Rijal Seorang Blogger asal Pekanbaru yang sedang menuntut ilmu di Magetan, Jawa Timur.

Contoh Puisi Bahasa Mandarin

Sejarah Puisi Bahasa Mandarin

Contoh Puisi Bahasa Mandarin-puisi ialah salah satu karya sastra dimana isi dari puisi tersebut mengandung ungkapan kata-kata. Serta mempunyai makna kiasan dan penyampaiannya disajikan dengan rima, irama, larik dan bait, dengan gaya bahasa yang diserasikan.

Puisi juga sering digunakan untuk mengungkapkan sebuah perasaan dari seorang penyair tersebut. Nah, di kesempatan kali ini admin langkahilmu akan memberikan rangkuman mengenai contoh puisi bahasa Mandarin, untuk info selengkapnya mari kita baca artikel berikut.

Pengertian Puisi

Pada umumnya puisi sering digunakan oleh seseorang yang sedang sedih gundah gulana nih temen-temen. Sebagai contoh seperti seseorang yang sedang sedih karena telah diputuskan oleh pacarnya.

Walaupun bentuknya singkat dan padat, akan tetapi pada umumnya orang lain tetap kesulitan untuk menjelaskan makna dari puisi yang disampaikan dari setiap baitnya.

Beberapa pakar zaman sekarang mendefinisikan puisi sebagai pencerminan imajinasi. Serta curahan hati, dari seorang penyair yang mengajak orang lain untuk masuk ke dalam dunianya.

Nah, jadi puisi ini cocok buat kalian yang sedang merasa bahagia ataupun sedih. Karena, dalam puisi tersebutlah, kalian dapat mengungkapkan apa isi dari hati dan perasaan.

Baca Juga

Pengertian Puisi Menurut Para Ahli

1. Umberto Eco

Umberto berkata : Puisi bukanlah masalah perasaan, melainkan masalah bahasa. Ini adalah bahasa yang menciptakan perasaan. (Umbreto Eco)

2. Theodore Watts – Dunton

Theodore berkata : Puisi adalah suatu ekspresi yang konkrit dan memiliki sifat aristik yang berasal dari pemikiran manusia menggunakan bahasa emosionalnya yang berirama. (Theodore Watts-Dunton)

3. Usman Awang

Usman Awang berkata : Puisi bukanlah suatu nyanyian orang putus asa yang mencari ketenangan dan kepuasan dalam puisi yang ditulisnya. (Usman Awang)

4. James Reevas

James berkata : Puisi adalah ekspresi bahasa yang kaya dan penuh daya tarik. (James Reevas)

Sejarah Singkat Puisi

Sejak lahirnya (1920) hingga sekarang, kesastraan Modern Indonesia selalu berkembang. Dengan demikian, hal ini membuat keberadaan persambungan sejarah sastra Indonesia, baik dalam ragam prosa maupun puisi.

Hingga kini, yang merupakan sajak Indonesia modern yang pertama adalah sajak “Tanah Air” yang ditulis oleh M. Jamin (Muhammad Yamin), termasuk dalam Jong Sumatra No.4, Tahun III, April 1920.

Sebuah karya sastra yang dimaksud merupakan tanggapan terhadap karya sebelumnya, baik tanggapan atau penyambutan yang mendukung penerusan konvensi atau penyimpangan konvensi yang telah ada.

Seorang penyair menulis puisi berdasarkan konvensi-konvensi puisi sebelumnya, tetapi juga sering menyimpangi konvensi yang telah ada sebelumnya seperti halnya norma-norma puisi sebelumnya.

Ada Banyak karya kuno dari Veda India (1700-1200 SM) dan Zoroaster’s Gathas (1.200-900 SM) ke Odyssey (800-675 SM), yang telah dirangkum dalam puisi yang bertujuan untuk membantu menghafal dalam ilmu prasejarah dan masyarakat kuno.

Tercatat dalam sejarah, Puisi tertua di dunia ini adalah Epos Gilgames dari generasi milenium ke3 SM di Sumeria (Mesopotimia, sekarang Irak), yang ditulis dalam naskah tulisan kuno berbentuk baji pada teblet tanah liat dan kemudian papirus.

Ada berbagai puisi epic kuno lainnya antara lain Yunani epos illiad, Odyssey, Old Iran buku-buku yang Gathic dan Yasna Avesta, Epic nasional Romawi, Virgil Aeneid, India epos Ramayana serta Mahabarata.

Macam-Macam Jenis Puisi

Puisi memiliki berbagai macam jenis. Secara umum, puisi di bedakan menjadi dua, yaitu puisi lama dan puisi baru(modern).

Perbedaan dari puisi lama dan puisi baru didasarkan pada keterkaitan terhadap aturan-aturan seperti rima, sajak, bait dan suku katanya.

Jenis Puisi Baru / Modern

Puisi modern adalah jenis karya sastra yang lebih bebas dibandingkan puisi lama. Karena puisi modern tidak terikat pada aturan-aturan seperti sajak, rima, bait, dan sebagainya. Berikut dibawah ini macam-macam jenis puisi baru.

1. Kuatren

Kuatren merupakan jenis puisi baru yang masing-masing baitnya terdiri dari 4 baris atau disebut juga dengan istilah puisi empat seuntai.

2. Dystonia

Atau distikon meripakan salahsatu jenis puisi baru yang memuat sajak dari dua baris kalimat dimana tiap baitnya beritma a-a.

3. Stanza/Oktaf

Oktaf atau stanza merupakan jenis puisi baru dimana masing-masing baitnya terdiri dari 8 baris atau biasa disebut dengan istilah puisi delapan seuntai.

4. Sekstet

Sekstet merupakan janis puisi baru dimana masing-masing baitnya terdiri dari 6 baris atau biasa disebut dengan istilah puisi enam seuntai.

5. Septima

Septima merupakan jenis puisi baru dimana masing-masing baitnya terdiri dari 7 baris atau biasa disebut dengan istilah puisi tujuh seuntai.

6. Kuint

Merupakan jenis puisi baru yang masing-masing baitnya terdiri dari 5 baris atau disebut juga dengan istilah puisi lima seuntai.

7. Soneta

Soneta merupakan jenis puisi baru yang terdiri dari 14 baris yang dibagi menjadi 2, diamna 2 bait pertama masing-masing 4 baris dan 2 bait masing-masing 3 baris.

8. Terzina

Terzina merupakan jenis puisi baru yang pada masing-masing baitnya terdiri dari 3 baris atau disebut juga dengan istilah puisi tiga seuntai.

9. Romansa

Romansa adalah jenis puisi modern yang bercerita tentang isi dan luapan perasaan cinta kasih seseorang. Pada intinya, puisi romansa atau romance berisi tentang cerita cinta dan romantisme.

10. Elegi

Hampir sama seperti bernyanyi rohani, Elegi merupakan jenis puisi modern yang merupakan lagu atau puisi yang mengandung kesedihan dan ekspresi, terutama dalam hal kesedihan, kehilangan ataupun kematian.

11. Balada

Balada adalah jenis puisi modern yang mengisahkan sebuah cerita atau riwayat tertentu yang sedih dan mengharukan. Terkadang balada dinyanyikan atau ditampilkan dalam bentuk dialog.

12. Epigram

Epigram adalah jenis puisi modern yang isinya bercerita tentang tuntunan atau ajaran hidup. Banyak pelajaran hidup yang bisa dipetik dari isi kandungan epigram ini.

13. Ode

Ode adalah salah satu dari sekian ban ODeyak puisi modern dimana liriknya berisikan tentang sanjungan terhadap orang yang berjasa dengan nada-nada yang agung dan tema yang formal

14. Satire

Satire adalah jenis puisi baru yang berisi sindiran atau keritik pada kelompok atau seseorang. Satire biasanya menggunakan aya bahasa dalam bentu ironi, sarkasme, atau parodi.

15. Bernyanyi Rohani

Bernyanyi Rohani adalah jenis puisi modern yang merupakan lagu atau puisi yang mengandung kesedihan dan ekspresi, terutama dalam hal kesedihan, kehilangan ataupun kematian.

Baca Juga

Jenis Puisi Lama

Puisi lama adalah salah satu jenis karya satra puisi yang masih ada di dalam aturan-aturan seprti rima, jumlah baris, sajak dan lain sebagainya. Berikut macam-macam jenis puisi lama.

1. Pantun

Walaupun pantun merupakan salah datu dari jenis puisi lama, namun ke populerannya masih terjaga sampai saat ini.

Pantun adalah jenis puisi lama yang masih populer sampai saat ini. Ciri-cir pantun adalah bersajak a-b-a-b dan terdiri dari 4 baris. 2 awal adalah sampiran dan dua baris akhir adalah isi pantun.

2. Karmina

Karmina ialah jenis puisi lama yang hampir sama seperti pantun, hanya saja karmina lebih pendek. Karmina terdiri dari 2 baris saja, baris pertama adalah sampiran, lalu baris kedua adalah isi pantun.

3. Mantra

Mantra merupakan salah satu jenis puisi lama dimana ciri khasnya terdiri dari ucapan-ucapan yang dianggap memiliki kekuatan gaib. Mantra dipercaya memiliki kekuatan magis untuk keprluan ritual atau pengobatan.

4. Gurindam

Gurindam merupakan puisi lama dimana setiap baitnya terdiri dari 2 baris dengan sajak a-a-a-a yang sama. Umumnya isi pada gurindam ini adalah sebuah cerita.

5. Syair

Sampai saat ini syair masih banyak dikenal oleh masyarakat-masyarakat pada umumnya. Walaupun syair ini merupakan puisi lama, namun hingga saat ni tidak sedikit diberbagai tempat mengadakan lomba syair terbaik.

Syair adalah salah satu dari jenis-jenis puisi lama yang terdiri dari 4 baris disertai sajak a-a-a-a. Syair termasuk kategori puisi bebas yang masih sering ditulis sampai saat ini, sebagai wujud ekspresi sang penyair.

6. Talibun

Talibun merupakan janis pantun genap yang umumnya  terdiri dari 6 baris, 8 baris atau bahkan 10 baris sekalipun. Asalkan jumlah pada barisnya lebih dari 4 baris seperti pantun pada umumnya.

7. Seloka

Seloka merupakan jenis puisi lama menyerupai pantun yang saling berkaitan. Karya sastra ini berasal dari Melayu. Umumnya ditulis sebanyak 2 baris 4 baris bahkan sampai 6 baris.

Contoh Puisi Bahasa Mandarin

Berikut ini beberapa contoh puisi bahasa mandarin yang semoga dapat bermanfaat bagi kalian yang membaca.

Contoh Puisi Mandarin Tentang Ibu

世上只有妈妈好
Shìshàng zhǐyǒu māmā hǎo
Hanya Ibu yang terbai didunia ini

有妈的孩子像个宝
Yǒu mā de háizi xiàng gè bǎo
Ibu bagaikan harta

投进妈妈的怀抱
Tóu jìn māmā de huáibào
Berada dalam pelukan ibu

幸福享不了
Xìngfú xiǎng bùliǎo
Sungguh bahagianya

没有妈妈最苦恼
Méiyǒu māmā zuì kǔnǎo
Tanpa keberadaan ibu sangat sulit

没妈的孩子像根草
Méi mā de háizi xiàng gēn cǎo
Anak tanpa ibunya bagai sebatang rumput

离开妈妈的怀抱
Líkāi māmā de huáibào
Meninggalkan pelukan ibu

幸福哪里找
Xìngfú nǎlǐ zhǎo
Dimana kebahagiaan akan kucari

世上只有妈妈好
Shìshàng zhǐyǒu māmā hǎo
Di dunia ini hanya ibu yang terbaik

有妈的孩子他不知到
Yǒu mā de háizi tā bùzhī dào
Anak yang memiliki ibu tidak tahu itu

要是他知道
Yàoshi tā zhīdào
Jika ia mengetahuinya

梦里也会笑
Mèng lǐ yě huì xiào
Dalam mimpipun dia akan tersenyum

没有妈妈最苦恼
Méiyǒu māmā zuì kǔnǎo
Tanpa keberadaan ibu sangat sulit

没妈的孩子像根草
Méi mā de háizi xiàng gēn cǎo
Anak tanpa ibunya bagai sebatang rumput

离开妈妈的怀抱
Líkāi māmā de huáibào
Meninggalkan pelukan ibu

幸福哪里找
Xìngfú nǎlǐ zhǎo
Dimana kebahagiaan kan kucari

世上只有妈妈好
Shìshàng zhǐyǒu māmā hǎo
Di dunia ini hanya ibu yang terbaik

有妈的孩子他不知到
Yǒu mā de háizi tā bùzhī dào
Anak yang memiliki ibu tidak tahu itu

要是他知道
Yàoshi tā zhīdào
Jika ia mengetahuinya

梦里也会笑
Mèng lǐ yě huì xiào
Dalam mimpipun dia akan tersenyum

要是他知道
Yàoshi tā zhīdào
Jika ia mengetahuinya

梦里也会笑
Mèng lǐ yě huì xiào
Dalam mimpipun dia akan tersenyum

Baca Juga

Contoh Puisi Mandarin Tentang Guru

无名英雄服务
Kaulah Pahlawan Tanpa Tanda Jasa

无名英雄
Pahlawan tanpa tanda jasa

他是老师
Ialah Guru

谁教我
Yang mendidik ku

谁为我提供科学
Yang membekali ku ilmu

真诚耐心
Dengan tulus dan sabar

你的笑容鼓励我们
Senyummu memberikan semangat untuk kami

欢迎来到更美好的未来
Menyongsong masa depan yang lebih baik

你的汗水点
Setitik peluhmu

表示伟大的斗争
Menandakan sebuah perjuangan yang sangat besar

对于他的学生
Untuk murid-muridnya

谢谢主人
Terima kasih Guru

你的斗争对我来说意义重大
Perjuanganmu sangat berarti bagiku

没有你,我不会知道这个世界
Tanpamu ku tak akan tahu tentang dunia ini

我会永远为你祷告
Akan selalu ku panjatkan doa untukmu

谢谢主人
Terimakasih Guruku

Baca Juga

Penutup

Nah, mungkin hanya sekian rangkuman pembahasan mengenai contoh puisi bahasa mandarin yang saya rangkum dari berbagai sumber. Jika teman-teman memiliki kritik atau saran bahkan komentar, silahkan ketik pada kolom yang tertera dibawah.

 

 

 

Salam Sobat Berilmu 🙂

Rijal Seorang Blogger asal Pekanbaru yang sedang menuntut ilmu di Magetan, Jawa Timur.

Puisi Bahasa Arab

Rijal
5 min read

Puisi Bahasa Madura

Rijal
12 min read

Abjad Dalam Bahasa Inggris

Rijal
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *