Rijal Seorang Blogger asal Pekanbaru yang sedang menuntut ilmu di Magetan, Jawa Timur.

Ciri Ciri Ayam Bangkok Yang Bagus

Halo sobat berilmu, pada artikel kali ini admin langkahilmu.com akan memberikan sebuah pembahasan mengenai ciri ciri ayam bangkok yang bagus.

Bagi temen temen pecinta ayam bangkok, tentunya ingin mendapati ayam yang masuk dalam keriteria bagus tentunya. Oleh karena itu, pembahasan ini cukup penting untuk kita ulas bersama.

Simak pembahasan berikut agar kita dapat memahami apa sajasih ciri ciri dari ayam bangkok yang termasuk kriteria bagus tersebut.

Baca Selengkapnya : Jual Ayam Kate Pekanbaru

Asal Usul Ayam Bangkok

Ayam Bangkok sudah sangat familier sekali dikalangan pecinta ayam aduan di hampir seluruh penjuru tanah air.

Sesuai dengan sebutannya “Bangkok” ayam ini adalah ayam yang berasal dari Negara Thailand yang telah diakui memiliki kualitas bagus sebagai ayam petarung, serta mempunyai sifat yang dapat bertarung sampai mati, serupa dengan ayam liar yang sanggup bertarung demi mempertahankan daerah kekuasaannya.

Menurut sejarah ayam Bangkok berawal dari orang-orang Thailand berhasil menemukan ayam jago baru yang disebut King’s Chicken.

Ayam ini mempunyai gerakan cepat dan pukulan yang mematikan dan istimewanya saat bertarung otaknya jalan. Ayam ini di oleh Cina disebut Leung hang zhao.

Cina sebagai Negara yang sangat populer dengan kegiatan Sabung Ayam mencari ayam guna disilangkan dengan ayam Bangkok.

Harapannya ayam silangan ini dapat menumbangkan ayam Bangkok asal Thailand. Akhirnya di tahun 1960 ditemukan strain atau galur ayam aduan yang sanggup menyaingi keperkasaan ayam Bangkok.

Namun akibat terjadi kawin silang terus menerus, maka nyaris tidak diketahui lagi perbedaan antara ayam aduan dari Laos dengan ayam Bangkok Thailand.

Awal mulanya ayam Bangkok masuk di Indonesia berasal dari Kota Tuban, Jawa Timur. Ayam ini diperkenalkan pertama kali di Tanah Air.

Tidak jelas siapa yang pertama kali memperkenalkan ayam Bangkok asal Thailand ini. Namun yang pasti, hingga saat ini ayam Bangkok telah menyebar ke seluruh Indonesia dan begitu populer dikalangan pecinta ayam aduan.

Ayam Bangkok asal Thailand ini banyak dikawin silangkan dengan betina ayam lokal. Sehingga kebanyakan ayam Bangkok yang beredar di masyarakat adalah keturunan ayam Bangkok yang penampilannya tidak jauh berbeda dengan ayam Bangkok asli.

Ciri Ciri Ayam Bangkok Yang Bagus dan Berkualitas

Berikut merupakan ciri ciri dari ayam bangkok yang bagus tersebut:

1. Teknik Tarung Mematikan

Ayam dianggap bagus dan berkualitas di medan laga adalah ayam yang bisa melakukan penguncian kiri dan kanan, yang bisa bongkar keluar masuk sayap dan adanya kontrol yang bagus.

Akan tetapi lebih dari semua itu, teknik bertarung yang baik adalah teknik dimana ayam lincah dan sulit sekali dapat dipukul oleh lawan.

2. Teknik Pukulan Keras

Banyak sekali ragamnya pukulan ayam, banyak tipe pukulan yang dianggap baik. Mulai dari pukul gledek, pukul jalu, pukul badan, pukul antik, dan lain sebagainya.

Kesemuanya bermuara pada satu kesimpulan bahwa pukulan yang bagus adalah yang mampu membuat efek negatif pada musuh yang terkena pukulan.

3. Konstruksi Tulang yang Kuat

Kekuatan tulang yang baik, otot yang kekar dan berisi merupakan modal utama bagi ayam petarung, hal ini berguna sebagai penunjang daya tahan tubuh ketika menerima pukulan dari musuh.

Selain itu, konstruksi tulang yang bagus mampu menyimpan tenaga dan stamina yang bagus pula.

4. Darah Keturunan Bangkok Asli/Juara

Keturunan ayam aduan yang diketahui, ini berguna untuk memastikan apakan indukan ayam tersebut berasal dari ayam berkualitas atau tidak. Ayam yang bermental baja lebih baik mati dalam pertempuran atau menghindar dari musuh apabila tidak sanggup lagi melawan.

Pantang baginya mengeluarkan bunyi keok tanda menyerah atau lari terbirit-birit.

5. Memiliki Ciri-Ciri Fisik yang Bagus Dari Kecil

Para penghobi tarung ayam di perkampungan dan kota besar mempercayai bahwa katuranggan atau ciri fisik yang bagus dari kecil mampu membawa berkah bagi pemiliknya.

Selain itu, katuranggan yang baik dipercaya memberi wibawa pada ayam sehingga musuh menjadi takut bahkan bila hanya mendengar kokoknya saja.

Cara Memilih Anak Ayam Bankok Yang Bagus

Ayam bangkok yang bagus bisa saja sobat dapatkan dari usia anakan, tips ini bisa menjadi solusi andaikan budget sobat terbatas. Akan tetapi ketika memilih harus memperhatikan beberapa poin penting, tujuannya agar tak meleset begitu jauh.

Sebab banyak yang ingin berkembang dari dunia hobi tapi yang diprioritaskan sebatas keuntungan semata.

Alhasil tatkala ditanyai kelebihannya, manfaatnnya, kelemahannya kebingungan. Untuk mengatasi hal demikian, sobat wajib mendalami lebih jauh lagi supaya dapat memasarkan kepada calon pembeli yang kurang paham dengan ayam aduan.

Paruh Anak Ayam

Langkah pertama yaitu memperhatikan dari ketebalan paruh, karena paruh sendiri menjadi titik penentu ketika dewasa menjadi ayam pukul keras atau tidak. Sobat dapat mengamatinya dengan detail. Paruh yang bagus pada bagian atasnya agak naik sedikit atau orang jawa menyebut ngalen.

Ciri khusus lainnya terlihat ada garis atau lekukan sedikit pada paruh atasnya atau lebih menyerupai burung elang. Sedangkan dari warnanya lebih bagus kalau serupa dengan corak sisik kaki ayamnya. Tapi jangan memilih yang terlalu tebal dan pendek ya biasanya tipe tersebut sulit mematuk musuhnya.

Bentuk Kepala

Anakan yang kemungkinan besar menjadi calon jawara biasanya memiliki bentuk kepala yang lebih mirip dengan burung rajawali dengan ketebalan tulang dan kulit halus namung keras.

Kenapa kami menyarankan yang tidak tipis? Sebab lebih rawan ketika bertemu lawan pukulan berefek atau tipe jalu yang membahayakan cidera pada kepala ayam sobat. Dengan demikian alhasil bisa menjadi bahan pertimbangan ketika hendak membeli anak ayam.

Mata Anak Ayam Bangkok

Tips selanjutnya yaitu memahami dari bentuk mata dan warnan irisnya. Cara memilih yang bagus yakni matanya bening bersih tulang alis lebih menonjol dan mata menjorok kedalam. Namun fakta dilapangan terkadang berbeda, maka dari itu jangan lupa cek pejantan dan induknya serta contoh anakan yang sudah besar.

Karena berdasarkan pengalaman kami juga pernah mengalami kalau anakan seperti ini jarang ditemui, sebab ketika beranjak dewasa baru mulai kelihatan. Untuk itu sebaiknya menanyakan langsung sama yang memelihara.

Struktur Badan Ayam

Tahap ke empat yakni mengecek dari tulangan, apakah semuanya normal dan ketebalannya masuk kriteria calon andalan sobat tidak. Umumnya ada beberapa tipe yakni bodi panjang dan pendek.

Pada bodi panjang biasanya cenderung postur jingkring dan bobotnya tidak begitu besar, akan tetapi tergantung juga dari struktur tulangnya. Sedangkan yang pendek lebih ke perawakan mbahu dan melebar serta tidak tinggi. Jadi cukup sesuaikan dengan kesukaan sobat sendiri untuk memilahnya.

Kelengkapan Bulu

Cara memilih anak ayam bangkok yang bagus berikutnya yakni memeriksa keutuhan bulu seluruh badan ayam. Meskipun dipotong ketika masih kecil tetap akan kelihatan dari pertumbuhan dan kenormalan bulunya.

Sebab sobat akan menemukan ayam yang bulunya gotang, bogang. Bahkan ada yang bogang dari 1 bulu yang letaknya pada sayap. Untuk amannya ya yang tidak minus karena bila bertemu lawan tipe bongkar sayap akan sulit menyelipnya.

Model Kaki Ayam

Bagaimana cara menilai kaki anak ayam bangkok yang bagus? Tenang kami tau jawabannya kok. Pertama perhatikan bentuk lututnya menonjol kebelakang tidak. Sesudah itu keseimbangan antara panjang dan pendeknya.

Kedua yaitu bentuk jari jemarinya normal apakah normal tidak. Karakter ayam pukulan keras biasanya ditandai jari yang memanjang dan sedikit melebar serta kering. Cara ini insyaallah sudah cukup untuk mencari bibit ayam aduan unggulan.

Sisik Kaki Ayam

Terakhir yang tak boleh dilewatkan yaitu sisik kaki anak ayam bangkok, karena penghobi lainnya pun memperhatikan model sisiknya. Jenis sisik sendiri ada beberapa seperti blimbing, beras wutah, satria sinekti, tanjung karang, batu lapak dan sebagainya.


Penutup

Mungkin hanya sekian yang dapat saya sampaikan dari pembahasan mengenai ciri ciri ayam bangkok yang bagus.

Rijal Seorang Blogger asal Pekanbaru yang sedang menuntut ilmu di Magetan, Jawa Timur.

Puisi Tentang Tanah Air

Rijal
7 min read

Peribahasa Tentang Keledai

Rijal
1 min read

Puisi Tentang Hujan

Rijal
8 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *