Rijal Seorang Blogger asal Pekanbaru yang sedang menuntut ilmu di Magetan, Jawa Timur.

Cara Ayam Cepat Bertelur

Cara ayam cepat bertelur

Halo sobat berilmu, pada kesempatan kali ini, admin Langkahilmu.com akan membahas sebuah pembahasan mengenai cara ayam cepat bertelur.

Nah cara ini sangatlah penting bagi kita khususnya para peternak ayam petelur. Karena semakin cepat ayam milik kita bertelur, maka akan semakin cepet juga kita mendapatkan untung. Oleh karena itu, mari kita simak sampai habis pembahasan berikut agar tidak terjadi kesalah pahaman.

Baca Selengkapnya : Jual Ayam Kate Pekanbaru Berkualitas

Apa Itu Ayam Petelur?

Ayam Petelur merupakan ayam betina dewasa yang dipelihara hanya dijadikan sebagai ayam petelur untuk diambil telurnya.

Asal mula ayam unggas tersebut berasal dari ayam liar yang berada di hutan, lalu oleh beberapa pakar ayam tersebut diseleksi secara ketat.

Ayam yang telah diseleksi untuk ditujukan sebagai produksi daging disebut sebagai ayam broiler, sedangkan untuk produksi telur dikenal sebagai ayam petelur.

Selain itu, seleksi juga diarahkan pada warna kulit telur sehingga bisa dikenal sebagai ayam petelur putih dan ayam petelur coklat.

Cara Ayam Petelur Cepat Bertelur

Untuk terjun dalam usaha ini anda perlu mengetahui cara beternak ayam petelur agar cepat bertelur dan produktif, sehingga keuntungan bisa anda dapatkan.

Langkah awal yang harus anda persiapkan adalah menyiapkan dana atau modal yang dibutuhkan. Anda harus menghitung kira kira biaya berapa yang harus anda persiapkan.

Berikut ini adalah biaya yang perlu anda persiapkan untuk beternak ayam petelur, yaitu:

1. Kandang

Kandang ayam merupakan hal yang paling utama yang harus anda perhatikan. Kandang ayam memiliki modal yang lebih besar, anda membutuhkan biaya kurang lebih Rp 8 juta untuk mendapatkan kandang ayam yang layak dan nyaman untuk beternak ayam. Solusi untuk mendapatkan harga yang lebih terjangkau bisa membuat kandang ayam dengan menggunakan kayu bekas

2. Bibit Ayam

Ada hal wajib yang perlu diketahui yakni harga bibit ayam petelur, anda membutuhkan kurang lebih 100 bibit ayam petelur. Sedangkan harga yang harus anda siapkan adalah Rp 5 juta. Pada umumnya harga bibit ayam kurang lebih Rp 50.000 per ekor.

3. Pakan Ayam

Dan hal lain yang harus anda persiapkan adalah pakan untuk ayam petelur. Ada beberapa macam pakan yang harus anda ketahui, untuk pakan yang diperuntukkan untuk ayam petelur berupa beras jagung, konsentrat, dan bekatul.

Tiga jenis makanan atau pakan tersebut dicampur dengan rata. Untuk biaya pakan mulai dari awal hingga panen uang yang yang akan anda habiskan kurang lebih Rp 1 juta.

4. Biaya Lain-lain

Selain menyiapkan sejumlah uang untuk keperluan diatas, anda juga harus menyiapkan uang untuk lain lain, atau sekedr untuk berjaga jaga jika, dengan begitu jika ada keperluan lainnya anda tidak perlu mencemaskan uang, karena sudah memiliki dana.

Perlu diketahui bahwa ayam petelur dibagi menjadi dua, yang pertama adalah ayam petelur dengan jenis ayam petelur yang ringan, warna dari jenis ayam ini adalah putih, memiliki kemampuan produksi telur sampai 260 butir pertahunnya.

Selain menyiapkan dana, anda juga harus menyiapkan pengetahuan tentang cara beternak ayam petelur. Namun ayam satu ini memiliki tingkat sensitive dalam keributan dari cuaca panas yang tinggi, jika dua hal tersebut mengganggunya maka mengakibatkan produksi telur menurun.

Tips dan Cara Beternak Ayam Petelur

Kejayaan bisnis atau usaha ayam petelur tidak lain memiliki faktor faktor yang mempengaruhi. Bagi anda yang ingin sukses dalam mengembangkan ayam petelur maka anda perlu mengetahui cara beternak ayam petelur yang baik, selain itu anda bisa mengetahui tips tips dbawah ini agar usaha ternak ayam petelur sukses, yaitu:

1. Memilih lokasi secara tepat

Pemilihan lokasi kandang untuk usaha ayam petelur harus dipertimbangkan dengan tepat. kandang harus jauh dari kebisingan dan jauh dari pemukiman warga, sebaiknya pilihlah lahan yang berada di pedesaan, yang memiliki lahan kosong banyak, air yang memadai, dan pakan yang mudah didapat. Dan jangan lupa lokasi kandang juga bisa dijangkau dengan mobil sehingga mempermudah anda untuk pengangkutan.

2. Siapkan supplier pakan yang dapat dipercaya

Silahkan persiapkan supplier pakan ayam serta penyuplai kebutuhan pakan yang siap dan kontinu, sehingga kebutuhan ayam tidak kekurangan dan selalu dipenuhi dengan baik. Dan bekerja samalah dengan supplier yang mematok harga yang lebih murah dibanding di tempat lain.

3. Mempekerjakan karyawan

Untuk hasil yang lebih maksimal, alangkah baiknya anda mempekerjakan karyawan, apalagi bagi anda yang memiliki pekerjaan lain, karyawan bisa anda pekerjakan untuk bidang bersih bersih dan penjagaan atau pada bidang pemasaran dengan tugas mencari pelanggan.

4. Menargetkan konsumen

Anda harus memiliki pandangan dan perencanaan yang matang kira kira telur akan dikirim dan ditargetkan pada konsumen yang seperti apa, apakah tingkat konsumen kelas atas, kelas bawah atau tengah. Jika atas maka anda bisa menjualnya di minimarket besar atau swalayan dan jika konsumen tengah kebawah maka bisa anda juga di pasar biasa.

5. Pencegahan penyakit

Perlu diketahui bahwa penyakit yang menyerang ayam merupakan penyakit yang sering terjadi dan menjadi salah satu alasan usaha petelur bangkrut, untuk menghindari hal ini maka anda harus melakukan pencegahan penyakit dengan memberikan vaksinasi dengan teratur, selain itu jaga kebersihan kandang setiap saat, lakukan juga suntik anti biotic guna memperkuat sistem kekebalan pada ayam dalam melawan penyakit.

6. Bekerja keras, mencintai pekerjaan dan tidak putus asa

Tiga unsur diatas adalah dasar yang harus dimiliki oleh pengusaha peternak ayam petelur, jika tidak ada kerja keras dan mudah putus asa serta tidak mencintai pekerjaan ini maka usaha ternak ayam anda ini tidak akan mudah berhasil dan sukses.

7. Panen

Jika masa panen datang jangan lupa untuk membedakan kualitas telur yang dihasilkan. Silahkan pilih mana ayam yang normal dan yang abnormal. sebaiknya panen 3 kali dalam satu hari.


Penutup

Mungkin hanya sekian pembahasan yang dapat saya sampaikan mengenai cara ayam cepat bertelur. Semoga bermanfaat bagi teman teman yang membaca. Terimakasih.

Rijal Seorang Blogger asal Pekanbaru yang sedang menuntut ilmu di Magetan, Jawa Timur.

Puisi Tentang Tanah Air

Rijal
7 min read

Peribahasa Tentang Keledai

Rijal
1 min read

Puisi Tentang Hujan

Rijal
8 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *