Rijal Seorang Blogger asal Pekanbaru yang sedang menuntut ilmu di Magetan, Jawa Timur.

13+Contoh Puisi Pendek, Indah, Penuh Makna [Terlengkap]

Puisi Pendek-Apa yang Anda pikirkan ketika Anda mendengar kata “puisi”? Tentu saja Anda akan segera memikirkan sebuah teks yang sedang dibaca seseorang, dengan apresiasi mendalam terhadapnya. Namun tidak hanya sampai pada titik itu, puisi ini juga merupakan salah satu cara mengekspresikan hati tergantung pada suasana hati pada saat itu.

Di artikel ini, saya akan memberikan beberapa contoh puisi pendek yang pas nih buat ungkapan isi hati kalian. Mulai dari puisi sedih, galau, bahagia, dan ungkapan perasaan lainnya. Mari kita baca dengan seksama contoh-contoh puisi berikut.

Pengertian Puisi

Pengertian Puisi

Puisi merupakan suatu hasil karya seni tulisan yang dibuat oleh seseorang yang disebut sastrawan. Karya sastra memiliki banyak jenis salah satunya puisi.

Puisi ini adalah salah satu jenis karya sastra yang berasal dari ungkapan atau curahan hati seorang penulis (sastrawan).

Puisi juga merupakan bentuk seni karya sastra yang sudah sangat popular sejak zaman dahulu. Bahkan puisi bisa dikatakan sebagai karya sastra yang tertua dalam peradaban manusia.

Di Indonesia sendiri sudah banyak tokoh puisi yang terkenal seperti Asrul sani, Chairil Anwar, dan lain-lain. Nah untuk menulis puisi yang berkualitas anda harus paham dulu mengenai pengertian, ciri-ciri dan unsur puisi.

Menurut Para Ahli

Menurut Para Ahli

1. James Reevas

Puisi adalah ekspresi bahasa yang kaya dan penuh daya tarik.

2. Panuti Binatang

Panuti Beast berpendapat bahwa puisi adalah jenis karya sastra yang bahasanya terikat oleh ritme, tata bahasa, dan sajak dalam pengaturan setiap baris bait suci. [/ su_quote]

Secara umum puisi merupakan suatu bentuk karangan sastra yang bahasanya terikat oleh rima, ritme, dan jumlah baris dan dibuat berdasarkan imajinasi dari penyairnya.

3. Herman J.Waluyo

Puisi yaitu suatu karya sastra yang mengungkapkan pikiran dan perasaan si penyair dengan cara imajinatif dan disusun dengan mengonsentrasikan semua kekuatan bahasa dalam pengonsentrasian sebuah struktur fisik dan struktur batinnya.

4. Putu Arya Tirtawirya

Puisi adalah ekspresi implisit dan samar, artinya tersirat, di mana kata-katanya cenderung konotatif. [/ su_quote]

5. Sumardi

Puisi adalah sebuah karya sastra yang ditulis dengan menggunakan bahasa yang dipersingkat, dipadatkan, dan diberi irama serta menggunakan kata-kata kiasan atau imajinatif.

6. Theodore Watts - Dunton

Puisi adalah suatu ekspresi yang konkrit dan memiliki sifat artistik yang berasal dari pemikiran manusia menggunakan bahasa emosional dan berirama.

7. Usman Awang

Puisi bukanlah suatu nyanyian orang putus asa yang mencari ketenangan dan kepuasan dalam puisi yang ditulisnya.

8. Herbert Spencer

Puisi adalah suatu bentuk pengucapan gagasan yang sifatnya emosional dengan mempertimbangkan suatu keindahan.

9. Muhammad Hj. Salleh

Puisi ialah sebuah bentuk karya sastra yang kental dengan musik bahasa serta suatu kebijaksanaan oleh si penyair dan tradisinya. Karena semua kekentalan itu, sesudah puisi tersebut dibaca akan menjadikan kita lebih bijaksana.

10. Berdandan

Puisi bukanlah susunan kata-kata yang membentuk baris dan bait, melainkan sesuatu yang terkandung di dalam kata, baris dan bait tersebut. Tegasnya, puisi adalah keindahan dan suasana tertentu yang terkandung di dalam kata-kata pada puisi tersebut.

11. Samad Said

Puisi sebenarnya adalah pernyataan perasaan dan pandangan seorang penyair yang melihat peristiwa alami dengan ketajaman perasaannya. [/ su_quote]

12. Auden

Puisi adalah pernyataan perasaan yang bercampur-campur

13. Kontrol

Puisi adalah seperti sedang memainkan sebuah alat dengan ekspresi yang luar biasa diatas panggung.

14. Lescelles Abercrombie

Puisi adalah ekspresi dari pengalaman imajinatif, yang hanya bernilai serta berlaku dalam ucapan atau pernyataan yang bersifat kemasyarakatan yang diutarakan dengan bahasa yang mempergunakan setiap rencana yang matang serta bermanfaat.

15. Rahmat Joko Pradopo

Puisi adalah ekspresi pemikiran yang membangkitkan perasaan. Ia mampu membangkitkan imajinasi  panca indra dalam suasana yang berirama.

16. Selamet Mulyana

Puisi adalah kata berjiwa, yaitu kata-kata yang telah dipergunakan oleh penyair, yang artinya tidak sama dengan kamus.

17. Charles Baudelaire

Puisi adalah karya sastra yang merupakan ekspresi konkret dan bersifat artistik yang berasal dari kehidupan manusia.

18. Andrew Bradley

Puisi adalah serangkaian pengalaman tentang suara, gambar, pikiran, dan emosi – yang kita alami saat kita membacanya dengan cara terbaik. [/ su_quote]

19. Ralph Waldo Emerson

Puisi adalah ekspresi dari pengalaman imajinatif, yang hanya bernilai serta berlaku dalam ucapan atau pernyataan yang bersifat kemasyarakatan yang diutarakan dengan bahasa yang mempergunakan setiap rencana yang matang serta bermanfaat.

20. Shahnon Ahmad

Puisi adalah catatan dan interpretasi pengalaman manusia yang penting dan disusun dalam bentuk yang paling efektif. [/ su_quote]

21. Herbert Spencer

Puisi merupakan bentuk  pengucapan gagasan yang bersifat emosional dengan mempertimbangkan efek keindahan.

22. Emily Dickinson

Puisi adalah jika saya membaca sebuah buku dan buku itu membuat saya sedemikian menggigil sehingga tiada api yang mampu menghangatkannya saya segera mengetahui bahwa yang saya baca  adalah puisi. Ketika saya merasa secara pisik bahwa ubun-ubun saya dicomot, saya tahu itulah puisi.

23. WH Auden

Puisi adalah ekspresi yang bening dari perasaan yang berbaur.

24. Percy Bysshe Shelley

Puisi adalah pengabdian saat-saat yang terbaik dan terbahagia dari sanubari nan bahagia dan indah.

25. Wallace Stevens

Puisi adalah kenikmatan dalam kata dengan sarana kata-kata.

26. Tjahjono

Puisi adalah pembentuk, pembangun atau pembuat, karena memang pada dasarnya dengan menciptakan sebuah puisi maka seorang penyair telah membangun, membuat atau membentuk sebuah dunia baru, secara lahir maupun batin.

27. Djososuroto

Puisi adalah tentang menemukan dan menggambar “ide”. Dengan demikian tujuan dari isinya bukan untuk melukis kebenaran, tetapi untuk menyembah kebenaran dan memberi jiwa gambaran yang lebih indah. Elemen keindahan dalam puisi tunggal adalah rasa. [/ Su_quote]

28. Mark Doty

Puisi adalah penyelidikan, bukan ekspresi dari apa yang anda ketahui.

29. Samuel Johnson

Puisi adalah seni penyatuan kesenangan dengan kebenaran melalui sentuhan imajinasi yang bernalar.

 30. Shelly Percy Bysshe

Puisi adalah catatan yang terbaik dan saat-saat paling bahagia dari bahagia dan pikiran terbaik.

31. Umberto Eco

Puisi bukanlah masalah perasaan, ini adalah masalah bahasa. Ini adalah bahasa yang menciptakan perasaan.

Jenis-Jenis Puisi Berdasarkan Contohnya

jenis jenis puisi

Puisi memiliki beberapa macam jenis. Secara umum, puisi di bedakan menjadi dua, yaitu puisi lama dan puisi baru (modern).

Perbedaan dari puisi lama dan puisi baru didasarkan pada keterkaitan terhadap aturan-aturan seperti rima, sajak, bait dan suku katanya.

Puisi Baru/ Modern

Puisi modern merupakan salah satu jenis karya sastra puisi yang lebih bebas dibandingkan puisi lama, karena tidak terikat pada aturan-aturan seperti sajak, jumlah baris, rima, jumlah kata dan sebagainya. Berikut dibawah ini macam-macam jenis puisi baru.

1. Bernyanyi Rohani

Elegi adalah jenis puisi modern yang merupakan lagu atau puisi yang mengandung kesedihan dan ekspresi, terutama dalam hal kesedihan, kehilangan atau kematian.

2. Satire

Satire adalah jenis puisi baru yang berisi sindiran atau kritik pada kelompok atau seseorang. Satire biasanya menggunakan aya bahasa dalam bentuk ironi, sarkasme, atau parodi.

3. Ode

Ode adalah salah satu macam-macam puisi modern yang liriknya berisikan tentang sanjungan terhadap orang yang berjasa dengan nada-nada yang agung dan tema yang formal.

4. Epigram

Epigram adalah jenis puisi modern yang isinya bercerita tentang tuntunan atau ajaran hidup. Banyak pelajaran hidup yang bisa dipetik dari isi kandungan epigram ini.

5. Balada

Balada adalah jenis puisi modern yang mengkisahkan sebuah cerita atau riwayat tertentu yang sedih dan mengharukan. Terkadang balada dinyanyikan atau ditampilkan dalam bentuk dialog.

6. Elegi

Elegi adalah jenis puisi modern yang merupakan puisi atau lagu yang berisi duka dan ekspresi, terutama dalam hal kesedihan, kematian atau kehilangan.

7. Romansa

Romansa adalah jenis puisi modern yang bercerita tentang isi dan luapan perasaan cinta kasih seseorang. Intinya puisi romansa atau romance berisi cerita cinta dan romantisme.

8. perzinahan

Terzina merupakan jenis puisi baru yang masing-masing baitnya terdiri dari 3 baris atau disebut juga dengan istilah puisi tiga seuntai.

9. Soneta

Soneta merupakan jenis puisi baru yang terdiri dari 14 baris yang dibagi menjadi 2, dimana 2 bait pertama masing-masing 4 baris dan 2 bait masing-masing tiga baris.

10. Dari

Kuint merupakan jenis puisi baru yang masing-masing baitnya terdiri dari 5 baris atau disebut juga dengan istilah puisi lima seuntai.

11. Septima

Septima merupakan jenis puisi pendek baru yang masing-masing baitnya terdiri dari 7 baris atau disebut juga dengan istilah puisi tujuh seuntai.

12. Keenam

Sekstet merupakan jenis puisi baru yang masing-masing baitnya terdiri dari 6 baris atau disebut juga dengan istilah puisi enam seuntai.

13. Stanza/Oktaf

Oktaf atau stanza merupakan jenis puisi baru yang masing-masing baitnya terdiri dari 8 baris atau disebut juga dengan istilah puisi delapan seuntai.

14. Dystonia

Distikon merupakan salah satu jenis puisi baru yang memuat sajak dari dua baris kalimat, dimana tiap baitnya berima a-a.

15. Kuatren

Kuatren merupakan jenis puisi baru yang masing-masing baitnya terdiri dari 4 baris atau disebut juga dengan istilah puisi empat seuntai.

Nah itu dia tadi beberapa jenis contoh puisi pendek baru atau modern, selanjutnya berikut adalah jenis-jenis puisi pendek jenis lama.

Puisi Lama

Puisi lama merupakan salah satu jenis karya sastra puisi yang masih berada dalam aturan-aturan seperti rima, jumlah baris, jumlah kata, sajak dan lainnya. Berikut adalah macam-macam jenis puisi lama.

1. Jelajahi

Seloka adalah jenis puisi lama berupa pantun yang saling berkaitan. Karya sastra ini berasal dari Melayu, umumnya ditulis sebanyak 2 baris, 4 baris atau bahkan sampai 6 baris.

2. Talibun

Talibun merupakan jenis pantun genap yang umumnya terdiri dari 6 baris, 8 baris atau bahkan 10 baris sekalipun. Asalkan jumlah barisnya lebih dari 4 baris seperti pantun pada umumnya.

3. Syair

Syair adalah salah satu jenis-jenis puisi lama yang terdiri dari 4 baris dengan sajak a-a-a-a. Syair termasuk kategori puisi bebas yang masih sering ditulis sampai saat ini, sebagai wujud ekspresi penyair.

4. Gurindam

Gurindam adalah puisi lama di mana setiap ayat terdiri dari 2 baris dengan sajak aaaa yang sama. Umumnya isi gurindam berisi cerita atau cerita.

5. Mantra

Mantra adalah salah satu jenis puisi lama yang ciri khasnya terdiri dari ucapan-ucapan yang dianggap memiliki kekuatan gaib. Mantra dipercaya memiliki kekuatan magis untuk keperluan ritual atau pengobatan.

6. Karmina

Karmina merupakan jenis puisi pendek lama yang hampir sama seperti pantun, tapi lebih pendek. Karmina terdiri dari 2 baris saja, baris pertama adalah sampiran, baris kedua adalah isinya.

7. Pantun

Pantun adalah jenis puisi lama yang masih populer sampai saat ini. Ciri-ciri pantun adalah bersajak a-b-a-b, terdiri dari 4 baris, 2 baris awal adalah sampiran dan 2 baris akhir adalah isi pantun.

Beberapa jenis puisi seperti puisi nasehat, puisi puzzle, puisi anak-anak, puisi agama, puisi humor, dan sebagainya.

Contoh- Contoh Puisi Pendek

contoh puisi pendek

Berikut adalah beberapa contoh puisi pendek yang keren dan singkat untuk kalian.

1. Kutahu Kau Kembali Jua 

Kutahu Kau Kembali Jua Anakku

“Saudara-kandungku pulang perang, tangannya merah
Kedua pundak landai tiada tulang selangka
Dia tegak goyah, pandangnya pada kami satu-satu
Aku tahu kau kembali jua anakku

Tiba-tiba dia roboh di halaman dia kami papah
Ibu pun perlahanmengusapi dahinya tegar
Tanganku amis ibu, tanganku berdarah
Aku tahu kau kembali jua anakku

Siang itu dia tergolek ibu, lekah perutnya
Aku tak membidiknya, tapi tanganku bersimbah
Tunduk terbungkuk matanya sangat papa
Kami sama rebah, kupeluk dia di tanah

Kauketuk sendiri ambang dadamu anakku
Usapkan jemari sudah berdarah
Simpan laras bedil yang memerah
Kutahu kau kembali jua anakku”

                                                                                 ***

2. Sabar di Setiap Detik

Hijau Ku Cinta

Pernahkah kau pahami tentang wangi saat gerimis membelai bumi
Rasa yang kuat seolah mengalun menyalami memberi damai
Pembawa harapan, menyinarkan keluh kesah
Padanya ada salam yang langit titipkan

Untuk mereka dengan tabah menguatkan sabar di setiap detik
Laju lembut, tak membiarkan satu lubang semut tanpa rejeki
Kau akan terpesona saat genangan hujan mulai surut

Dikumpulkan jauh ke lautan luas
Jejak subur sebelumnya adalah buang-buang waktu

                                                                                  ***

3. Terima Kasih Ibu

Terima Kasih Ibu

Ibu …
Saat diriku kecil
Engkau mengajari berjalan dan bicara
Tidak kenal payah akan tubuhmu yang lelah
Melihat tangisan dan kenakalan itu
Senyum manis ibu merona bahagia
Seolah ingin membuka kuncup bunga menawan

Ibu…
Kini aku beranjak remaja
Kasih sayang itu masih bermuara
Perhatian itu masih seluas samudra
Tak akan surut hingga senja menyapa
Terus kekal abadi dalam suka dan duka

Ibu…
Saat ini aku telah beranjak dewasa
Terimakasih ibu atas perjuanganmu
Terimakasih ibu atas pengorbananmu
Izinkan aku memeluk erat tubuhmu
Akan aku bisikkan…..
Engkau segalanya untukku oh ibu

                                                                                  ***

4. Kita Indonesia

Kita Indonesia

Daku adalah putera bangsa
Dengan suara keras menyalak
Meneriakkan
Merdeka merdeka merdeka
Tak peduli siapa engkau
Jika kau adalah aku
Maka teriakkanlah hal yang sama
Karena aku dan kau adalah Indonesia

Kita adalah Indonesia
Dengan suara menggelegar kita berteriak
Menyalakkan suara lantang
Merdeka merdeka merdeka
Maka marilah berteriak bersama
Karena aku kau dan kalian
Adalah Indonesia

Kita Indonesia
Aku kau dan kalian
Akan meraih peran yang besar
Untuk majunya bangsa ini
Menuju kemerdekaan yang hakiki
Kemerdekaan yang sejati
Kita wajib melakukannya
Karena kita Indonesia

                                                                                  ***

5. Diam Itu Tenang

Diam Itu tenang

Tenggelam pada sunyi di buai hangat
Menatap angin dan terpejamkan gelap
Menitip rindu pada ufuk yg memerah
Cerita pada pinus di hutan kenangan

Padahal baru beberapa tahun saja
Juntai menjuntai kenangan itu menguap
Ketika semua membuncahkan rasa
Ya, itu masa lalu

Sore ini berbeda,
Tampak permukaan rindu itu mencair
Sepertinya sudah tak berdera lagi
Bahkan warnanya sudah berubah

Sunyi,
Ada untuk mengganti rindu
Berbagi sepi dan abu abu
Apa yang terasa sekarang?
Tidak ada.

                                                                                 ***

6. Sakit

Sakit

Ketika kulit dilukai
Kulit akan terasa sakit
Ketika hati dilukai
Maka semua anggota tubuh akan terasa sakit

Sungguh, kulit yang disakiti
Terlihat jelas darah yang keluar
Membengkak dan memerah
Meninggalkan bekas yang tak enak dipandang

Sungguh, hati yang disakiti
Tak terlihat mana yang sakit
Tak nampak mana yang harus diobati
Tak tahu kemana mencari obatnya

                                                                                  ***

7. Kesalahan di Ujung Tanduk

Kesalahan di Ujung Tanduk

Menyesal yang bisa dirasa
Rengekan yang bisa terucap
Kesedihan yang keluar dari air mata
Berpadu menjadi kesatuan kesalahan

Terlambat untuk mengulang
Kenapa tak dari dulu..
sekarang hanya bisa terdiam terpaku
Meratapi kesalahan di ujung tanduk

                                                                                 ***

8. Tak Berguna

Tak Berguna

Semuanya telah dilakukan
Namun tak ada timbal baliknya
Hanya kesusahan yang didapat
Tidak tahu terimakasih

Untuk apa diberi
Manusia yang tak tahu malu
Untuk apa dikasihani
Kalau yang ada hanya kesulitan

Berikan pelajaran yang berarti
Kepada makhluk yang tidak tahu diri
Kasihan bukan jadi alasan
Pelajaran yang harus dikedepankan

Jangan berpacu pada manusiawi
Hak bukan lagi acuan
Sekedar untuk memberi efek jera
Kepada manusia yang tak berguna

                                                                                  ***

9. Cinta Rahasia

Cinta Rahasia

Aku tak pernah tahu siapa kamu
Aku tak pernah juga bertemu denganmu
Namun rasa kagum hadir dalam relung hatiku
Hingga membangun rasa cinta padamu

Kau memang tak pernah tahu
Dengan apa yang aku rasa padamu
Kau cipta banyak bahagia dalam jiwa
Kau ukir kembali senyum yang pernah sirna

Biarlah semua jadi misteri
Ku tak ingin semuanya pergi
Cukup aku yang tahu
Kau cinta rahasia jiwaku

                                                                                  ***

10. Mimpi

Mimpi

Kaki ini terus melangkah
Tak peduli rintangan menghandang
Tangan ini terus Menggenggam yang seharusnya kugenggam

Hati yang mengeluarkan ketenangan
Bangun dari keheningan malam
Mengangkat kedua tangan
Memanjatkan doa-doa

Memohon pada sang pecipta
Memberi jalan selebar-lebarnya
Dari hati yang paling tulus
Mohon wujudkan semua mimpiku

                                                                                  ***

11. Tak Kan Kulupa

Tak Kan Kulupa

Saat koridor-koridor itu mulai terbasahi.
Gelap menyelimuti setiap orang berseragam.
Kau datang membawakanku pelangi,
Saat hujan luka itu masih menari diatas perih.

Kau hadirkan senyum terindah,
Saat aku tenggelam dalam larutnya kegelapan.

Sedikitpun tak akan ku lupa,saat kau membawaku ke kehidupan.
Sedikitpun tak akan ku lupa,
Saat senyummu menjadi satu"nya nafas untukku.

                                                                                  ***

12. Sepi

Sepi

Sebab,
Tak mungkin bisa bersama,
Maka aku selalu menuliskan syair hati,
Dimana kehidupan dunia bisa diatur sesuai mauku,
Lantas kau dan aku menjadi kita…

Hanya bisa memanggil ingatan untuk mengusir kesunyian,
Tapi ia datang tak pernah sendirian,
Selalu beserta kerinduan.

Terbayang suatu hari tangan kita terkait,
Terlelap bersama dibawah saku langit.
Sepi ini selalu menghantarkanku padamu

                                                                                 ***

13. Lebih Dari Hancur

Lebih Dari Hancur

Seperti pisau tajam yang menusuk hati
Tak pernah bisa dilepas lagi
Menusuk sampai nurani
Tempat aku bingkai indah namamu

Aku hanyalah serpihan puing yang rapuh
Ingin aku ceritakan kehancuran ini
Tapi, kau seolah tak peduli
Tak mampu kusatukan lagi kepingan hati

                                                                                  ***

14. Sebutir Debu

Sebutir Debu

Aku hanya sebutir debu
Yang memburamkan kilau
Tak pantas berada diatas suci

Tak bisa menghindar
Saat angin hembuskan aku untukmu,
lalu terbang

Aku hanya kecewa bagai hampa mengharap udara,
atau debu ditengah gersang mengharap hujan
hentikan angin membawaku terbang

                                                                                  ***

15. Maaf Aku Lupa

Maaf Aku Lupa

Maaf teman,
Kau memang bukan penyimak cerita
Kau juga bukan penanggap yang baik
Tapi setidaknya, kau penutup cerita semua ini

Seringkali kau menjadi pusat perhatian di akhir cerita
Dan kau berguna

Tak masalah bukan?
Ternyata kau adalah sahabatku
Aku masih menganggapmu.

                                                                                 ***

Nah Itu dia beberapa contoh mengenai puisi pendek, semoga bermanfaat bagi kalian para pembaca. Jika kalian memiliki saran mengenai puisi pendek ini, silahkan kalian berikan komentar pada kolom dibawah ini.

Content Terkait : √Rangkuman Terlengkap Kata-Kata Santri, Keren, Bijak, Penuh Makna

 

 

Salam Sobat Berilmu 🙂

Rijal Seorang Blogger asal Pekanbaru yang sedang menuntut ilmu di Magetan, Jawa Timur.

Puisi Tentang Kesehatan

Rijal
6 min read

Puisi Tentang Lingkungan

Rijal
8 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *