karena itu, ayam petelur tersebut juga termasuk dalam jenis ayam pedaging dan disebut dengan tipe ayam dwiguna atau yang bisa menghasilkan telur serta daging.

Jenis ayam hibrida tersebut memiliki sifat mengkonsumsi pakannya yang sedikit, tetapi dengan dayam konsumsi pakan yang sedikit ayam petelur hibrida ini bisa menghasilkan telur dengan jumlah yang banyak. Oleh karena itu, ayam ini terbilang memiliki harga lebih murah dibanding dengan breed lain.

Di wilayah Indonesia sendiri, para peternak banyak memilih ayam petelur hibrida untuk dibudidayakan. Tubuh ayam hibrida memiliki warna emas dan coklat dengan ekornya yang berwarna putih. Ayam petelur hibrida bisa bertelur sebanyak 280 an butir setiap tahunnya dengan warna telur cokelat dan ukurannya yang sedang.

2. Ayam Ancona

Ayam Ancona
hobiternak.com

Ayam ini memiliki ukuran tubuh yang kecil dan ramping. Persebaran ayam ancona tersebut sudah tersebar hingga Amerika Serikat dan Inggris.

Penampilan dari ayam ancona ini lebih mirip dengan plymouth rock, tetapi ayam plymouth rock memiliki ukuran tubuh yang lebih kecil. Ayam ancona memiliki karakter lebih liar dibanding ayam lainnya dan bisa terbang ke luar dari kandangnya.

Ayam Ancona bisa memproduksi telur sekitar 200 butir pertahunnya, Dan warna dari ayam petelur tersebut berwarna putih dengan bentuk telur yang cenderung kecil dan mungil.

3. Ayam Plymouth Rock

Ayam Plymouth Rock
pixabay.com

Jenis ayam ini adalah jenis ayam yang sangat cocok dikembangkan sebagai bisnis ayam petelur bagi peternak pemula.

Mengapa demikian ? Karena ayam plymouth rock adalah ayam yang cenderung lebih mudah untuk diternakan dan dipelihara serta ayam tersebut memiliki daya tahan tubuh yang kebih kuat.

Ayam Plymouth Rock emmiliki badan yang lebih kecil dibanding dengan ayam lainnya. Ayam tersebut memiliki bulu yang didominasi oleh warna abu – abu dengan garis putis diseluruh tubuhnya. Serta ayam plymouth rock dapat memproduksi 200 butir per tahunnya.

4. Ayam Petelur Putih

Ayam Petelur Putih
arenahewan.com

Ayam White Leghorn atau biasa disebut ayam Petelur Putih adalah ayam ras petelur yang mempunyai warna bulu putih bersih dan telur yang dihasilkanpun juga berwarna putih bersih, dan pada jengger ayam ini berwarna merah.

Ayam jenis ini adalah ayam yang dimafaatkan hanya pada telur nya saja dan tidak untuk memproduksi dagingnya. Selain itu ayam petelur putih ini mampu memproduksi telur mencapai 260 butir pertahunnya.

Disamping itu ayam petelur putih juga memiliki kelemahan yaitu sangat sensitif terhadap cuaca panas dan suasana keributan yang membuata ayam ras ini mudah terkejut sehingga dapat berdampak pada jumlah produksi telur yang menurun.


Penutup

Mungkin hanya ini yang dapat saya sampaikan dari pembahasan tentang jenis ayam petelur. Semoga dapat bermanfaat bagi teman teman yang membaca. Terima kasih.

Rijal Seorang Blogger asal Pekanbaru yang sedang menuntut ilmu di Magetan, Jawa Timur.

Puisi Tentang Tanah Air

Rijal
7 min read

Peribahasa Tentang Keledai

Rijal
1 min read

Puisi Tentang Hujan

Rijal
8 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *