Rijal Seorang Blogger asal Pekanbaru yang sedang menuntut ilmu di Magetan, Jawa Timur.

Ciri Ciri Ayam Birma

ciri ciri ayam birma

Halo sobat berilmu, pada artikel kali ini admin langkahilmu.com akan memberikan sebuah pembahasan mengenai ciri ciri ayam birma yang bagus.

Bagi temen temen pecinta ayam birma, tentunya ingin mendapati ayam yang masuk dalam keriteria bagus tentunya. Oleh karena itu, pembahasan ini cukup penting untuk kita ulas bersama.

Simak pembahasan berikut agar kita dapat memahami apa sajasih ciri ciri dari ayam birma yang termasuk kriteria bagus tersebut.

Baca Selengkapnya : Jual Ayam Kate Pekanbaru Berkualitas

Asal Usul Ayam Birma

Ayam birma merupakan salah satu unggas petarung yang pertama kali di ternak di negara Myanmar. Biasanya ayam jantan saja yang digunakan untuk bertarung.

Selain itu di negara Myanmar negaranya tidak melegalkan dan tidak melarang dengan adanya kegiatan sabung ayam.

Meski dianggap sebagai orang yang jahat bagi orang-orang yang terlibat dalam kegiatan sabung ayam lebih lagi bagi aktivis penyelamat hewan.

Mereka menyatakan bahwasanya baik ayam ataupun hewan yang lainnya tidak seharusnya di pertarungkan apalagi kalau sampai mati.

Di Indonesia sendiri kegiatan sabung ayam beragam biasanya kalau kelas nasional alias resmi bisa memberi jamin keamanan.

Kontes profesional biasanya cukup membuat isi dompet menipis, orang-orang secara umum dengan menyebut kelas kalangan.

Keterangan Tentang Ayam Birma

Sesuai dengan sebutannya ayam birma adalah unggas yang berasal dari kawasan burma yang lebih kita kenali sebagai negara Myanmar.

Beberapa tahun yang lalu di negeri kita ini ramai tentang ayam birma. Salah satu keunggulannya yakni bertarung dengan daya lompat tinggi, sehingga memikat daya tarik para penghobi.

Nah dikarenakan ukurannya yang terlalu akhirnya para peternak dengan memadukan mengkawinkan silang, agar menurunkan anak ayam yang ukurannya lebih besar dari biang atau pacek.

Dikarenakan untuk sabung ayam tidak heran hal semacam ini di sertai dengan perjudian, alangkah baiknya hindari hal semacam ini karena bisa menimbulkan sifat candu dengan malas bekerja.

Ciri Ciri Ayam Birma Yang Bagus dan Berkualitas

1. Gaya Bertarung

  • Selalu menjaga jarak dengan lawannya, triknya akan mendahului lawan ketika berada didalam area tarung.
  • Akan bergerak kesegala arah, yakni pada saat ada peluang mereka akan menyerang lawan.
  • Teknik pemukulannya pada lawan yakni menyerang mata, paruh sampai dengan kepala lawannya.

Itulah ciri-ciri Ayam Birma dimana dapat Anda ketahui untuk memperluas wawasan Anda dalam memahami berbagai macam jenis Ayam yang dapat dipelihara atau diternak untuk mendapatkan hasil yang menguntungkan ketika dijual dagingnya.

2. Warna

Warna pada ayam birma bisa dibilang menjadi salah satu pembeda pada jenis ayam yang lainnya. Adapun corak warnanya di dominasi dengan abu-abu, merah sampai dengan coklat. Sedangkan untuk bentuk bulunya panjang dan tebal yang membawa kesan berwibawa.

3. Jengger

Untuk kebanyakan ayam birma, jenggernya cenderung tegak dan mirip sekali dengan tanduk pada ular. Namun mungkin bentuk ini akan berbeda dengan ayam yang hasil dari persilangan. Jelas ini berbeda jika dibandingkan dengan ciri-ciri ayam peru yang asli.

4. Tulang Kaki

Sayangnya, ayam birma mempunyai kekurangan pada ciri-ciri yang satu ini yaitu terletak pada tulang kakinya.

Karena tulang kaki inilah yang menjadi kelemahannya, mempunyai ciri lebih kecil dan tipis dibandingkan jenis yang lainnya. Namun tulang kaki ayam birma akan mengeras ketika umurnya mencapai 12 – 15 bulan.

5. Mata

Jika anda mengamati ayam birma ini, matanya terlihat melotot karena terkesan angker, liar dan ganas. Ini yang menjadikan ayam birma terlihat menakutkan atau menyeramkan.

6. Wajah

Selain fisik badan, ciri lain dari ayam birma dapat dibedakan dari bentuk wajahnya yang mana jika di amati akan terlihat tajam seakan membentuk garis lurus.

Sedang untuk ukuran kepalanya sendiri lebih kecil dibandingkan jenis ayam dari Vietnam, wiring kuning atau bahkan ayam mangon.

Ukuran telinga pada ayam birma ini lebih besar dari jenis yang lainnya tapi mempunyai paruh yang berukuran kecil. Untuk gelambirnya sendiri berada di bawah paruh.

7. Badan

Ciri yang pertama dilihat dari tipe badan atau ukurannya, ayam birma mempunyai kisaran bobot 2 – 2.5 kg. Namun hal ini termasuk kategori kecil jika digolongkan dengan tipe ayam petarung pada umumnya.

Tetapi beberapa orang mengkawinkan silang dengan ayam bangkok Thailand. Nantinya hasil persilangan ini akan menghasilkan ukuran ayam yang kekar dan besar.

8. Umum

Biasanya ayam birma akan terlihat lebih kuat dan tangguh dibandingkan ayam ayam lainnya.


Penutup

Mungkin hanya sekian yang dapat saya sampaikan dari pembahasan mengenai ciri ciri ayam birma ini. Semoga bermanfaat bagi kalian yang membaca, terimakasih.

Rijal Seorang Blogger asal Pekanbaru yang sedang menuntut ilmu di Magetan, Jawa Timur.

Puisi Tentang Tanah Air

Rijal
7 min read

Peribahasa Tentang Keledai

Rijal
1 min read

Puisi Tentang Hujan

Rijal
8 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *