Rijal Seorang Blogger asal Pekanbaru yang sedang menuntut ilmu di Magetan, Jawa Timur.

Contoh Puisi Terzina

contoh puisi terzina

Contoh Puisi Terzina-puisi merupakan sebuah karya sastra tertulis yang dimana isinya ialah tuangan dari perasaan seorang penyair. Serta menggunakan bahasa yang bermakna semantis dan juga mengandung iramarima, dan ritma dalam rangkaian larik dan baitnya.

Namun, ada juga yang menyebutkan puisi sebagai salah satu karya sastra dimana isinya mengandung ungkapan kata-kata bermakna kiasan. Serta penyampaiannya disajikan dengan rima, irama, larik dan bait, dengan gaya bahasa yang dipadukan.

Pengertian Puisi

Beberapa pakar zaman sekarang mendefinisikan puisi sebagai pencerminan imajinasi, curahan hati, dari seorang penyair yang mengajak orang lain untuk masuk ke dunianya.

Walaupun bentuknya singkat dan padat, akan tetapi pada umumnya orang lain kesulitan untuk menjelaskan makna puisi yang disampaikan dari setiap baitnya.

Pengertian Puisi Menurut Para Ahli

Berikut merupakan perngertian puisi menurut para ahli.

1. Samuel Johnson

Puisi adalah seni penyatuan kesenangan dengan kebenaran melalui sentuhan imajinasi yang bernalar.Samuel Johnson

2. Shelly Percy Bysshe

Puisi adalah catatan yang terbaik dan saat-saat paling bahagia dari bahagia dan pikiran terbaik.Percy Bysshe Shelley

3. Umberto Eco

Puisi bukanlah masalah perasaan, melainkan masalah bahasa. Ini adalah bahasa yang menciptakan perasaan.Umbreto Eco

4. James Reevas

Puisi adalah ekspresi bahasa yang kaya dan penuh daya tarik.James Reevas

5. Putu Arya Tirtawirya

Puisi adalah ekspresi implisit dan samar, artinya tersirat, dimana kata katanya cendrung konotatif.Putu Arya Tirtawirya

6. Sumardi

Puisi adalah sebuah karya sastra yang ditulis dengan menggunakan bahasa yang dipersingkat, dipadatkan dan diberi irama serta menggunakan kata-kata kiasan atau imajinatif.

7. Theodore Watts – Dunton

Puisi adalah suatu ekspresi yang konkrit dan memiliki sifat aristik yang berasal dari pemikiran manusia menggunakan bahasa emosional dan berirama.Theodore Watts-Dunton

8. Usman Awang

Puisi bukanlah suatu nyanyian orang putus asa yang mencari ketenangan dan kepuasan dalam puisi yang ditulisnya.Usman Awang

9.Muhammad Hj. Salleh

Puisi ialah sebuah bentuk karya sastra yang kental dengan musik bahasa serta suatu kebijaksanaan oleh si penyair dan tradisinya. Karena semua kekentalan itu, sesudah puisi tersebut dibaca akan menjadikan kita lebih bijaksana.Muhammad Haji Salleh

10. Herbert Spencer

Puisi adalah suatu bentuk pengucapan gagasan yang sifatnya emosional dengan mempertimbangkan suatu keindahan.Herbert Spencer

Sejarah Puisi

Sejarah Puisi

Puisi muncul di antara catatan-catatan paling awal kebudayaan paling melek huruf. Dengan puitis fragmen-fragmen yang ditemukan pada awal monolit, runestones, dan stelae.

Banyak karya kuno dari Veda India (1700-1200 SM) dan Zoroaster’s Gathas (1.200-900 SM) ke Odyssey (800-675 SM), yang telah dirangkum dalam puisi yang bertujuan untuk membantu menghafal dalam ilmu prasejarah dan masyarakat kuno.

Puisi yang paling tua adalah Epos Gilgames dari generasi milenium ke3 SM di Sumeria (Mesopotimia, sekarang Irak), yang ditulis dalam naskah tulisan kuno berbentuk baji pada teblet tanah liat dan kemudian papirus.

Ada berbagai puisi epic kuno lainnya antara lain Yunani epos illiad, Odyssey, Old Iran buku-buku yang Gathic dan Yasna Avesta, Epic nasional Romawi, Virgil Aeneid, India epos Ramayana serta Mahabarata.

Jenis-Jenis Puisi Berdasarkan Contohnya

Jenis Jenis Puisi

Puisi memiliki beberapa macam jenis. Secara umum, puisi di bedakan menjadi dua, yaitu puisi lama dan puisi baru(modern).

Perbedaan dari puisi lama dan puisi baru didasarkan pada keterkaitan terhadap aturan-aturan seperti rima, sajak, bait dan suku katanya.

Puisi Baru / Modern

Puisi modern merupakan salah satu jenis karya sastra puisi yang lebih bebas dibandingkan puisi lama. Karena tidak trikat pada aturan-aturan seperti sajak, rima, bait, dan sebagainya. Berikut dibawah ini macam-macam jenis puisi baru.

1. Bernyayi Rohani

Bernyanyi Rohani adalah jenis puisi modern yang merupakan lagu atau puisi yang mengandung kesedihan dan ekspresi, terutama dalam hal kesedihan, kehilangan ataupun kematian.

2. Satire

Satire adalah jenis puisi baru yang berisi sindiran atau keritik pada kelompok atau seseorang. Satire biasanya menggunakan aya bahasa dalam bentu ironi, sarkasme, atau parodi.

3. Ode

Ode adalah salah satu dari berbagai puisi modern yang liriknya berisikan tentang sanjungan terhadap orang yang berjasa dengan nada-nada yang agung dan tema yang formal.

4. Epigram

Epigram adalah jenis puisi modern yang isinya bercerita tentang tuntunan atau ajaran hidup. Banyak pelajaran hidup yang bisa dipetik dari isi kandungan epigram ini.

5. Balada

Balada adalah jenis puisi modern yang mengisahkan sebuah cerita atau riwayat tertentu yang sedih dan mengharukan. Terkadang balada dinyanyikan atau ditampilkan dalam bentuk dialog.

6. Elegi

Hampir sama seperti bernyanyi rohani, Elegi merupakan jenis puisi modern yang merupakan lagu atau puisi yang mengandung kesedihan dan ekspresi, terutama dalam hal kesedihan, kehilangan ataupun kematian.

7. Romansa

Romansa adalah jenis puisi modern yang bercerita tentang isi dan luapan perasaan cinta kasih seseorang. Pada intinya, puisi romansa atau romance berisi tentang cerita cinta dan romantisme.

8. Terzina

Terzina merupakan jenis puisi baru yang pada masing-masing baitnya terdiri dari 3 baris atau disebut juga dengan istilah puisi tiga seuntai.

9. Soneta

Soneta merupakan jenis puisi baru yang terdiri dari 14 baris yang dibagi menjadi 2, diamna 2 bait pertama masing-masing 4 baris dan 2 bait masing-masing 3 baris.

10. Kuint

Merupakan jenis puisi baru yang masing-masing baitnya terdiri dari 5 baris atau disebut juga dengan istilah puisi lima seuntai.

11. Septima

Septima merupakan jenis puisi baru dimana masing-masing baitnya terdiri dari 7 baris atau biasa disebut dengan istilah puisi tujuh seuntai.

12. Sekstet

Sekstet merupakan janis puisi baru dimana masing-masing baitnya terdiri dari 6 baris atau biasa disebut dengan istilah puisi enam seuntai.

13. Stanza/Oktaf

Oktaf atau stanza merupakan jenis puisi baru dimana masing-masing baitnya terdiri dari 8 baris atau biasa disebut dengan istilah puisi delapan seuntai.

14. Dystonia

Atau distikon meripakan salahsatu jenis puisi baru yang memuat sajak dari dua baris kalimat dimana tiap baitnya beritma a-a.

15. Kuatren

Kuatren merupakan jenis puisi baru yang masing-masing baitnya terdiri dari 4 baris atau disebut juga dengan istilah puisi empat seuntai.

Nah itu dia tadi bebrapa jenis contoh puisi pendek baru atau modern. Selanjutnya berikut adalah jenis-jenis puisi pendek jenis lama,

Puisi Lama

Puisi lama merupakan salhsatu jenis karya satra puisi yang masih terjaga dalam aturan-aturan seprti rima, jumlah baris, sajak dan lain sebagainya. Berikut adalah macam-macam jenis puisi lama.

1. Seloka

Seloka adalah jenis puisi lama berupa pantun yang saling berkaitan. Karya sastra ini berasal dari Melayu. Umumnya ditulis sebanyak 2 baris 4 baris bahkan sampai 6 baris.

2. Talibun

Talibun merupakan janis pantun genap yang umumnya  terdiri dari 6 baris, 8 baris atau bahkan 10 baris sekalipun. Asalkan jumlah pada barisnya lebih dari 4 baris seperti pantun pada umumnya.

3. Syair

Syair merupakan salah satu dari jenis-jenis puisi lama yang terdiri dari 4 baris disertai sajak a-a-a-a. Syair termasuk kategori puisi bebas yang masih sering ditulis sampai saat ini, sebagai wujud ekspresi sang penyair.

4. Gurindam

Gurindam adalah puisi lama dimana setiap baitnya terdiri dari 2 baris dengan sajak a-a-a-a yang sama. Umumnya isi pada gurindam ini adalah sebuah cerita.

5. Mantra

Mantra adalah salhsatu jenis puisi lama yang ciri khasnya terdiri dari ucapan-ucapan yang dianggap memiliki kekuatan gaib. Mantra dipercaya memiliki kekuatan magis untuk keprluan ritual atau pengobatan.

6. Karmina

Karmina merupakan jenis puisi lama yang hampir sama seperti pantun, hanya saja karmina lebih pendek. Karmina terdiri dari 2 baris saja, baris pertama adalah sampiran, lalu baris kedua adalah isi pantun.

7. Pantun

Pantun adalah jenis puisi lama yang masih populer sampai saat ini. Ciri-cir pantun adalah bersajak a-b-a-b dan terdiri dari 4 baris. 2 awal adalah sampiran dan dua baris akhir adalah isi pantun.

Beberapa jenis puisi seprti puisi nasehat, puzzle, anak-anak, puisi agama, humor dan lain sebagainya.

Baca Juga

Contoh Puisi Terzina

contoh puisi terzina

Berikut ini merupakan beberapa contoh puisi Terzina, semoga bermanfaat.

1. Contoh Puisi Terzina (Guru)

Guru
Oleh: (Dinda Fitri R)

Sungguh besar jasamu
Kau yang tak kenal lelah
Dalam memberi kami ilmu

Dengan sabar kau tuntun kami
Menuju jalan yang penuh cahaya
Cahaya kesuksesan dimasa depan

Sungguh jasamu tak pernah mati
Semua akan selalu kami ingat
Hingga kami dewasa nanti

Terimakasih ku ucapkan
Atas semua ilmu yang kau berikan
Engkaulah pahlawan tanpa tanda jasa

***

2. Contoh Puisi Terzina (Hanya)

Hanya

Hanya suara burung yang kaudengar
dan tak pernah kau lihat burung itu
Tapi tahu burung itu ada di sana

Hanya desir yangin yang kaurasa
dan tak pernah kaulihat angin itu
Tapi percaya angin itu di sekitarmu

Hanya doaku yang bergetar malam ini
dan tak pernah kaulihat siapa aku
Tapi yakin aku ada dalam dirimu

***

3. Contoh Puisi Terzina  (Cintaku)

Cintaku Jauh di Pulau

Cintaku jauh di pulau,
gadis manis, sekarang iseng sendiri

Perahu melancar, bulan memancar,
di leher kukalungkan ole-ole buat si pacar.
angin membantu, laut terang, tapi terasa
aku tidak ‘kan sampai padanya.

Di air yang tenang, di angin mendayu,
di perasaan penghabisan segala melaju
Ajal bertakhta, sambil berkata:
“Tujukan perahu ke pangkuanku saja,”

Amboi! Jalan sudah bertahun ku tempuh!
Perahu yang bersama ‘kan merapuh!
Mengapa Ajal memanggil dulu
Sebelum sempat berpeluk dengan cintaku?!

Manisku jauh di pulau,
kalau ‘ku mati, dia mati iseng sendiri.

***

4. Pokok Kayu

Pokok Kayu

“Suara angin di rumpun bambu
dan suara kapak di pokok kayu,
Adakah bedanya, Saudaraku?”

“Jangan mengganggu,” hardik seekor tempua
yang sedang mengerami telur-telurnya
di kusut rambut Nuh yang sangat purba

***

5. Dingin

Dingin

Sunyi, hanya suara rintik hujan
Kulihat malam semkin kelamHmm cuacamu semkin aduhai
Buatku nyaman dalam pembaringan
Menatap lampu kamarku
Melihat sekelilingku, aku sendiri
Udara semakin dingin kurasa
Kutarik selimut
Kuambil bantal
Setia temani tidurku
Dingin, semakin dingin
Lelapkanlah aku dalam tidurku

***

5. Dongeng Kucing

Dongeng Kucing

Lengking klakson dan rem mobil itu
meninggalkan jejak asap knalpot, debu,
dan seekor kucing yang sekarat.

Di dalam rumah, tangis seorang gadis kecil,
lalu suara menghibur seorang ibu
menyelundupkan ajal ke negeri dongeng.

Jalan memang dibangun untuk mobil,
manusia, dan juga–tentu saja–kucing;
tak boleh kita mencurigai campur-tangan-Mu, bukan?

***

6. Air Mata Ibu

Air Mata Ibu
(Karya Monika Sebentina)

Dalam senyum kau sembunyikan letihmu
Derita siang dan malam menimpamu
Tak sedetik pun menghentikan langkahmu
Untuk bisa memberi harapan baru bagiku

Bukan setumpuk emas yang kau harapkan dalam kesuksesanku
Bukan gulungan uang yang kau minta dalam keberhasilanku
Bukan juga uang yang kau minta dalam kemenanganku
Tapi keinginan hatimu membahagiakan aku

Dan yang selalu kau berkata padaku
Aku menyayangimu sekarang dan waktu aku tak lagi bersamamu
Aku menyayangimu anakku dengan ketulusan hatiku

***

7. Keagungan Cinta

Keagungan Cinta

Adalah ketika kamu memikirkan air mata
Dan masih peduli terhadapnya
Adalah ketika dia tidak mempedulikanmu
Dan kamu masih menunggu dengan setia

Adalah ketika dia mulai mencintai orang lain
Dan kamu masih bisa tersenyum sembari berkata
‘Aku turut berbahagia untukmu’

Apabila cinta tidak berhasil…bebaskan dirimu…
Biarkan hatimu kembali melebarkan sayapnya dan terbang ke alam bebas lagi…
Ingatlah…bahwa kamu mungkin menemukan cinta dan kehilangannya…
Tapi…ketika cinta itu mati…kamu tidak perlu mati bersamanya…

Orang terkuat bukan mereka yang selalu menang…
Melainkan mereka yang tetap tegar ketika mereka jatuh

***

8. Angan-Angan Ku

Angan-Angan Ku

Aku punya impian di masa depan
Kelak ingin menjadi orang besar
Mengharumkan nama orang tua
Mengukir prestasi bangsa dan agama

Mulai detik ini…
Harapan ku bersama teman-temanku
Menggapai bersama cita-cita
Menorehkan tulisan pada buku sejarah
Membaca, menulis dan prestasi
Demi suatu hari yang dinantikan
Mewujudkan mimpi-mimpi bersama

***


Penutup

Nah, mungkin hanya sekian rangkuman penjelasan mengenai contoh puisi Terzina, kami rangkum dari berbagai sumber.

Semoga dapat bermanfaat bagi kalian yang membaca. Jika memiliki kritik atau saran bahkan pertanyaan, silahkan ketik pada kolom yang ada di bawah ya.

Rijal Seorang Blogger asal Pekanbaru yang sedang menuntut ilmu di Magetan, Jawa Timur.

Chord Gitar Lagu Galau

Rijal
3 min read

Jenis Jenis Pakan Ayam

Rijal
4 min read

Cara Merawat Ayam Kate

Rijal
1 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *