Rijal Seorang Blogger asal Pekanbaru yang sedang menuntut ilmu di Magetan, Jawa Timur.

Flora Yang Dilindungi Di Indonesia

Flora Yang Dilindungi Di Indonesia

Flora Yang Dilindungi Di Indonesia-Taukah kalian, Indonesia merupakan surga dari segi Flora dan Faunanya loh. Hal tersebut merupakan sebuah kebanggan tersendiri bagi kita penduduk Indonesia.

Hal tersebut tak terlepas pada apiknya pelestarian dan perawatan berbagai Flora seperti Bunga Rafflesia Arnoldi yang umumnya banyak ditemui di Provinsi Bengkulu.

Pada kesempatan kali ini admin Langkahilmu.com akan membagikan sebuah artikel mengenai, Apa-apa ajasih Flora yang dilindungi di Indonesia. Simak informasi berikut.

Baca Selengkapnya : Jenis Jenis Pohon Bidara Lengkap 

Apasih Flora Itu?

Apasih Flora Itu?
kelaspintar.id

Dikutip dari laman Wikipedia, Flora berasal dari bahasa Latin yang artinya Tumbuhan Alam. Flora di ambil dari kata Flora yaitu nama seorang dewi pelindung bunga dan taman serta dewi kesuburan dalam Mitologi Romawi.

Klasifikasi Flora

Klasifikasi Flora

Pengelompokan tetumbuhan ke dalam flora biasanya didasarkan pada wilayah, perioda, lingkungan tertentu, atau iklim. Wilayah-wilayah yang berbeda secara geografis, misalnya pegunungan dibandingkan dataran, biasa memiliki flora yang berbeda.

Flora juga bisa merujuk ke perioda waktu tertentu; flora fosil, misalnya, memuat jenis-jenis tetumbuhan yang didapati dalam bentuk fosil dari kurun waktu sejarah yang tertentu. Flora yang lain, didefinisikan berdasarkan lingkungan, keadaan atau sifat yang khusus. Misalnya:

  • Flora asli; adalah (daftar) tumbuhan asli, yang hidup di wilayah tertentu.
  • Flora tanaman (pertanian dan hortikultura); mencakup melulu tetumbuhan yang ditanam atau dibudidayakan manusia.
  • Flora gulma; yakni (daftar) jenis-jenis tetumbuhan yang tidak diinginkan tumbuh di lahan pertanian atau tempat lain, yang disusun dan dipelajari dalam kaitannya dengan upaya memberantas atau mengendalikan tumbuhan tersebut. Kini, flora serupa ini bisa dibedakan lebih lanjut atas jenis-jenis tumbuhan pengganggu (gulma); jenis-jenis invasif; serta jenis-jenis asing (eksotik). Satu contohnya adalah jenis-jenis yang dimuat dalam Weeds of Rice in Indonesia.

Flora Yang Dilindungi Di Indonesia

Flora Yang Dilindungi Di Indonesia

Nah jika sudah paham apa itu Flora, mari kita lihat berbagai macam-macam jenis Flora yang di lindungi di Indonesia.

Bunga Raflesia Arnoldi

Bunga Raflesia Arnoldi
langgam.id

Nama lain bunga ini adalah bunga bangkai. Bunga ini banyak di temukan di Provinsi Bengkulu. Hebatnya, bunga ini hanya terdapat di Indonesia loh.

Bunga ini merupakan salah satu jenis tanaman  langka yang hanya tumbuh di kawasan Sumatra bagian selatan, terutama di Provinsi Bengkulu.

Tanaman ini pertama kali ditemukan di Bengkulu pada tahum 1818, oleh seorang letnan dari Inggris, yang pada saat itu tengah menjabat sebagai Gubernur Bengkulu, Thomas Stamford Raffles dan Dr. Arnoldy, seorang ahli botani.

Oleh pemerinta Provinsi Bengkulu, bunga ini ditetapkan sebagai lambang provinsi. Karena Rafflesia Arnoldi merupakan tanaman langka, maka sejak tahun 2000 Pemerintah Provinsi Bengkulu menetapkannya sebagai tanaman yang dilindungi dan harus dilestarikan.

Selain itu, sejak 2001, beberapa kawasan hutan yang menjadi habitat Rafflesia Arnoldi telah ditetapkan sebagai kawasan lindung.

Rafflesia Arnoldi adalah bunga istimewa yang tumbuh di kawasan hutan perbukitan Provinsi Bengkulu.

Keunikan bunga ini adalah selain dari bentuknya yang jauh lebih besar dari ukuran bunga pada umumnya juga karena proses pemunjulannya yang tiba-tiba tanpa memiliki bentuk pohon tertentu. Menurut ahli botani, bunga ini didentifikasi sebagai bunga terbesar di dunia.

Bunga ini banyak tumbuh di hutan Bukit Barisan di Desa Taba Penanjung, Kabupaten Bengkulu Tengah dan juga di sekitar Desa Tebat Monok, Kabupaten Kepahian.

Bagian terbesar dari bunga ini adalah lima kelopak bunga yang mengelilingi bagian dalam, yang tampak seperti mulut gentong.

Pada bagian pangkal yang mirip tas ini terdapat benang sari atau kuncup, tergantung jenis kelaminnya. Rafflesia Arnoldi laki-laki atau perempuan.

Terpisahnya benang sari dan putik ini, membuat pembuahan bunga yang berbau busuk agar sulit.

Dibutuhkan bantuan dari seranga, angin, ataupun air agar Rafflesia Arnoldi dapat berbunga.

Masa pertumbuhan Rafflesia Arnoldi cukup lama, bisa memakan waktu hingga sembilan bulan, dan jika bunganya sedang mekar hanya akan bertahan selama seminggu.

Bunga Anggrek Larat

Bunga Anggrek Larat

Selain Rafflesia Arnoldii, Anggrek Larat juga termasuk dalam daftar bunga langka dan dilindungi.

Seperti namanya, tanaman bernama ilmiah Dendrobium bigibbum ini seringnya ditemukan di Pulau Larat, Maluku.

Di pulau ini, Anggrek Larat tumbuh bebas di pepohonan besar yang ditemukan di hutan dan di celah-celah tebing kapur.

Ciri khusus dari anggrek jenis ini terletak pada bunganya.

Bunga dari Anggrek Larat berwarna ungu pucat dan terkadang ada pula yang berwarna ungu tua.

Batangnya memiliki diameter yang jika semakin ke atas akan semakin mengecil

Bunga Anggrek Hitam

Bunga Anggrek Hitam
suratkabar.id

Anggrek hitam (Coelogyne pandurata) adalah spesies anggrek yang hanya tumbuh di pulau Kalimantan.

Anggrek hitam adalah maskot flora ptovinsi Kalimantan Timur. Saat ini, habitat asli anggrek hitam mengalami penurunan jumlah yang cukup besar karena semakin menyusutnya luas hutan di Kalimantan namun masih bisa ditemukan di cagar alam Kersik Luway adalah jumlah yang sedikit.

Diperkirakan jumlah yang lebih banyak berada di tangan para kolektor anggrek.

Dinamakan anggrek hitam karena anggrek ini memiliki lidah (labellum) berwarna hitam dengan sedikit garis-garis berwarna hijau dan berbulu.

Sepal dan kelopaknya berwarna hijau muda. Bunganya cukup harum dan biasanya mekar pada bulan Maret hingga Juni.

Anggrek hitam termasuk dalam anggrek golongan simpodial dengan bentuk bulb membengkak pada bagian bawah dan daun terjulur di atasnya.

Kantung Semar (Nepenthes)

Kantung Semar (Nepenthes)

Kantung semar mendapatkan makanannya dengan cara mengeluarkan bau yang menarik perhatian serangga.

Kantong semar atau yang disebut dengan pitcher plant dalam bahasa inggris ini merupakan jenis tumbuhan karnivora yang memiliki bentuk tubuh seperti kantong, berwarna terang dan dapat mengeluarkan aroma yang dapat menarik perhatian serangga.

Terdapat lebih dari 100 sepesies kantong semar yang tersebar di berbagai wilayah seperti Australia, Madagaskar, Papua nugini, Asia Tenggara dan Sri Lanka.

Seperti tanaman karnivora lainnya, dia tumbuh di wilayah dengan tanah yang memiliki sedikit kandungan nitrogen.

Dari 5 spesies kantong semar yang ditemukan di Indonesia, salah satunnya yaitu spesies Nepenthes bicalcarata masuk dalam kategori rawan (vulnerable) dan sisanya ada di kategori least concern (LC).

Dan dari keseluruhan 104 spesies kantong semar yang ada dalam daftar merah IUCN, 63 di antaranya masuk dalam katagori rawan (vulnerable) atau terancam punah (endangered), dan 9 di antaranya merupakan spesies hampir punah (critically endangered).

Beberapa faktor penyebab semakin langkanya tumbuhan ini adalah over-collection dan perdagangan hortikultura besar-besaran di samping maraknya deforestasi, kebakaran hutan, dan perubahan iklim.

Bunga Anggrek Tebu

Bunga Anggrek Tebu

Bunga anggrek yang satu ini bisa dikategorikan bunga yang unik dan terbesar di antara jenis bunga anggrek lainnya.

Seperti namanya, bentuk bunga anggrek ini mirip seperti tebu yang memanjang keatas serta tumbuh bergerombol.

Di Indoneisia bunga ini bisa di kategorikan dalam bunga langka dan bahkan hampir saja punah.

Bunga Edelweiss

Bunga Edelweiss
limakaki.com

Penampakan dari Edelweiss Eropa Leontopodium alpinum yang berbeda secara fisik dengan Edelweiss Jawa.

Bunga edelweiss memiliki dua jenis yang umum dikenal, yaitu yang ditemukan di pegunungan Alpen (Leontopodium alpinum) dan yang ditemukan di Indonesia (Anaphalis javanica, Anaphalis viscida dan Anaphalis longifolia) yang sering disebut dengan edelweiss jawa.

Keberadaan kedua jenis edelweiss ini kini semakin terancam. Edelweiss jawa sering diburu oleh para pendaki gunung dan turis yang mengunjungi daerah pegunungan Indonesia.

Bunga ini biasa tumbuh di lereng pegunungan dengan ketinggian 2000 meter dan sangat penting bagi ekosistem pegunungan, untuk itu bunga ini kini dilindungi oleh otoritas setempat.

Sedangkan menurut seorang ahli dari WWF-Austria, keberadaan edelweiss Eropa juga kini semakin terancam punah karena efek pemanasan global yang mengubah habitat alami bunga ini menjadi lebih hangat.

Pohon dan tumbuhan lain yang mampu untuk pindah ke tempat yang lebih tinggi agar tetap berada di suhu dingin, namun tumbuhan yang berada di daerah pegunungan Alpen tidak mampu lagi untuk melakukannya karena sudah hampir mencapai ketinggian maksimal.

Pohon Kayu Cendana

Pohon Kayu Cendana
dekoruma.com

Keberadaan kayu cendan kini terancam karena penebangan liar dan deforestasi yang semakin marak terjadi.

Pohon cendana atau yang biasa dikenal sebagai Sandalwood dalam bahasa inggris ini merupakan spesies hutan dengan tekstur kering yang biasa ditemukan di China, India, Indonesia, Australia, dan Filipina.

Pohon tropis ini dapat tumbuh hingga 20 meter dan memiliki warna batang kayu yang beragam, mulai dari merah, cokelat, hingga abu-abu.

Karena memiliki karakteristik batang pohon yang kuat dan tahan lama, ia sering dimanfaatkan untuk menjadi kayu, baik untuk furnitur maupun pahatan.

Akar pohon ini juga mengandung sandal oil yang sering digunakan untuk bahan pembuatan parfum, dupa, kosmetik, dan obat.

Di India, terjadi penebangan tak terkendali yang berdampak pada penurunan populasi pohon cendana selama beberapa tahun terakhir. Karenanya, India telah melarang praktik ekspor kayu cendana dan menerapkan upaya konservasi pohon ini.

daftar merah IUCN sendiri pohon ini telah masuk dalam kategori vulnerable sehingga pendayagunaannya perlu diawasi pemerintah setempat.

Pohon Damar

Pohon Damar
ilmubudidaya.com

Jenis pulp yang dihasilkan dari kayu damar memiliki tingkat ketahanan dan kualitas yang tinggi

Pohon damar, atau yang dalam bahasa inggris disebut dengan Amboyna pine ini termasuk dalam famili Araucariaceae. Habitat asli pohon damar tersebar di berbagai wilayah, mulai dari Papua Nugini, Indonesia, Filipina dan Malaya.

Dia tumbuh di dataran rendah hingga ketinggian 1.200 dpl dan memiliki batang yang lurus dengan diameter 1,5 meter, sedangkan tingginya bisa tumbuh hingga 65 meter.

Oleh karena itu pohon damat sering kali dijadikan tanaman penghijauan di kota-kota besar seperti Jakarta dan Bogor.

Pohon ini juga punya karakter mudah ditanam. Karena termasuk pohon besar, maka sering kali dimanfaatkan untuk penghijauan, mencegah kerusakan tanah, dan sebagai penyerap air.

Kayu pohon damar biasa digunakan sebagai salah satu bahan untuk menghasilkan pulp atau bubur kertas dengan kualitas baik. Selain untuk industri kertas, kayu damar juga sering kali dimanfaatkan untuk membuat konstruksi rumah.

Karena banyak dimanfaatkan untuk keperluan manusia, ia semakin terancam kepunahan karena jumlahnya kini yang kian sedikit.

IUCN pun menetapkan pohon damar dalam kategori vulnerable (IUCN 2014) karena overexploitation yang ironisnya legal dan berizin.

Tanaman Enau / Aren

Tanaman Enau / Aren
faktaterbaru.com

Jika dilihat sekilas, tumbuhan ini hampir mirip dengan pohon kelapa. Namun sebenarnya berbeda, karena batang Enau lebih banyak ditutup serabut.

Pada umumnya buah dari pohon ini tidaklah sebesar buah kelapa, namun lebihh mendekati ke buah palem yang kecil dan bergerombol.


Penutup

Nah jadi gimana guys, banyak bukan, flora langka yang dilindungi di Indonesia. Oleh karena itu, hal tersebut dapat menjadikan kebanggan tersendri loh bagi kita warga Indonesia.

Mungkin hanya sekian yang dapat admin paparkan, semoga bermanfaat. Bila ada kritik atau saran, silahkan tulis di kolom komentar yang ada di bawah ya.

Rijal Seorang Blogger asal Pekanbaru yang sedang menuntut ilmu di Magetan, Jawa Timur.

Puisi Tentang Tanah Air

Rijal
7 min read

Peribahasa Tentang Keledai

Rijal
1 min read

Puisi Tentang Hujan

Rijal
8 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *